25 April 2010

Suramadu Bridge-The Longest Bridge in Indonesia

Jembatan Suramadu

Sejak diresmikan pada tanggal 10 Juni 2009, Jembatan Suramadu yang merupakan singkatan dari Surabaya-Madura menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang sekitar 5,4 Km. Konon jembatan ini juga menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara. Dengan adanya jembatan ini telah membuka akses yang sangat mudah antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura.

Meskipun sudah diresmikan hampir setahun yang lalu tetapi saya baru pertama kali melewati jembatan ini sekitar satu bulan yang lalu. Dan ini merupakan kunjungan saya yang kedua ke Pulau Madura. Pada kunjungan saya yang sebelumnya sepertinya saya lagi kena apes, saat mengambil kamera di saku celana saya untuk mengabadikan gambar ternyata kamera lepas dari genggaman tangan saya dan sudah bisa ditebak, kamera kesayangan saya itu masuk laut. Nah pada kunjungan saya kali ini memang tujuannya cuma mau jalan-jalan sore aja keluar Pulau Jawa. Hehehe..

Untuk melewati Tol Suramadu dikenakan biaya 3.000 saja untuk kendaraan roda dua, sedangkan untuk roda empat 30.000 kalo nggak salah. Perjalanan ke Madura melalui Jembatan Suramadu ini memang cukup singkat dengan kencepatan maksimal kendaraan roda dua yang diperbolehkan yaitu 40 Km/jam, hanya memerlukan waktu tempuh selama sekitar kurang dari 10 menit.

Di pinggir jalan setelah keluar dari Jembatan Suramadu banyak pedagang yang menjual makanan, minuman, dan juga cenderamata. Sampe di Madura saya juga nggak ngapa-ngapain sih, cuma jalan terus beberapa kilometer mengikuti jalan menuju Bangkalan lalu putar balik lagi. Di jalanan menuju Bangkalan ini ternyata masih perawan, nggak ada ruko-ruko, nggak ada SPBU, yang ada cuma sawah, dan lahan-lahan kosong. Bakal repot deh kalo ada apa-apa sama kendaraan.

Sebelum balik lagi ke Pulau Jawa Surabaya, nyonya minta mampir di kios-kios pedagang yang di pinggir jalan itu buat beli tape singkong. Tape singkongnya dijual paketan yang berisi 4 besek, buseett banyak bener tapi harganya murah kok cuma 8.000.

Abis beli tape langsung deh pulang, matahari udah nggak keliatan, dan lampu-lampu jalan udah nyala semua. Jembatan Suramadu terlihat lebih indah pada malam hari karena lampunya berganti-ganti dari merah, ungu, biru, hijau, ataupun perpaduannya. Sayang foto yang saya ambil pada malam hari ngeblur jadi nggak layak tayang. :p

Pada perjalanan pulang ini lajur untuk kendaraan roda dua yang dari arah Madura ditutup, jadi kendaraan roda dua melintas di lajur mobil. Saya lihat banyak sekali blok-blok jembatan yang dibongkar. Nggak tau deh itu jembatan udah mulai rusak atau memang sedang ada perawatan rutin.

Bangga juga saya kepada bangsa ini yang ternyata bisa membangun jembatan yang cukup wah sekaligus mungkin menjadi yang paling indah di Indonesia dengan segala keterbatasannya. Meskipun dengan adanya jembatan ini nggak sedikit juga terdapat pihak-pihak yang merasa dirugikan. Dibalik semua hal yang dilakukan pasti ada sisi positif dan negatif, dan menurut saya hal itu adalah hal yang wajar.

Jembatan Suramadu

Ayo pemerintah lanjutkan proyek pembangunan jembatan di Selat Sunda biar nanti saya nggak perlu ngantri naik kapal kalo mudik ke Lampung.. :P


5 komentar:

  1. operator Ferry harusnya berbenah, kalau perlu meningkatkan kualitas mereka menjadi sekelas cruise :) Jadi, penyebrangan Surabaya - Madura bisa dilakukan dengan Cruise untuk mereka yang ingin merasakan suasana romantis. Nah, ferry-ferry lama dialihkan ke NTT, mereka butuh lebih banyak ferry disana.

    hmm...sayang sekali yach Oom, kameramu masuk laut....duh, kalau itu sampe kejadian, pasti saya akan meraung2 di tepi jembatan sambil meratapi nasib....---" *amit amit, jangan sampai kejadian* semoga tegar yach Oom...:)

    saya sempat menyambangi jembatan ini, namun sayang hujan sedang turun dengan derasnya sehingga saya nggak bisa turun dan berfoto-foto...hehehe.....

    BalasHapus
  2. ya memang sepertinya bakal lebih seru kalo ferry disana buat wisata saja, kan seru malem2 naik ferry sambil liat kerlap-kerlip lampu jembatan.. hehehe

    BalasHapus
  3. wah jembatan di Penang, Malaysia aja panjangnya 13.5 km lho hehehe.. kalau selat sunda jadi dibangun mungkin akan terpanjang se Asia Tenggara :)

    BalasHapus
  4. mudah2an bisa terwujud lah, biar enak gitu nannti kalo saya pulang kampung. hahaha

    BalasHapus
  5. wah jembatan di Penang, Malaysia aja panjangnya 13.5 km lho hehehe.. kalau selat sunda jadi dibangun mungkin akan terpanjang se Asia Tenggara :)

    BalasHapus