28 Juni 2010

Menelusuri Kota Tua Surabaya (Surabaya Lama)

Menelusuri jejak-jejak peninggalan kolonial di Kota Tua Surabaya ternyata merupakan hal yang cukup mengasyikkan. Kita bisa menemukan banyak bangunan peninggalan kolonial Belanda masih tegak berdiri di area Jembatan Merah ataupun di Jalan Kembang Jepun. Bangunan-bangunan tersebut rata-rata dibangun pada akhir abad 19 atau awal abad 20 dengan menggunakan arsitektur bangunan khas Eropa, cantik dan benar-benar klasik.

Beberapa bangunan yang ada disana sudah dialihfungsikan menjadi perkantoran dan masih digunakan sampai sekarang seperti Hotel Ibis, Kantor Gubernur Surabaya, Kantor Bappeda, Bank Mandiri, dan Kantor PTPN. Beberapa lagi terlihat usang, kotor, tak terawat, dan menyeramkan.

Berikut ini adalah foto-foto ketika saya menghabiskan waktu pada Minggu siang di Kota Tua Surabaya:

Hotel Ibis yang ada di Jalan Rajawali
Kota Tua Surabaya

Kota Tua Surabaya

Gedung Bank Mandiri di Jalan Rajawali
Kota Tua Surabaya

Jembatan Merah
Kota Tua Surabaya

Kya-Kya China Town
Kota Tua Surabaya

Gedung PTPN X di Jalan Jembatan Merah
Kota Tua Surabaya

Gedung-gedung di Jalan Veteran
Kota Tua Surabaya

Kota Tua Surabaya

Gedung Bank Mandiri
Kota Tua Surabaya

Gedung-gedung tua yang berada di Jalan Karet. Disini banyak sekali gedung-gedung yang sudah usang, tidak terawat, dan menyeramkan. Saya kurang tau gedung-gedung tersebut masih digunakan atau tidak.

Kota Tua Surabaya

Kota Tua Surabaya


15 komentar:

  1. Bagus...jadi inget waktu di surabaya

    BalasHapus
  2. favorit saya : Gedung Cerutu :D

    gedungnya unik dan bentuknya berbeda dibanding gedung-gedung lain di sekitarnya :D

    Surabaya Utara memang menyenangkan untuk nostalgia..hehe

    BalasHapus
  3. Wow, Surabaya kayaknya Asik....
    Rasanya pengen kesana....

    BalasHapus
  4. @sabjan badio: betul sekali..

    @tunsa: harus sering2 ke surabaya lagi..

    @lomar dasika: gedung cerutu itu yang di sebelahnya hotel ibis ya? yang atapnya kerucut itu kan?

    @irwan: jogja-surabaya deket kok mas, langsung kesini aja.. hehehe

    BalasHapus
  5. Surabaya,..mmmm Aku Rindu Padamu. Jadi Inget mantan juga nih...heheheh.Salam kenal Pak Tri

    BalasHapus
  6. He...insya allah, pak tri tinggal dmananya?

    BalasHapus
  7. saya tinggal di daerah semolowaru.. oke linknya sudah saya pasang.. ;)

    BalasHapus
  8. Yak! Anda benar! hehehe. Persis di sebelah Hotel Ibis Rajawali, itulah Gedung Cerutu. Unik atapnya, kayak peluru gitu :D

    BalasHapus
  9. mas , ada referensi kota tua yang lain gak selain yang diatas ? soalnya saya juga suka travelling ke kota tua di surabaya .

    BalasHapus
  10. yang saya tau sih ya daerah-daerah itu saja, termasuk daerah di jalan kembang jepun dan sekitarnya.. kalo mau mungkin bisa blusukan ke kampung-kampung yang ada disana..

    BalasHapus
  11. Wow, Surabaya kayaknya Asik....
    Rasanya pengen kesana....

    BalasHapus
  12. Surabaya,..mmmm Aku Rindu Padamu. Jadi Inget mantan juga nih...heheheh.Salam kenal Pak Tri

    BalasHapus