10 Februari 2010

Surabaya Heritage Track (SHT)

Surabaya Heritage Track (SHT)

Surabaya Heritage Track (SHT) merupakan fasilitas yang diberikan oleh House of Sampoerna secara gratis yaitu mengelilingi kota Surabaya dengan menggunakan bus untuk melihat sejarah Kota Surabaya. Sebelum mengikuti tour yang diadakan oleh House of Sampoerna ini pengunjung bisa melakukan reservasi terlebih dahulu di Tracker Information Center (TIC) dengan nomor 031-539000 EXT 24142.

Ada dua macam tour dalam SHT yaitu tour pendek dan tour panjang. Tour pendek diadakan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis dengan rute House of Sampoerna-Tugu Pahlawan-PT Perkebunan Nusantara XI-House of Sampoerna. Tour pendek akan ditempuh selama 1-1.5 jam. Sedangkan tour panjang diadakan setiap hari Jum'at, Sabtu, dan Minggu yang ditempuh dalam waktu 1.5-2 jam dengan rute House of Sampoerna-Tunjungan-Balai Kota/Taman Surya-Gedung Kesenian Jawa Timur-House of Sampoerna. Untuk hari Senin SHT libur. Rute ini juga bisa berubah-ubah tergantung dari event yang terjadi saat ini.

Surabaya Heritage Track (SHT)

Karena hari ini adalah hari Selasa jadi tournya adalah tour pendek. Kebetulan sekali hari ini juga sedang ada liputan dari TV One. Kurang tau acaranya apaan, "Suara Anda" atau apa gitu tadi nggak gitu dengerin yang jelas hostnya Om Farhan. Yuk, enjoy the trip!!

Jam 1 teng kita berangkat menuju Tugu Pahlawan, sepanjang perjalanan saya nggak nyangka ternyata banyak gedung-gedung tua peninggalan masa pendudukan Belanda dan Jepang yang masih berfungsi sebagai kantor maupun hotel. Meskipun nggak sedikit pula yang sudah dikosongkan menjadi cagar budaya Surabaya.

Surabaya Heritage Track (SHT)

Surabaya Heritage Track (SHT)

Perjalanan beberapa menit saja sudah sampai di Tugu Pahlawan. Tugu pahlawan merupakan monumen yang digunakan untuk mengenang perjuangan arek-arek Suroboyo untuk mempertahankan kemerdekaan pada 10 November 1945. Tugu Pahlawan didirikan pada 10 November 1951 dan diresmikan satu tahun kemudian oleh Presiden Soekarno.

Di area Tugu Pahlawan juga terdapat museum, yaitu Museum 10 November. Kita pun digiring untuk masuk ke museum. Di dalam museum terdapat static display bagaimana arek-arek Suroboyo berjuang mati-matian untuk mempertahankan kemerdekaan. Disana juga terdapat senjata-senjata yang digunakan dalam peperangan pada masa lampau tersebut.

Surabaya Heritage Track (SHT)

Surabaya Heritage Track (SHT)

Dari Tugu Pahlawan kita dibawa menuju gedung PT Perkebunan Nusantara XI yang dibangun pada tahun 1920-an kalo saya nggak salah denger, dan gedung ini belum pernah direnovasi sama sekali. Gedungnya terlihat megah dan begitu kokoh dengan lantai berupa batu marmer yang sangat berkualitas dan menggunakan kayu jati yang juga dengan kualitas tinggi. Gedung ini masih digunakan sampai sekarang untuk perkantoran bidang produksi gula se-Jawa Timur.

Surabaya Heritage Track (SHT)

Surabaya Heritage Track (SHT)

Setelah dari PTPN XI kita kembali ke House of Sampoerna dan berakhirlah SHT kali ini. Dalam perjalanan kena bagian juga deh diwawancarai plus dikerjain sama Om Farhan. Asem tenan!! Hehe..


6 komentar:

  1. untuk masuk ke tugu pahlawan dikenai biaya lagi g?

    BalasHapus
  2. untuk masuk ke tugu pahlawan sih gratis, tapi untuk masuk ke museumnya bayar. nah kalau udah ikut surabaya heritage track yang disediakan oleh house of sampoerna ini semuanya gratis

    BalasHapus
  3. Wah .. untuk Minggu 20 Maret 2011 saya berencana ikut SHT tapi udah full .. terpaksa deh pake motor buat keliling Surabaya ..
    makasih info nya ..

    BalasHapus
  4. hmmm.. sebaiknya pesen dulu mas kalo mau ikut SHT. kalo ndak pesen dulu ya kemungkinan besar nggak dapet tempat. hehehe

    BalasHapus
  5. kalo mau pesen itu pesennya dmn ??

    BalasHapus
  6. pesen via telpon ke bagian surabaya heritage track (house of sampoerna)

    BalasHapus