1 Maret 2010

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Tadi siang setelah makan siang saya menyempatkan untuk shalat dzhuhur di salah satu masjid yang cukup unik, namanya Masjid Muhammad Cheng Hoo atau biasa disebut dengan Masjid Cheng Hoo saja. Bagi yang belum tahu tentang Cheng Hoo silahkan baca disini. Saya bilang unik karena masjid ini tidak seperti masjid biasanya, masjid ini memiliki desain bergaya China yang didominasi warna merah, hijau, dan kuning sehingga lebih mirip sebuah klenteng atau tempat peribadatan orang Tionghoa. Ada satu lagi yang menjadi keistimewaan dari Masjid Muhammad Cheng Hoo, konon masjid ini merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama muslim Tionghoa.

Masjid yang mulai dibangun pada tanggal 15 Oktober 2001 oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, menurut saya malah cukup kecil. Hanya berukuran 21x11 meter, dengan bangunan utama masjid hanya berukuran 11x9 meter. Selain di Surabaya kalau saya nggak salah katanya Masjid Cheng Hoo juga ada di Pasuruan. Bener nggak ya?

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Buat yang mau berkunjung dan shalat di masjid ini, masjid ini berada di Jalan Gading No. 2 Surabaya. Ancer-ancernya kalo dari Stasiun Gubeng lama ke arah THR (Jalan Kusuma Bangsa), nanti ada traffic light belok kiri menuju Jalan Ambengan, lalu ada traffic light lagi belok kanan ke Jalan Jaksa Agung Suprapto, cari aja Jalan Gading ada di sebelah kiri (harus teliti ngeliatnya karena ada banyak gang/jalan). Kalo masih belum ketemu juga tanya aja sama satpam, pasti tau deh. Hehe


0 komentar:

Posting Komentar