11 Juni 2010

Melewati Tampak Siring, Mampir Ke Pura Tirtha Empul

Melewati Tampak Siring, Mampir Ke Pura Tirtha Empul

Dalam perjalanan pulang ke arah Denpasar, akhirnya saya menemukan juga apa yang saya cari saat melewati Tampak Siring. Apalagi kalau bukan Pura Tirtha Empul. Lumayan ramai juga pengunjung yang datang ke sini. Bus pariwisata numpuk di parkiran banyak sekali. Saya cuma bisa berharap di dalam tidak terlalu crowded.

Pura Tirtha Empul ini berada tepat di sebelah Istana Tampak Siring. Tiket masuk ke Tirtha Empul harganya 15.000. Konon Tirtha Empul berarti air suci yang menyembur dari dalam tanah. Air ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga banyak sekali pengunjung yang mandi dengan menceburkan diri di kolam yang khusus digunakan untuk pemandian. Di tepi kolam banyak terdapat bunga-bunga yang digunakan sebagai sesajen dan diletakkan di atas air mancur. Sebelum mandi mereka berganti pakaian dulu dengan menggunakan kain yang sudah disediakan di sana. Sebelumnya juga dibacakan doa-doa oleh juru kunci yang ada di Tirtha Empul. Bagi yang nggak mau mandi sih biasanya cuma cuci muka saja dengan berharap penyakitnya segera sembuh.

Melewati Tampak Siring, Mampir Ke Pura Tirtha Empul

Selain terdapat kolam pemandian air suci, pengunjung juga dapat berkeliling pura. Untuk berkeliling pura, saya harus menggunakan kain yang sudah disediakan di sana karena saya saat itu menggunakan celana pendek. Saya agak terkejut saat berkeliling pura melihat sepasang turis yang kalau dilihat wajahnya sih seperti orang korea. Yang cowok menggunakan celana pendek, sedangkan yang cewek menggunakan rok mini tapi mereka asal nyelonong masuk ke dalam pura. Ya mungkin saja mereka tidak tau adatnya di sini.

Setelah cukup puas berkeliling Tirtha Empul saya segera keluar untuk melanjutkan perjalanan pulang saya ke arah Denpasar dengan melewati Ubud kembali. Bagi yang mau nyoba untuk merasakan khasiat air suci di Pura Tirtha Empul silahkan berkunjung
kemari..


0 komentar:

Posting Komentar