20 Mei 2009

MD-80's PK-LMT

Flight Detail:
Date: May 18, 2009
Airlines: Lion Air (Operated by Wings Air)
Flight No: JT-569
Route: Surabaya (SUB)-Yogyakarta (JOG)
Departure Time: 19.00 (scheduled), 20.00 (actual)
Arrival Time: 19.50 (scheduled), 20.50 (actual)
Aircraft: McDonnell Douglas MD-82
Registration: PK-LMT
Class: Economy
Seat: 11A
Site: http://www.lionair.co.id/

Setelah menyelesaikan urusan di Surabaya saya akan kembali hari itu juga. Pada pagi hari tadi saya naik penerbangan Lion Air yang dioperasikan Wings Air. Untuk pulang ke Jogja saya masih menggunakan jasa maskapai yang sama karena tiket sudah saya issued untuk pulang-pergi. Lagi-lagi malam hari ini saya akan naik MD-80 lagi seperti penerbangan sebelumnya.

Pada penerbangan malam itu menggunakan pesawat MD-80 dengan registrasi PK-LMT. PK-LMT yang buatan tahun 1982 tersebut jauh lebih tua daripada PK-LMY yang saya naik pada pagi hari ke Surabaya. PK-LMT pertama kali dioperasikan oleh Frontier Airlines kemudian Continental pada tahun 1986-2003, baru kemudian dibeli Lion Air pada tahun 2003. Pada tahun 2007 PK-LMT diberikan kepada Wings Air. Livery-nya sekarang sudah menggunakan livery Wings Air, namun registrasi tetap menggunakan registrasi milik Lion yaitu PK-LMT. Interior di dalam kabin PK-LMT sama persis dengan PK-LMY.

Pada penerbangan malam itu terjadi delay. Surabaya diguyur hujan sangat deras. Banyak sekali penerbangan yang ditunda sampai ruang tunggu penuh. Pukul 19.25 para penumpang baru disuruh boarding. Posisi parkir pesawat yang cukup jauh dari terminal di sertai hujan yang masih mengguyur membuat para penumpang dibawa ke pesawat dengan bus.

Pukul 20.00 pesawat baru benar-benar take off dari Bandara Juanda ditengah cuaca hujan. Sesaat setelah take off pesawat langsung diserbu dengan cuaca yang kurang bersahabat. Pesawat goyang kanan-kiri atas-bawah. Perut rasanya seperti dikocok hingga mual. Setelah perjalanan ke Jogja dilalui dengan cuaca buruk. Perjalanan yang cuma 50 menit terasa sangat lama.

Mendekati wilayah Jogja cuaca sudah cukup baik. Pesawat sudah tidak goyang dombret lagi. Jam 20.50 pesawat landing di Bandara Adi Sucipto dengan selamat. Alhamdulillah selama penerbangan nggak terjadi apa karena saya cukup khawatir juga karena pesawat yang saya naiki berusia cukup tua.

Turun dari pesawat seperti biasa langsung kabur keluar menuju ke parkiran motor. Saya pulang ke kost naik motor saya. Tidak lama kemudian sewaktu masih di jalan Jogja juga hujan. Dengan terpaksa pulang ke kost hujan-hujanan. Untuk penerbangan ini nggak ada foto-foto karena sudah malam kualitas fotonya buruk sekali. Ditambah lagi cuaca yang tidak memungkinkan untuk mengambil foto. Terimakasih sudah membaca.. :D