22 Februari 2010

Nasi Krawu Khas Gresik

Tadi sore sewaktu jemput nyonya dari tempat kerjanya kebetulan liat tempat makan dengan nama "Nasi Krawu Khas Gresik". Yang ada dalam pikiran saya sih ketika mendengar Nasi Krawu berarti nasi yang dicampur-campur. Karena penasaran dengan Nasi Krawu yang ada di Jalan Mayjen Sungkono 44 Surabaya tersebut, akhirnya kami mampir terlebih dahulu daripada nanti nggak bisa tidur dan sampai kebawa mimpi gara-gara mikirin makanan yang berasal dari Gresik ini. Hahaha..

Kami langsung memesan dua porsi Nasi Krawu, soft drink, dan es teh. Setelah pesanan datang baru tau deh kalo Nasi Krawu itu nasi putih yang pulen disajikan dengan daging sapi cincang, lalu diberi serundeng (bener kan bahasanya?) yaitu parutan kelapa yang disangrai kalo nggak salah sih, dan ada juga sambelnya.

Walaupun tampilannya cukup sederhana dan kurang menggoda tapi rasanya enak kok, Si Nyonya juga suka dengan nasi krawu ini. Rasa sambelnya mirip dengan rasa sambel terasi (apa jangan-jangan emang sambel terasi ya?) dan pedesnya ampuunnnn daahhh. Saya sampe keringetan, nguing-nguing di telinga, dan perut terasa agak panas. Maklum saja semenjak tinggal di Jogja maupun Surabaya, saya udah jarang makan makanan yang super pedas seperti masakan ibu saya di Lampung. Jadi perut saya sekarang agak sensitive dengan makanan yang pedas.

Satu porsi nasi krawu di Jalan Mayjen Sungkono 44 ini dihargai Rp 11.000,-. Nggak tau deh tuh mahal atau murah karena saya juga baru pertama kalinya ini makan nasi krawu. Mungkin lain kali harus nyoba langsung ke Gresik aja kali ya.. Hehehe..

13 komentar:

  1. weeeeeeeeeeeeeeeeeee
    larang kuwi mas
    nek di jogja paling2 gak nyampe 5rb

    BalasHapus
  2. emange ono po nasi krawu neng jogja? hahaha

    BalasHapus
  3. neng pasar gresik 5 rb.neng rumah makan di jalan emang 10rb an

    BalasHapus
  4. kapan2 nyoba ke gresik langsung lebih sip kayaknya

    BalasHapus
  5. Harus nya ke gresik mas...


    Bu Nanik sebelah RS Semen Gresik, Bu Tiban di daerah Pasar, Bu Ria di Jaksa Agung, Di jalan panglima sudirman ada 2 yang enak dekat BRI, di Jalan Pahlawan juga ada, di dekat Jalan tol bunder juga ada.

    A lot of choice :) you can get more that you expected

    BalasHapus
  6. sepertinya sih saya memang harus dateng langsung ke tempat asalnya mas biar bener-bener tau yang aslinya..

    BalasHapus
  7. weeeeeeeeeeeeeeeeeee
    larang kuwi mas
    nek di jogja paling2 gak nyampe 5rb

    BalasHapus
  8. emange ono po nasi krawu neng jogja? hahaha

    BalasHapus
  9. panggil sofyan aja20 Agustus, 2011 00:47

    di dekat pintu tol bunder juga enak . kalo bu tiban enak juga .

    BalasHapus
  10. tapi nasi krawu bu rida memang toppp rasanya. ada harga ada rasa lah menurut saya. sekarang nasi krawu bu rida udah ga di mayjen sungkono lagi, tapi dah pindah ke jl. adityawarman (depan lab. pramita). tetep favorit gua tuhh nasi krawu bu rida, maknyuss!!

    BalasHapus
  11. iya udah pindah depan lab pramita tapi belum nyoba makan disana lagi.. :D

    BalasHapus
  12. Cobalah Nasi Krawu Khas Gresik "MBOK'D" di d'kampoeng - sutos..........kasih masukan ya. Trims

    BalasHapus
  13. lain kali coba deh, lagian deket juga :D

    BalasHapus