6 April 2009

Jakarta-Yogyakarta By Indonesia AirAsia A320

Indonesia AirAsia A320

Setelah menempuh perjalanan singkat dengan Sriwijaya Air dari Lampung ke Jakarta, saya kemudian melanjutkan perjalanan saya menuju Jogja. Dalam perjalanan ini saya menggunakan maskapai Indonesia AirAsia seperti pada saat berangkat dari Jogja ke Jakarta.

Turun dari pesawat Sriwijaya di Terminal 1B saya langsung ngacir ke Terminal 1C yaitu terminal dimana Indonesia AirAsia berada. Sampai Terminal 1C langsung check in, sayangnya kali ini saya nggak bisa dapet window seat karena tempat duduk dirandom oleh sistem. Jika kita menginginkan tempat duduk favorit kita, kita harus membayar sebesar Rp 75.000 untuk hot seat dan Rp 15.000 untuk tempat duduk selain hot seat.

Habis check in saya keluar lagi makan terlebih dahulu di KFC Terminal 1C karena perut sudah begitu lapar. Selesai makan ya masuk lagi dan sekarang langsung ke ruang tunggu. Ternyata di ruang tunggu udah ramai penumpang yang akan berangkat ke Jogja. Jam 15.10 para penumpang tujuan Jogja dipersilahkan untu boarding. Agak telat sih boardingnya, tapi masih sangat bisa untuk ditoleransi.

Flight Detail:
Date: April 04, 2009
Airlines: Indonesia Air Asia
Flight No: QZ-7344
Route: Jakarta (CGK)-Surabaya (SUB)
Departure Time: 15.05 (scheduled), 15.45 (actual)
Arrival Time: 16.05 (scheduled), 16.40 (actual)
Aircraft: Airbus A320-200 (320-216)
Registration: PK-AXF
Class: Economy
Seat: 30E
Site: http://www.airasia.com/

Pada penerbangan saya ke Jogja ini ternyata pesawatnya adalah Airbus A320 dengan registrasi PK-AXF. Pesawat ini adalah pesawat terbaru yang dimiliki oleh Indonesia AirAsia. Airbus A320 dengan registrasi PK-AXF ini baru menjadi armada Indonesia AirAsia sejak Januari 2009. Berarti pesawat ini baru berumur 3 bulan, masih sangat mulus sekali. Dan yang membuat saya gembira adalah untuk pertama kali saya bisa menaiki Airbus A320 milik Indonesia AirAsia setelah sebelumnya hanya naik Boeing 737-300 yang sudah cukup sering saya naiki.

Indonesia AirAsia A320

Dari luar terlihat pesawatnya masih bener-bener kinclong, masih mulus sekali. Ketika masuk ke pesawat disambut dengan senyum oleh mbak mugari yang cantik-cantik dengan seragam merah menyala. Yang bikin kaget adalah banyak sekali asap di kabin sampai-sampai kesulitan untuk melihat. Baru sadar saya kalau asap ini adalah asap dari AC karena pesawatnya masih baru.

Indonesia AirAsia A320

Indonesia AirAsia A320

Kursi pesawat Airbus A320 ini terbuat dari kulit berwarna hitam membuatnya sangat elegan walaupun AirAsia tergolong Low Cost Carrier. Sayangnya dibalik keeleganan itu kursinya terasa sangat tidak nyaman untuk saya karena jarak antar kursi yang sangat sempit sehingga kaki saya sampai mentok dengan kursi di depan. Saya tidak tau apakah ini hanya terjadi di barisan tempat duduk saya saja atau seluruh kursi. Karena pada penerbangan ini saya berada di deretan kursi yang agak belakang yaitu barisan 30.

Indonesia AirAsia A320

Setelah semua penumpang masuk ke pesawat, pintu ditutup dan pesawat mulai didorong ke belakang. Kemudian pesawat bergerak menuju ke runway. Karena ada beberapa antrian saat take off jadi pesawat baru take off pada pukul 15.45. Setelah take off tidak banyak yang bisa saya lakukan, hanya baca-baca inflight magazine yang tersedia di seat pocket. Selain itu saya juga sudah tidak mengambil foto lagi karena saya terjepit di tengah.

Indonesia AirAsia A320

Cuaca sore itu cukup baik meskipun di beberapa tempat sempat terjadi turbulence kecil-kecilan. Akhirnya saya tertidur pulas sampai pesawat landing di Bandara Adi Sucipto Jogja. Landingnya pun sangat mulus sekali sampai saya nggak nyadar kalo udah landing.

Indonesia AirAsia A320

Indonesia AirAsia A320

Saat turun dari pesawat, di sebelah pesawat yang baru saja saya naiki saya melihat pesawat Fokker 100 milik Transwisata. Pesawat ini adalah pesawat yang di-charter oleh rombongan Partai Demokrat yang sedang kampanye di Jogja. Pengen sekali rasanya naik F-100 karena saya belum pernah sama sekali naik pesawat ini.

Indonesia AirAsia A320


0 komentar:

Posting Komentar