26 Februari 2010

Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Kepanjen

Karena hari ini libur jadi acaranya adalah keliling kota Surabaya plus hunting makanan khas Surabaya. Denger-denger ada makanan yang khas Surabaya yaitu "Lontong Balap" yang berada di Jalan Kepanjen, tepatnya di depan Gereja Kepanjen. Tapi nanti dulu bahas makan-makannya, sekarang kita bahas gerejanya dulu.

Gereja Kelahiran Santa Maria atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Kepanjen ini berada di Jalan Kepanjen, dekat dengan Kantor Pos Pusat Surabaya. Katanya ini merupakan gereja tertua di Surabaya dengan bentuk bangunan yang sangat menarik, seperti bangunan-bangunan yang ada di Eropa dan bahan bangunannya didominasi oleh bata merah.

Konon, gereja ini dibuat pada tahun 1900, dengan pondasinya terbuat dari 790 tiang kayu jati dengan kedalaman 15 meter. Pada pertengahan tahun 1945 saat arek-arek Suroboyo berjuang mempertahankan kemerdekaan, gereja ini terbakar dan hanya menyisakan dindingnya. Baru pada tahun 1950-1960 gereja ini direnovasi kembali.

Ya nggak banyak yang saya tahu tentang gereja ini. Saya tertarik menulis tentang Gereja Kepanjen ini karena bangunannya cukup menarik, mempunyai desain ala Eropa yang sudah jarang ada di Indonesia, apalagi bangunan ini merupakan bangunan yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Sudah selayaknya bangunan ini dilestarikan.

Nah yang paling penting, di depan gereja ini banyak penjual makanan khususnya Lontong Balap. Tapi bahasnya dilanjut disini aja yah!


2 komentar:

  1. Mantap arsitekturnya, kayak bukan di Indonesia

    BalasHapus