25 Juli 2010

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong

Semarang memang menyimpan sejuta pesona. Banyak terdapat cagar budaya di kota yang terkenal dengan lumpianya ini, salah satunya adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Warga Semarang biasa menyebut Kelenteng Sam Poo Kong dengan nama Gedong Batu. Kelenteng ini terletak di daerah Simongan, barat daya Kota Semarang.

Kelenteng Sam Poo Kong disebut Gedong Batu karena merupakan sebuah batu besar yang berada pada sebuah bukit batu. Kelenteng ini merupakan tempat pemujaan pada seorang laksamana Dinasti Ming (1368-1643) dalam masa pemerintahan Kaisar Yung Lo, yang diutus menjadi duta kaisar ke Nusantara dan bersandar di pantai Semarang pada tahun 1401.

Kelenteng Sam Poo Kong

Sayang sekali saat saya kesana sudah jam setengah 4 sore sehingga tidak bisa masuk ke dalam kelenteng. Kelenteng sedang digunakan untuk sembahyang. Katanya sih untuk jam wisata setiap hari mulai pukul 08.00-11.00. Pada jam tersebut pengunjung bisa memasuki kelenteng tapi hanya diberikan waktu 15 menit saja.

Karena tidak bisa masuk kelenteng dan tidak dapat melihat Goa Batu Besar, sehingga saya dan teman-teman hanya berfoto di depan kelenteng saja tanpa bisa mengetahui lebih jauh tentang Kelenteng Sam Poo Kong ini.

Kelenteng Sam Poo Kong


11 komentar:

  1. sampean klo ambil gambar pake kamera apa mas ? kok hasil nya mantab..kamera slr ya? atau memang jago moto?

    BalasHapus
  2. haduh mas, saya cuma pake kamera pocket murah meriah aja kok.. lagi nabung buat beli DSLR. hehe

    BalasHapus
  3. oalah...cuma 3 jam ae? sayang sekali yach, nggak bisa masuk, padahal jam segitu masih jam ramai wisata kan yach?

    eh iya, foto-fotomu bagus mas Tri :D tak pikir pakai DSLR. mantap! hehehe

    BalasHapus
  4. hiya cuma 3 jam saja.. abis aku pulang sih dateng rombongan 4 bus besar, jadi meskipun udah sore masih tetep ramai sebenernya.. tapi ya mau gimana lagi namanya juga tempat ibadah :D

    belum pake DSLR mas, masih pake kamera ikan asin.. xixixiixi

    BalasHapus
  5. ahahahayyy..merendah nich. kamera ikan asin. nggak tahunya, Canon EOS 1D lensa putih lagi :D

    BalasHapus
  6. waduh nggak segitunya kalee.. kamera DSLR aja nggak punya apalagi lensa putih gelang merah. hikz..

    BalasHapus
  7. wah pengen k semarang, tp gak tau jalan, gak punya temen d sana.. :(

    iya foto2nya kok kinclong2, kamera apa tuh? aku jg pengen beli kamera pocket yg murah tp hasilnya bagus gt, infonya dunk mas..

    BalasHapus
  8. @wina: semarang asyik loh, banyak tempat-tempat yang menarik dan wajib dikunjungi. sayang kalau nggak kesana, padahal nggak jauh juga dari jogja. kameranya cuma pake Panasonic Lumix DMC-F3

    BalasHapus
  9. ya gak jaoh... tapi gempor juga kalo pp naik motor..

    BalasHapus
  10. nginep aja di hotel murah-meriah.. buat ngilangin capek :D

    BalasHapus
  11. oalah...cuma 3 jam ae? sayang sekali yach, nggak bisa masuk, padahal jam segitu masih jam ramai wisata kan yach?

    eh iya, foto-fotomu bagus mas Tri :D tak pikir pakai DSLR. mantap! hehehe

    BalasHapus