16 Oktober 2009

KA Sancaka Surabaya-Yogyakarta (Business Class)

Detail Perjalanan:
Kelas: Bisnis
No. Kursi: 12A
Tarif: IDR 60.000

Tiga hari yang lalu kakak saya baru saja melahirkan anak pertamanya. Karena saya juga ingin menjenguk keponakan baru saya, jadi tadi pagi saya berangkat menuju ke Jogja dengan menggunakan Kereta Api Sancaka yang juga sudah cukup sering saya gunakan sebagai transportasi untuk bolak-balik Surabaya-Jogja. Hari ini saya berangkat bersama teman saya yang juga kebetulan mau maen ke Jogja. Tiket sudah saya beli satu hari sebelumnya karena biasanya untuk weekend tiket Sancaka ini cukup laris. Kali ini saya mencoba kelas bisnisnya yang cuma seharga Rp 60.000,-.

Pagi-pagi saya sudah berangkat ke Stasiun Gubeng karena kereta dijadwalkan berangkat pukul 07.00. Baru tau saya kalo di Surabaya jam 5 pagi aja udah cerah banget (ketahuan deh kalo nggak pernah bangun pagi :lol:). Jam 06.15 udah nyampe di stasiun, ternyata temen saya udah nungguin duluan disana. Tapi sebelum masuk stasiun iseng-iseng dulu ambil gambar bagian luar dari Stasiun Gubeng Surabaya :D.

Ternyata ada Dunkin Donuts juga disini dan juga beberapa restoran cepat saji ;)

Counter tiket, hanya melayani pembelian tiket untuk keberangkatan hari itu juga.

Yang cukup menarik di Stasiun Gubeng sedang ada pembangunan untuk executive lounge, mudah-mudahan aja cepet jadi dan cepet difungsikan.

Lalu saya masuk ke dalam stasiun dan bertemu dengan teman saya yang sudah menunggu. Sekitar setengah jam mengunggu kereta, dan kereta dateng ontime sekitar pukul 07.00.

Nggak pake lama, langsung aja naik ke gerbong 3 untuk kelas bisinis. Seperti ini lah bagian dalam dari kelas bisnisnya, tempat duduk yang menjadi satu tidak ada penyekatnya tapi lumayan luas. Di kelas bisnis ini juga cuma ada kipas angin aja, nggak ada AC. Baru kali ini juga sih saya naik yang kelas bisnis :).

Setelah kereta berjalan sekitar satu jam, waktunya buat sarapan karena udah kerasa laper. Segera menuju gerbong restorasi dan pesen nasi goreng plus es jeruk. Kali ini rasa nasi gorengnya lumayan enak, nggak seperti di perjalanan saya dengan Sancaka sekitar Bulan Juni yang lalu. Nasi goreng plus es jeruk habis 21.000 :P.

Karena kipasnya di gerbong yang saya naiki mati, jadi ngademnya lewat sini aja sambil liat-liat pemandangan :P.

Jam 12.30 kereta sudah tiba di Stasiun Tugu Jogja, saya harus berpisah dengan teman saya. Teman saya sudah dijemput oleh pacarnya sedangkan saya akan ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah yang ada di Kota Gede. Cukup jauh juga jaraknya dari Stasiun Tugu, saya kesana menggunakan Trans Jogja yang berangkat dari Shelter Malioboro (depan Hotel Inna Garuda) dengan jalur 2A dan turun di Shelter Departemen Kehutanan.

Sore harinya setelah saya datang, keponakan saya sudah bisa dibawa pulang. Ini dia keponakan saya yang baru berumur beberapa hari :).