9 April 2010

Citilink Boeing 737-400 Surabaya-Jakarta

Citilink

Flight Detail:
Date: April 08, 2010
Airline: Citilink (Garuda Indonesia Subsidiary)
Flight No: GA-010
Route: Surabaya (SUB)-Jakarta (CGK)
Departure Time: 06.00 (scheduled), 06.05 (actual)
Arrival Time: 07.20 (scheduled), 07.20 (actual)
Aircraft: Boeing 737-400
Registration: PK-GZQ
Class: Economy
Seat: 20F
Site: http://www.citilink.co.id/

Sepertinya saya sudah cukup lama nggak bikin trip report dengan pesawat terbang. Kali ini saya berkesempatan membuat trip report lagi. Untuk trip kali ini saya menggunakan Citilink yang merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia. Jika Garuda merupakan maskapai dengan full service, Citilink kebalikannya. Citilink merupakan jenis Low Cost Carrier (LCC) alias maskapai berbiaya rendah seperti halnya AirAsia dengan pelayanan yang minimalis dan berslogan "Bayar Seperlunya".

Untuk pemesanan tiketnya juga sangat mudah, bahkan jauh lebih mudah daripada Garuda Indonesia yang merupakan perusahaan induknya. Tinggal masuk ke situsnya lalu pilih rute dan tanggal, isi detil penumpang, dan melakukan pembayaran. Cara pembayarannya ada dua jenis yaitu menggunakan Credit Card dan Klik BCA. Saya sendiri memilih untuk menggunakan Klik BCA yang juga dengan proses yang mudah dan cepat, tidak sampai 5 menit sudah selesai dan yang terakhir tinggal print tiket setelah melakukan pembayaran.

Pada hari H, saya sudah tiba di bandara 2 jam sebelum keberangkatan. Meskipun masih jam 04.00 Bandara Juanda udah cukup ramai karena ada cukup banyak penerbangan dengan jam keberangkatan yang sama ataupun berdekatan. Beginilah suasana Bandara Juanda pada pagi hari.

Citilink

Citilink
Meskipun pintu ruang check in sudah dibuka, tapi beberapa check in counter masih tutup walaupun petugasnya sudah ada. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya check in counter Citilink dibuka juga. Dengan cepat saya melakukan check in karena masih sepi untuk penumpang Citilink tujuan Jakarta.

Citilink

Citilink

Setelah check in langsung aja menuju ke ruang tunggu Gate 7 yang juga masih sepi, banyak Duty Free Shop masih tutup dan beberapa barusan buka. Pintu ruang tunggu juga masih belum dibuka, belum ada petugas disana.

Citilink

Ini dia hak yang wajib diberikan maskapai kepada penumpang jika terjadi keterlambatan menurut undang-undang. Kira-kira maskapai sudah mematuhinya belum yah? Hahaha..

Citilink

Sambil menunggu pintu gate dibuka, iseng-iseng nyalain netbook buat ngecek registrasi pesawat yang bakal saya naiki hari itu.

Citilink

Ternyata untuk penerbangan saya yaitu GA-010 menggunakan pesawat Boeing 737-400 dengan registrasi PK-GZQ.

Pintu gate baru dibuka sekitar jam 05.15, dan hanya menunggu sekitar 10 menit di ruang tunggu para penumpang sudah disuruh boarding. Karena pesawatnya parkir cukup jauh jadi harus pake bus. Sambil menunggu bus saya manfaatin buat ngambil gambar ini.

Citilink

Mandala A320 PK-RMG yang juga akan berangkat ke Jakarta. Di sebelah kirinya terdapat Express Air yang akan menuju Makassar.

Citilink

Di sebelah kanan Mandala berturut-turut terdapat Merpati Nusantara Boeing 737-300, Sriwijaya Air Boeing 737-200, Garuda Indonesia Boeing 737-800, dan Cathay Pacific Airbus A330-300.

Bus datang dan penumpang diantar menuju pesawat. Nah ini dia pesawat yang akan membawa saya ke Jakarta, Citilink Boeing 737-400 PK-GZQ.

Citilink

Saat masuk pesawat disambut oleh FA Senior pada penerbangan itu yaitu Mbak Rosye. Saya meminta Mbak Rosye untuk menyampaikan pesan saya kepada Captain dan Mbak Rosye dengan senang hati melakukannya. Lalu saya segera menuju tempat duduk saya.

Citilink

Parkir berdampingan dengan Batavia Air Boeing 737-200 PK-YTV.

Tidak lama kemudian pesawat sudah push back dan akan segera menuju Runway 10. Terlihat pada pagi hari apron Bandara Juanda cukup penuh karena banyak sekali pesawat yang RON disana.

Citilink

Masuk ke Runway 10 nggak pake line up, langsung tancap gas dan airborne.

Citilink

Di bawah terlihat Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara

Foto dulu cabinnya, penumpang cukup banyak, load factor sekitar 90 persen.

Citilink

Ini seat pitch-nya, silahkan dibandingkan dengan LCC yang lain. Hehe..

Citilink

Dan ini yang ada di seat pocket.

Citilink

Safety information, Citilink menu, dan Citilink inflight magazine yang isinya menurut saya kurang menarik.

Sepanjang perjalanan cuaca cukup berawan sehingga sering terjadi goncangan-goncangan, praktis sepanjang perjalanan seat belt sign ON teruss...

Citilink

Citilink

Sebelum landing Mbak Rosye sudah memberikan pesanan saya untuk Captain yang saya sampaikan sewaktu naik tadi.

Citilink

Tidak terasa pesawat akan landing di Bandara Soekarno-Hatta dan direncakan akan landing menggunakan Runway 25L.

Citilink

Akhirnya pesawat landing juga di Runway 25L Bandara Soekarno-Hatta.


Landingnya mulus, di video saya itu goncang banget karena saya nggak siap plus nggak dapet posisi yang enak buat ngambilnya. :-P

Menuju terminal 1C.
Citilink

Ketemu sama Wings Air MD-82 yang lagi nganggur.

Citilink

Foto terakhir setelah keluar dari pesawat.

Citilink


Untuk penerbangan saya yang pertama dengan Citilink saya merasa cukup nyaman, booking tiket yang sangat mudah, on time, dan FA yang energik dan ramah-ramah. Saya ucapkan terimakasih untuk Captain Pieter dan FO Erick Sidharta yang telah bersedia mengisi logbook saya, Mbak Rosye yang udah menyampaikan logbook saya kepada captain, serta FA yang lain yaitu Mbak Shinta, Mbak Rekha, dan mbak yang satunya saya lupa. Hahaha.. Thanks Citilink!!....


9 komentar:

  1. Hai bro, aq paling senang baca trip report penerbangan loe. . . Karna aq juga orgnya paling senang dengan Dunia Penerbangan di Indonesia... Dari report loe, aq mau nanya :: gimana sich caranya cari tau dari notebook tentang registrasi pesawat yg akan kita naiki; nomor penerbangan pesawat; jadwal penerbangan; jenis pesawat yang akan digunakan; dll ? ? ? ?

    Yg kedua : apa sich maksudnya dari : landing / take off dari runway 25L ??

    Yg terakhir ; apa arti dari climbing "FL280" ??
    Gue akan sangat berterima kasih kalo loe mau answer pertanyaan gue. . . . . Thx so much. . ;-)

    BalasHapus
  2. untuk garuda, dulu bisa dilihat di websitenya baik untuk penerbangan garuda ataupun anak perusahaannya (citilink). tapi semenjak websitenya diperbarui sekitar sebulan yang lalu fitur tersebut udah dihilangkan.. sangat disayangkan memang..

    itu sebenernya penamaan dari runway (landasan).. kan runway itu mempunyai 2 buah ujung, nah 25L, 07R, 09, 27, dll itu adalah penamaan salah satu ujung runway.. misalnya saja bandara adisucipto di jogja, runway di ujung barat adalah 09 dan runway di ujung timur adalah 27. jadi kalo saya tulis take off/landing dari runway 27 misal, berarti pesawat tersebut take off/landing dari arah barat.. penamaan ini berbeda2 di setiap bandara, saya kurang tahu berdasarkan apa penamaan ini..

    kalo yang dimaksud dari "climbing to FL280" itu maksudnya pesawat naik menuju ketinggian 28000 kaki di atas permukaan laut.. kalo misalnya berada pada FL340 berarti pesawat berada pada ketinggian 34000 kaki di atas permukaan laut, dan lain sebagainya.. FL=Flight Level...

    BalasHapus
  3. omtri saya maunanya gimana cara nya download flight simulator

    BalasHapus
  4. saya nggak gitu ngerti, kenapa nggak beli dvd-nya aja..

    BalasHapus
  5. dimana belinya dvdnya fs ,fauzan

    BalasHapus
  6. bisa pesen di internet atau toko2 game.. jangan beli yang bajakan yah! hehehe

    BalasHapus
  7. Tambahan aja klo untuk r/w mis y dps rw 9 dn 27, brti arh trhdp bumi untuk rnway 9 adlh 86-94 degress, untuk 27 adlh 268-274. Semoga cukup mmbntu.

    BalasHapus
  8. Hai bro, aq paling senang baca trip report penerbangan loe. . . Karna aq juga orgnya paling senang dengan Dunia Penerbangan di Indonesia... Dari report loe, aq mau nanya :: gimana sich caranya cari tau dari notebook tentang registrasi pesawat yg akan kita naiki; nomor penerbangan pesawat; jadwal penerbangan; jenis pesawat yang akan digunakan; dll ? ? ? ?

    Yg kedua : apa sich maksudnya dari : landing / take off dari runway 25L ??

    Yg terakhir ; apa arti dari climbing "FL280" ??
    Gue akan sangat berterima kasih kalo loe mau answer pertanyaan gue. . . . . Thx so much. . ;-)

    BalasHapus