19 April 2010

Kakek Bodo Waterfall

Air Terjun Kakek Bodo
Air terjun kakek bodo merupakan sebuah tempat wisata alam yang masih asri yang terletak di lereng Pegunungan Welirang, Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dari Surabaya saya kesana menggunakan motor dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam jika jalanan di Porong tidak macet.

Dalam perjalanan hujan turun sangat deras, tapi dengan berbekal jas hujan saya terus melanjutkan perjalanan meskipun saat itu jarak pandang sangat rendah dan jalanan penuh tikungan tajam dan menanjak khas pegunungan. Sampai di pintu masuk taman wisata pun hujan masih juga belum reda. Untuk parkir kendaraan roda dua saya membayar 4.000 rupiah sudah termasuk untuk penitipan helm.

Loket untuk pembelian tiket masuk terletak tidak jauh dari tempat parkir, mungkin hanya sekitar 25 meter. Untuk masuk pengunjung diharuskan membayar sebesar 6.000/orang. Setelah membeli dua buah tiket saya tidak langsung masuk menuju lokasi air terjun karena hujan masih cukup deras.
Air Terjun Kakek Bodo
Setelah hujan sudah mulai mereda meskipun masih gerimis saya langsung masuk menuju lokasi air terjun. Dari pintu masuk menuju lokasi air terjun berjarak sekitar 1 Km dengan jalanan setapak yang cukup bagus dan tidak terlalu menanjak. Hanya saja perlu berhati-hati jika musim hujan seperti sekarang ini, jalanan agak licin.
Air Terjun Kakek Bodo
Hanya perlu waktu beberapa menit saja saya sudah sampai di lokasi air terjun. Yang mengejutkan air terjunnya sangat deras tapi airnya agak sedikit berwarna kecoklatan dan keruh. Mungkin ini terjadi karena efek hujan sangat deras yang baru saja terjadi. Sepertinya akan lebih indah jika menikmati Air Terjun Kakek Bodo ini jika tidak hujan karena airnya akan lebih jernih tidak seperti pada kunjungan saya ini.

Air terjun disini ada dua buah, yang satu ada di foto yang paling atas dan yang satu ada di foto di bawah. Saya kurang paham kenapa air terjun ini dinamai Air Terjun Kakek Bodo karena memang tidak ada informasi tentang hal tersebut, tidak seperti Air Terjun Coban Rondo yang informasinya komplit.

Air Terjun Kakek Bodo

Di sekitar lokasi air terjun juga terdapat pedagang-pedagang yang menjajakan minuman, snack, ataupun makanan seperti bakso. Untuk harga baksonya sih agak nggak rasional dengan rasa yang kalo boleh saya bilang "nggak enak", dengan harga segitu mending beli Bakso Lapangan Tembak Senayan deh. Hahaha..

Oh ya, sebenernya disini nggak cuma ada air terjun aja. Buat yang suka renang ada juga kolam renang meskipun kolamnya nggak terlalu besar. Tapi untuk masuk ke kolam renang harus bayar lalgi 5.000/orang. Saya sih pastinya nggak ada niatan buat renang karena airnya itu dingin bangettt, udah kayak air es aja. Ada juga bumi perkemahan buat yang doyan kemah ataupun yang suka camping.

Air Terjun Kakek Bodo

Karena cuaca yang kembali memburuk dan akan kembali hujan jadi saya nggak berlama-lama di lokasi air terjun. Padahal pengennya bersantai-santai, baca majalah, sambil menikmati sejuknya udara pegunungan dan gemuruh air terjun, tapi semua itu gagal dilakukan karena hujan. Jadi saya langsung pulang lagi aja ke Surabaya, mungkin lain kali kesini lagi kalo cuacanya udah bagus.


12 komentar:

  1. udan udan lunyu bos ....;..

    BalasHapus
  2. Rumputilalang21 Juni, 2011 11:00

    debit airnya lumayan banyak ya mas

    BalasHapus
  3. Rumputilalang21 Juni, 2011 11:00

    debit airnya lumayan banyak ya mas

    BalasHapus
  4. saya nggak tau kalo hari biasanya seperti apa.. tapi ini baru saja turun hujan yang sangat deras, bahkan saat saya masuk ke air terjun masih hujan.. ya begini inilah kondisinya, debitnya gede dan airnya agak keruh

    BalasHapus
  5. gak coba ke air terjun ngadiloyo mas?

    BalasHapus
  6. malah nggak tau mas kalo ada air terjun ngadiloyo.. mungkin next time, banyak banget air terjun menarik di jawa timur..

    BalasHapus
  7. Subhanallah..indah banget ya

    BalasHapus
  8. yuk mbak buruan pulang terus jalan2 kesini.. :D

    BalasHapus
  9. air terjun kakek bodo itu tepatnya di mana y?

    *thx

    BalasHapus