28 Juli 2010

Cokelat Monggo, Cokelat Asli Dari Jogja

Cokelat Monggo

Karena sudah berada di Kota Gede saya sekalian mampir ke outlet Cokelat Monggo untuk membeli oleh-oleh. Bagi yang belum tahu, Cokelat Monggo adalah cokelat asli dari Jogja. Di awali oleh pria asal Belgia yang bernama Thierry Detournay datang ke Jogja pada tahun 2001. Pria tersebut kecewa dengan rasa cokelat yang ada di toko-toko di Indonesia, karena itu dia membuat sendiri cokelat dengan cita rasa Belgia dengan sumber daya yang seadanya. Lalu dibuatlah sebuah CV. Anugerah Mulia untuk memproduksi cokelat buatannya.

Sedangkan kata "Monggo" yang berasal dari kata dalam Bahasa Jawa yang berarti "silahkan" yang selalu digunakan oleh orang-orang Jogja untuk mempersilahkan jika ada tamu ataupun pada saat kita lewat di depan orang. Nama "Monggo" cukup menggambarkan budaya Jawa, khususnya Jogja sehingga nama tersebut dipilih sebagai nama produk Cokelat Monggo.

Mungkin bagi sebagian akan kesulitan mencari keberadaan outlet Cokelat Monggo ini karena lokasinya ada di tengah perkampungan di daerah Kota Gede. Lokasinya kalau dari Jalan Kemasan Kota Gede silahkan berjalan ke arah selatan sampai dengan pasar Kota Gede. Dari pasar masih masuk lagi ke arah selatan, nanti kita akan melewati makam raja-raja Mataram. Setelah mentok dan terlihat pohon beringin besar lalu belok kiri. Nah pas di belokan tadi itu sudah ada petunjuk lokasi Cokelat Monggo, tinggal lurus saja kita sudah sampai.

Cokelat Monggo

Ada beberapa macam cokelat yang diproduksi oleh Cokelat Monggo. Saya membeli beberapa macam antara lain: Praline, Caramelo, Strawberry, Dark 58%, dan Dark 69%. Praline adalah batangan coklat dark dengan praline yaitu berupa krem dari kacang mete. Untuk Caramelo dan Strawberry hampir sama dengan praline yaitu cokelat dark yang isinya masing-masing adalah krem karamel dan krem strawberry. Ketiga jenis cokelat ini tersedia dalam kemasan 40 gram. Nah untuk Dark 58% adalah batangan cokelat dark dengan kandungan kakao sebesar 58% dan 100% mentega kakao murni. Sedangkan Dark 69% hampir sama dengan Dark 58%, hanya saja kandungan kakaonya lebih tinggi yaitu 69%. Cokelat Dark 58% dan Cokelat Dark 69% tersedia dalam kemasan 40 gram dan 80 gram.

Kemasan Cokelat Monggo cukup unik dan elegan. Dibungkus dengan menggunakan kertas berwarna cokelat yang konon berasal dari kertas daur ulang. Gambar-gambar yang ada pada kemasan juga cukup menarik. Lalu untuk kemasan dalamnya menggunakan kertas alumunium foil.

Rasanya Cokelat Monggo lebih pahit jika dibandingkan dengan cokelat yang ada dipasaran seperti Silver Queen, Tobleron, Cadburry, atau yang lainnya karena di dalam komposisi Cokelat Monggo tidak menggunakan susu. Kalau untuk anak-anak mungkin akan lebih cocok dengan Praline, Caramelo, dan Strawberry karena rasa pahit akan tertolong dengan manisnya isi yang ada di dalam ketiga cokelat tersebut. Kalau favorite saya sih Dark 58% karena tidak sepahit Dark 69%. Dark 69% sangat cocok untuk yang benar-benar penggila cokelat sejati. Jangan malu-malu buat nyobain dulu sebelum membeli, karena biasanya mbak-mbak yang jaga akan dengan ramah menawarkan cokelat untuk dicicipi.

Cokelat Monggo

Selain sebagai tempat penjualan, di outlet Coklat Monggo sekaligus menjadi tempat untuk memproduksi coklat-coklat tersebut. Mungkin kalau ada waktu yang luang kita bisa menyempatkan diri untuk melihat proses pembuatan coklatnya.

Jika tidak bisa langsung ke outlet Cokelat Monggo yang di Kota Gede atau tidak tahu jalan kesananya, Cokelat Monggo juga bisa ditemukan di Circle K, Indomaret, Indogrosir, Carrefour, Superindo, Batik Ningrat, Mirota Batik, Kimia Farma Malioboro, dan toko-toko lain di Jogja. Untuk yang di luar Jogja juga sudah banyak supermarket, toko-toko, dan cafe yang menjual produk-produk dari Cokelat Monggo.

Untuk harganya menurut saya Cokelat Monggo tergolong mahal. Bagaimana tidak, sebungkus cokelat Praline 40 gram dihargai Rp 12.000,-. Harga sebesar ini kita sudah bisa mendapatkan Silver Queen Chunky Bar 100 gram. Untung saja saat saya kesana sedang ada promo jadi harganya bisa dapet lebih murah. Hehe..

Berikut rincian harga cokelat yang saya beli:
  • 1 Praline 40 gram Rp 12.000,-
  • 1 Caramelo 40 gram Rp 12.000,-
  • 1 Strawberry 40 gram Rp 12.000,- (promo buy 1 get 1 free)
  • 1 Dark Chocolate 58% 80 gram Rp 20.000,- (promo buy 1 get 1 free)
  • 1 Dark Chocolate 69% 80 gram Rp 25.500,- (promo buy 1 get 1 free)

Cokelat Monggo

Sebenernya masih ada produk-produk lainnya yang layak untuk dicoba, tapi kalau diterusin bisa jebol dompet saya. Oh ya, harga-harga cokelat tersebut akan lebih mahal Rp 4.000,- sampai dengan Rp 10.000,- jika kita membelinya di toko-toko yang saya sebutkan tadi seperti Circle K, Indomaret, Carrefour, dan lain-lain. Gimana? Anda tertarik untuk mencoba?


35 komentar:

  1. nggak usah kelamaat mas, kirim langsung ketempatku, hehe...
    nyammie....dah lama gak makan cokelat

    BalasHapus
  2. langsung dateng ke jogja aja mas.. hehehe

    BalasHapus
  3. monggo...silahkennnn ^^ unikk bgt dah...

    bikin ngilerrr sajaaa....

    jadi tambahhhh pengenn ke jogjaaaahhhhhh -_-"

    BalasHapus
  4. monggo dinikmati gambarnya dulu saja mbak cempaka. coklatnya nanti kalo ke jogja.. hehehe

    BalasHapus
  5. "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

    BalasHapus
  6. coba nanti aku liat di carefour dah, wah beli satu dapet satu. boleh tuh

    BalasHapus
  7. iya bener banget, beli satu dapet satu tapi khusus untuk yang Dark 80 gram sama Strawberry 40 gram.

    BalasHapus
  8. Iya, jujur aku nggak pernah beli coklat ini lantaran muahual...~hahahaha~. Dengan harga sama, kita bisa dapet coklat Wind Molen atau Van Houten (menurut aku, kedua ini lebih enak dari SIlver Queen dan lebih penting lagi : lebih murah) *loch koq jadi promosi?!* hahaha

    tapi boleh banged tuh ke Kotagede, nyobain testernya :p hihihi...nyobain testernya yang banyak, semuanya dicobain, tapi ujung2nya belinya cuma yang 40 gram...wakakakak

    Saya pernah baca profil pemilik Coklat Monggo ini di Sosok-nya KOMPAS. Pemiliknya orang Kalimantan, bukan orang Jawa atau orang luar. Apakah sudah dipindahtangankan atau bagaimana?

    BalasHapus
  9. asal nggak tau malu aja sih.. hahaha..

    pemiliknya sih sepertinya memang bener orang kalimantan. usaha ini sebenernya join antar beberapa orang, yang orang bule belgia ini sebagai pembuat coklatnya dan sampai sekarang yang bikin adonan coklatnya ya masih si bule ini. sedangkan yang beberapa orang lain mungkin berada di manajemennya..

    BalasHapus
  10. minta alamatnnya dunn hehehe...

    BalasHapus
  11. bingung kalo alamatnya dimana.. yang jelas dari pasar kotagede ke arah selatan melewati makam kotagede, dari situ udah deket. kalo misalnya nggak yakin bisa tanya warga.. hehe

    BalasHapus
  12. nyomot dr blog orang....

    disini alamatnya...
    CV. Anugerah Mulia/Cokelat Monggo
    Jl. Dalem KG III/978 Rt. 043 Rw. 10,
    Kel. Purbayan Kotagede 55173
    Yogyakarta – Indonesia
    Tel: 0274-7102202
    Fax: 0274-373192

    http://jogjakini.wordpress.com/2009/05/05/monggo-coklat-unik-dari-jogja/

    BalasHapus
  13. terimakasih mas masgonst atas informasi tambahannya.. :)

    BalasHapus
  14. Agak mahal tapi jauh lebih enak dibanding coklat merk pasaran seperti Sil**Que**

    BalasHapus
  15. lah kalo sama Sil**Que** atau sejenisnya sih saya jauh lebih suka coklat monggo karena kadar coklatnya jauh lebih tinggi..

    BalasHapus
  16. mauuuuuuuuuuuuu... kapan ada promo lagi ( buy 1 get 1 free ) ????? kabarin donk.

    BalasHapus
  17. saya juga mau mbak saraz kalo ada promo lagi.. hehehe

    BalasHapus
  18. wahh ngilerrr :O . saya baru tau ada coklat khas Jogja, makasih infonya *ngumpulin uang buat ke Jogja lagi hhohho*

    BalasHapus
  19. emang ada mbak.. dan coklatnya emang mantavv..

    BalasHapus
  20. Tolong bantu saya yah untuk survey mengenai produk cokelat yaitu COKELAT MONGGO. Kalo ada teman, sodara, kerabat, papa, mama, kakek, nenek, adik dan kakak yang pernah tau atau cobain cokelat ini. Please banget untuk mengisi survey tugas kuliah ini. Makasih atas bantuannya, smoga amal ibadah diterima Tuhan YME :) http://www.kwiksurveys.com/?s=IBLIOM_6aa3ce03

    BalasHapus
  21. monggo cokoreto...
    hny ada di Yk ya..blm ada di jabodetabek :D

    BalasHapus
  22. jadi pengen beli cokelat itu.pasti rasanya enak banget

    BalasHapus
  23. @sella: sudah saya isi mbak..

    @moerti annisa: hmmm.. kalo nggak salah udah ada di beberapa swalayan-swalayan gede kok mbak..

    BalasHapus
  24. Tolong bantu saya yah untuk survey mengenai produk cokelat yaitu COKELAT MONGGO. Kalo ada teman, sodara, kerabat, papa, mama, kakek, nenek, adik dan kakak yang pernah tau atau cobain cokelat ini. Please banget untuk mengisi survey tugas kuliah ini. Makasih atas bantuannya, smoga amal ibadah diterima Tuhan YME :) http://www.kwiksurveys.com/?s=IBLIOM_6aa3ce03

    BalasHapus
  25. mauuuuuuuuuuuuu... kapan ada promo lagi ( buy 1 get 1 free ) ????? kabarin donk.

    BalasHapus
  26. Agak mahal tapi jauh lebih enak dibanding coklat merk pasaran seperti Sil**Que**

    BalasHapus
  27. asal nggak tau malu aja sih.. hahaha..

    pemiliknya sih sepertinya memang bener orang kalimantan. usaha ini sebenernya join antar beberapa orang, yang orang bule belgia ini sebagai pembuat coklatnya dan sampai sekarang yang bikin adonan coklatnya ya masih si bule ini. sedangkan yang beberapa orang lain mungkin berada di manajemennya..

    BalasHapus
  28. monggo...silahkennnn ^^ unikk bgt dah...

    bikin ngilerrr sajaaa....

    jadi tambahhhh pengenn ke jogjaaaahhhhhh -_-"

    BalasHapus
  29. Coklat bubuk kagem wedang wonten mbotem mas?

    BalasHapus
  30. ayo kita wisata10 Juli, 2013 06:04

    memang untuk penggemar coklat, monggo mempunyai rasa yang berbeda dari coklat dipasaran http://pamungkaz.net/coklat-monggo-dari-jogja-rasa-belgia/

    BalasHapus