27 Agustus 2009

Ada Hutan Mangrove Di Pulau Untung Jawa

Hutan Mangrove Di Pulau Untung Jawa

Di dalam Pulau Untung Jawa ternyata juga ada hutan mangrove-nya. Hutan mangrove ini terletak di sebelah kiri kalau kita dari dermaga. Di sepanjang jalan menuju ke hutan mengrove banyak disediakan homestay yang bisa disewa. Untuk harganya saya kurang tau karena memang nggak berminat untuk nginep juga. Mungkin sudah ada yang pernah nginep di Untung Jawa bisa share.

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara keadaan di pantai bagian depan tadi dengan yang ada di hutan mangrove. Kalau di pantai dekat pelabuhan tadi sangat bersih, tidak ada sampah yagn berserakan, lain cerita dengan yang di hutan mangrove. Banyak sampah-sampah plastik yang nyangkut di akar-akar mangrove. Sepeprtinya ini adalah sampah-sampah kiriman dari Jakarta. Sangat disayangkan sekali kalau keindahan pulau-pulau yang tidak jauh dari teluk Jakarta harus kotor dan potensi wisatanya mati gara-gara sampah.

Hutan Mangrove Di Pulau Untung Jawa

Hutan Mangrove Di Pulau Untung Jawa

Untuk menelusuri hutan mangrove sudah ada jalan yang memang sengaja dibuat untuk memudahkan pengunjung melintas di tengah hutan. Sejauh yang saya lihat hutan mangrove disini cukup terawat. Ada juga bibit-bibit mangrove yang masih kecil dan berada di dalam polibek. Di tengah hutan mangrove juga cukup enak untuk bersantai karena disedikan tempat seperti gubuk utuk berteduh. Saya cuma bisa berharap semoga hutan mangrove yang ada di Indonesia tetap lestari.

Saat sedang asyik ngobrol di tengah hutan mangrove kami didatangi oleh penduduk setempat yang menggunakan sepeda. Kami diberi informasi kalau kapal yang akan ke Tanjung Pasir sudah tiba dan akan segera berangkat. Kami harus segera ke dermaga kalau tidak ingin ketinggalan kapal ke Tanjung Pasir karena memang hari sudah sore. Saya segera meluncur ke dermaga untuk segera balik ke Tangerang.


0 komentar:

Posting Komentar