23 Juli 2010

Lawang Sewu Yang Penuh Mistis

Lawang Sewu
Saat berkunjung ke Semarang tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah sebuah gedung tua yang terletak di Simpang Lima Tugu Muda yaitu Lawang Sewu. Saat ke Semarang kemaren itu saya juga menyempatkan diri untuk kesana meskipun saya sudah pernah kesana sebelumnya, tapi itu dulu sekitar dua atau tiga tahun yang lalu.

Kebetulan siang hari saat itu saya tidak pergi kemana-mana, hanya tiduran di kost teman saja karena bertepatan dengan hari Jum'at yang waktunya cukup sempit. Lagi pula cuaca Kota Semarang saat itu sedang tidak bagus, mendung di siang hari dan akhirnya turun hujan juga.

Pada malam harinya saya baru bisa keluar untuk jalan-jalan keliling kota. Ditemani oleh teman-teman saya yang kuliah di Semarang yaitu Frandy, Roby, Tity, dan Andi dari Jogja. Kami memutuskan untuk pergi ke Lawang Sewu. Sebenernya yang ngotot ke Lawang Sewu adalah Andi karena dia yang belum pernah masuk ke Lawang Sewu.

Jam 10 malam kami sudah tiba di Lawang Sewu, lalu kami menemui seorang pemandu bernama Pak Toto' yang menjadi pemandu langganan kami jika mengunjungi Lawang Sewu. Sayang sekali Pak Toto' tidak bisa menemani kami malam itu karena beliau sedang ada tamu. Salah saya juga sih tidak menelpon Pak Toto' terlebih dahulu. Akhirnya Pak Toto' mencarikan temannya untuk menjadi pemandu kami.

Setelah mendapatkan pemandu kami segera masuk ke pintu gerbang Lawang Sewu. Pak Aji yang menemani kami malam itu. Pada pintu masuk kita diharuskan untuk membayar tiket sebesar 10 ribu, padahal dulu itu masih 5 ribu saja. Pak Toto' sudah berpesan sebelumya, jika membeli tiket kami harus meminta kertas tiketnya karena jika kami tidak memintanya uang tersebut bakal masuk ke kantong yang jaga tiket, bukan masuk ke kas negara. So buat teman-teman yang mau ke Lawang Sewu jika masuk selalu minta kertas tiketnya, karena kalo nggak minta biasanya nggak dikasih.

Tiket sudah dibeli, kami masuk melalui pintu utama Lawang Sewu. Pak Aji mulai menjelaskan tentang sejarah Lawang Sewu ini. Dulunya tempat ini adalah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) yang dibangun pada tahun 1903 dan selesai pada tahun 1907. Tapi setelah kemerdekaan Indonesia gedung kuno ini digunakang sebagai kantor PT Kereta Api Indonesia. Ketika berlangsung pertemputan lima hari di Semarang, gedung ini dijadikan lokasi pertempuran melawan Jepang. Kenapa dinamai Lawang Sewu? Karena jumlah pintunya yang sangat banyak, tapi nggak ada yang tau berapa jumlah pintu yang sebenarnya.

Lawang Sewu

Dari lantai satu kami naik menuju lantai berikutnya sambil mendengarkan penjelasan dari pemandu kami. Tidak lupa foto-foto dulu di atas. Dari atas gedung Lawang Sewu kita bisa melihat Simpang Lima Tugu Muda yang sudah mulai sepi karena memang hari sudah malam.

Kami lalu melanjutkan menuju ruang pembantaian, ya ruang pembantaian. Dulu ruangan tersebut digunakan oleh penjajah untuk membunuh para tawanan-tawanan dari Indonesia. Tempatnya cukup membuat merinding. Dulu sewaktu kunjungan saya ke Lawang Sewu yang pertama, tidak setiap orang bisa masuk ke ruang pembantaian ini. Biasanya si pemandu akan meminta ijin apakah kita diperbolehkan masuk atau tidak. Tapi untuk kali ini yang saya lihat semua orang bebas keluar masuk ruang pembantaian, tentu saja dengan ditemani oleh pemandu.

Dari gedung yang terletak di depan kami bergeser menuju gedung yang ada di belakang dengan yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. Saat berada di jembatan, Pak Aji mempersilahkan kami jika ingin foto-foto terlebih dahulu. Tentu saja tawaran tersebut tidak kami sia-siakan. Saya yang memegang kamera mulai mengambil foto teman-teman saya. Anehnya saat saya menekan shuter pada kamera, pada layar LCD kamera terlihat seperti ada air yang mengalir yang menghalangi kamera saya. Saya lanjutkan menekan shuter kamera tersebut dan hasilnya gambar tidak fokus, padahal saat itu masih ada cahaya meskipun sangat sedikit dan juga flash kamera pada posisi ON. Berulang kali saya mengambil foto teman-teman saya tapi berkali-kali juga gagal, hasilnya tidak fokus.

Saya sudah menyerah untuk mengambil foto, kemudian Pak Aji menawarkan agar dia saja yang mengambil foto biar saya ikut terfoto. Berkali-kali juga Pak Aji menekan shuter kamera dan hasilnya sama saja dengan saya sebelumnya, gagal dan tidak fokus!! Karena mungkin merasa ada hal yang aneh, Pak Aji dengan segera mengajak kami untuk pergi dari tempat itu.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Kami berjalan menuju ruangan berikutnya yang disebut lorong kereta, unik juga menurut saya. Dinamai lorong kereta karena saat kita di depan pintu tersebut pandangan akan lurus terus berupa pintu-pintu yang membentuk sebuah lorong yang sangat panjang. Dan disini kamera saya berfungsi dengan normal padahal kondisi ruangan sangat gelap hampir tidak ada cahaya. Cahaya hanya dari lampu senter Pak Aji saja.

Lawang Sewu

Dari lorong kereta kemudian kami ke ruang bawah tanah yang dulu biasa digunakan untuk uji nyali di sebuah televisi swasta. Sayang sekali sekarang kita tidak bisa lagi masuk ke ruang bawah tanah tersebut. Nggak tau kapan lagi ruang bawah tanah bisa dimasuki kembali, mungkin setelah pemugaran Lawang Sewu ini selesai karena saat ini memang sedang dalam proses pemugaran.

Tapi sebagai gambaran akan saya ceritakan pengalaman saya masuk ke ruang bawah tanah saat ke Lawang Sewu beberapa tahun yang lalu. Untuk masuk ke ruang bawah tanah kita harus menggunakan sepatu bot karena kondisi ruang bawah tanah itu terdapat genangan air sedalam kira-kira 30cm. Ruangannya cukup pengap karena ventilasinya sangat kecil, hampir nggak ada yang tau kalo itu ventilasi. Jika kita melihat ke arah luar dari ventilasi tersebut, mata kita sejajar dengan dataran tanah yang ada di luar.

Sebenarnya ruang bawah tanah ini digunakan sebagai penjara. Terdapat dua macam penjara yang ada di ruang bawah tanah, yaitu penjara duduk dan penjara berdiri. Untuk penjara duduk tingginya mungkin hanya 1 meter lalu ada tutupnya di atasnya. orang yang dipenjara disitu akan berjongkok selama dipenjara dan berjubel dengan banyak orang. Sementara itu untuk penjara bediri tingginya sangat cukup untuk saya dengan tinggi badan 177cm, hanya saja lebarnya sangat sempit. Sewaktu saya coba dengan teman saya masuk bersamaan berdua saja sudah sangat sempit, tapi katanya untuk penjara berdiri ini bisa diisi 4 sampai 6 orang. Bisa dibayangkan sendiri bertapa tersiksanya orang-orang yang dipenjara saat itu.

Selain itu di ruang bawah tanah juga terdapat tempat untuk pemenggalan kepala. Yah, pemenggalan kepala para tahanan yang ada disini. Kemudian kepala yang sudah dipenggal tersebut dibuang ke dalam sungai yang ada di belakang Lawang Sewu melalui ventilasi-ventilasi yang ada. Karena itulah ruang bawah tanah ini dianggap sebagai tempat yang paling mengerikan di Lawang Sewu.

Karena kami tidak bisa masuk ke dalam ruang bawah tanah dan hanya bisa melihatnya dari luar, kami melanjutkan keliling gedung tua ini. Kami sudah sampai pada halaman belakang yang terdapat pohon mangga yang besar, menambah kesan angker tempat ini. Kami duduk-duduk terlebih dahulu untuk bersantai di halaman belakang ini karena berkali-kali Frandy terjatuh, mulai jatuh dari tangga saat turun tadi, tersandung sebuah plat besi sampai berdarah kakinya, dan juga tersandung batu saat di bawah pohon mangga. Nggak tau kenapa, lagi apes atau lagi apa sampe-sampe bisa kesandung berkali-kali.

Lawang Sewu

Setelah cukup berisitirahat kami keluar dari halaman belakang tersebut menuju ke depan, berakhirnlah petualangan kami di Lawang Sewu malam itu. Sebelum keluar Pak Aji bercerita kalau selama perjalanan di dalam tadi hanya ada satu makhluk gaib yang mengganggu kami, ya sewaktu kami berfoto di jembatan itu tadi. Yah percaya nggak percaya sih. Kami pun berpamitan dengan Pak Aji sambil memberikan tips seikhlasnya. Tapi sebelum keluar dari area Lawang Sewu kami foto-foto dulu karena di depan pintu masuk tadi terdapat sebuah kereta tua yang cukup antik, sayang kalo dilewatkan untuk berfoto ria. Hehe..

Lawang Sewu

Yah ini lah Lawang Sewu bangunan yang cukup unik, cantik, misterius, menyeramkan, dan penuh daya magis yang membuat banyak orang terpikat untuk datang kesini. Terlepas dari itu semua apakah benar ada atau tidaknya makhluk gaib disana, bagi saya gedung tua ini memang luar biasa karena nilai sejarahnya. Dan sudah sepantasnya Lawang Sewu menjadi bangunan bersejarah yang patut dilindungi, tidak hanya oleh Pemerintah Kota Semarang tapi kita semua.

Lawang Sewu

100 komentar:

  1. Huaaaaaaaaaaaaaaaaa

    sayang banget! waktu itu saya sempat kesana sekitar pukul 9 malam. Saya nggak tahu kalau ada tur malam Lawang Sewu. hiks hiks. waktu itu emang bagian depan Lawang Sewu ditutup bedeng sich. apa mungkin lagi nggak ada tur malam yach?

    Memangnya tur di Lawang Sewu hanya berlangsung pada malam hari saja atau bagaimana? Hmm...dari ceritanya Tri, kayaknya sih saya bisa jiper juga sich kalau sampai masuk ke Lawang Sewu. Apalagi pakai ada adegan diganggu makhluk halus. hiyyyyy. Menariknya, makhluk halus itu bisa mengganggu kinerja peralatan mekanis kayak kamera yach? mungkin gelombang elektrostatisnya saling bertabrakan kali yach? brrr.... bintik-bintik seperti percikan air itu sebenernya pernah dijelaskan di acara science di televisi, katanya memang ada partikel debu atau gelombang energi tertentu yang ada di wilayah tersebut. itu penjelasan secara fisikanya yach. kalau secara metafisik, ya sudah pasti tempat itu 'dihuni'....hiiyyyyyy

    ternyata, dari ceritanya Tri, saya baru tahu kalau sejarah Lawang Sewu ternyata sekelam itu. banyak adegan penjara, pemenggalan dan pembunuhan, plus pembantaian. saya pikir, ini bekas stasiun kereta saja thok, tidak lebih dari itu. ternyata, kisah masa lalunya sangat gelap dan dashyat yach. pantesan aja Lawang Sewu ini 'berisi'. hiyyy.

    anyway, genangan air 30 cm itu cukup dalam juga yach? pasti suasananya langsung nggak enak dech kalau masuk ke ruang bawah tanah itu? omong-omong, temanmu Frandy baik-baik saja? Koq bisa sich sampai terjatuh, tersandung berkali-kali? apa jangan-jangan dia diganggu kali yach? hiyyyyy....

    selain rombongan Tri dan kawan-kawan, adakah tur lain yang berjalan paralel dengan tim kalian?

    BalasHapus
  2. jam 9 masih sore banget mas lomar. hehehe..
    untuk sekarang lawang sewu masih dalam tahap renovasi jadi tertutup rapat seperti itu, tapi tur tetep ada, tinggal bilang saja sama pemandu2 yang ada di depan gerbang itu.

    untuk tur malam sekarang hanya sampai jam 12 malam saja, padahal dulu sampe jam 3 pagi pun oke.. kalo takut tur malam, tur siang juga bisa kok, lawang sewu tetep buka..

    ya begitulah lawang sewu, sebagai kantor PT KAI kan baru setelah kemerdekaan, dulunya dibangun sebagai kantornya kumpeni plus sebagai penjara juga.

    ya kalo masuk ke ruang bawah tanah dengan genangan air setinggi 30cm itu pastinya sumpek, gerah, udaranya nggak enak sama sekali, plus merinding.. hehehe..

    kalo malam gitu banyak juga kok mas yang tur, tapi biasanya jaraknya agak berjauhan antar rombongan. ya kalau kesana santai aja yang penting tetep fokus dan konsentrasi, karena menurut para pemandu nggak jarang pengunjung anak2 muda yang pikirannya kosong lalu kerasukan dan cukup merepotkan pemandu. hehe..

    kalau si frandi sih nggak apa2, saya juga nggak tau kenapa bisa jatuh dari tangga dan berkali2 kesandung. tapi ambil himahnya aja, mungkin nggak hati2. xixixixiixixi..

    BalasHapus
  3. wah, sayang yach saya nggak nekad waktu itu. saya nggak tahu juga sich ada tur plus pemandu yang bisa menemani. Tahu gt saya nekad saja masuk yach. Hehehe. *eh, nggak jadi dech, malamnya itu saya tidur sendirian di Hotel Raden Patah yang mati lampu, ntaran aja kalau ada temennya lagi...hehehe*

    tur siang sich emang nggak bikin takut yach tapi mungkin rasanya agak beda kali yah sama tur malam? hehe...*tetep nekad* hahaha. kalau misalnya kepaksa banged, mungkin saya nebeng sama rombongan siapa aja deh yang mau tur disana. *hahaha..pede, kayak ada yang mau ditebengi aja...wakakak*

    cerita moralnya : yah, dimanapun kita berada memang sebaiknya sich nggak kosong dan nggak berbuat aneh2 daripada dikerjai? ya tak? :D

    BalasHapus
  4. walah...udah masuk blogmu thoo lee...wkwkwk..

    apik kii...lanjutkan..kali ini lampung yuuk...ntar tak tmenin wis..hhahahaha

    BalasHapus
  5. lha hayukkk.. pulang ke lampung kita... hahahha

    BalasHapus
  6. wah,aku tertarik banget pergi ke lawang sewu(di siang hari)kalo malam hmm ogah ah..
    jadi kangen semarang dan jogja deh, kalo ngomongin jawa tengah..

    BalasHapus
  7. kalo siang malah nggak seru mbak nana, karena nggak ada tantangan. hehe..

    emang mbak nana sekarang posisi dimana? main-main lho ke jogja & jateng..

    BalasHapus
  8. Ah sebenarnya sih yg buat ngeri tuh gedung ini dah lama kosong dan tidak dipakai, dan apa lagi orang2 indonesia yang kadang masa kecil terlalu banyak ditakutin oleh orang tua mereka kalo mereka mau. Jadi ini semua masalah phsyco. Trus hal hal yang sebenarnya tak ada jadinya di ada ada kan. Saya pernah malam2 ke Gedung Kolonial yang cantik ini. Coba kalo bener2 difungsikan kembali seperti hal-nya Chijmes (bekas seminari dan kepastoran) dan Raffles Hotel Singapore yang dulu pernah terbengkalai lama juga, saya rasa Semarang pun tak akan kalah dengan Singapura masalah pesona kota. Dan Semarang (pemerintah utamanya dan masyarakatnya) perlu bangkit dan bangun dan tak bermimpi dan berandai2 lagi.

    BalasHapus
  9. Ah sebenarnya sih yg buat ngeri tuh gedung ini dah lama kosong dan tidak dipakai, dan apa lagi orang2 indonesia yang kadang masa kecil terlalu banyak ditakutin oleh orang tua mereka kalo mereka mau pergi kemana yang dikit jauh dan gelap. Jadi ini semua masalah phsyco. Trus hal hal yang sebenarnya tak ada jadinya di ada ada kan. Saya pernah malam2 ke Gedung Kolonial yang cantik ini dan tak terjadi apa apa, yang buat ngeri buat beberapa orang karena sepi dan terbengkalai dan lampu tak ada.
    Coba kalo bener2 difungsikan kembali seperti hal-nya Chijmes (bekas seminari dan kepastoran) dan Raffles Hotel Singapore yang dulu pernah terbengkalai lama juga, saya rasa Semarang pun tak akan kalah dengan Singapura masalah pesona kota. Dan Semarang (pemerintah utamanya dan masyarakatnya) perlu bangkit dan bangun dan tak bermimpi dan berandai2 lagi.

    BalasHapus
  10. ya bener bangett.. saya juga setuju kalau gedung ini digunakan sebagai gedung perkantoran atau sejenisnya agar bisa lebih bermanfaat. lagipula gedungnya juga cukup luas kok. untuk sekarang sih gedung ini paling hanya digunakan untuk pameran saja pada saat-saat tertentu..

    BalasHapus
  11. Mas, Boleh Di copas(copy paste) gak tulisanya ?

    BalasHapus
  12. silahkan mas, asal dicantumkan sumbernya yah.. oh ya, saya nanti dikasih link postingannya disini ya..

    terimakasih..

    BalasHapus
  13. mas, salam kenal ya. jd pengen ke semarang deh. kebetulan kmrin blm nyampe semarang, baru ke jogja ama solo aja. btw mas, muter2 lawang sewu kira2 butuh wktu berapa jam mas?

    BalasHapus
  14. ya kurang lebih 1 jam lah.. kalo sekaligus ke ruang bawah tanah bisa 2 jam..

    BalasHapus
  15. mas,,emang jam buka lawang sewu utk hari biasa jam brp aj yaa??
    tmn saya jauh2 dr sby kmrn ksana hr senin jam 9 ga ad tur,,ud tutup,,katax cm smp sore aj,,
    oiyaa,,blh mnta no pemandu yg biasa memandu mas n rombongan??
    brp ya bayar guidenya??
    thx..

    BalasHapus
  16. lawang sewu sih buka tiap hari, kalo nggak salah dari pagi.. cuma katanya sekarang sih lagi ada perbaikan jadi kalo malem nggak ada tur. mungkin nanti kalo perbaikannya udah selesai bakal ada tur lagi di malam harinya.. temen saya kemaren juga kesana tapi udah tutup.

    untuk bayar guidenya sih biasanya kami kasih 20.000, orangnya juga cuma bilangnya seikhlasnya..

    BalasHapus
  17. wah ternyata di semarang masih banyak tempat yang mistis to,sayang dahulu pas ke sana ga sempat mampir

    BalasHapus
  18. nggak tau sih kalo banyak, yang saya tau ya cuma ini yang bisa untuk umum.. :D

    BalasHapus
  19. bintik2 itu disebut Orb

    BalasHapus
  20. Aku kemarin baru pulang dari Semarang, dan kita sempet mampir ke lawang sewu sore-sore. Kita ga tau kalo ada tur malemnya dan saat kita dateng gedung utama di depan yang ada ruangan pembantaiannya sedang direnovasi. Jadi kita hanya pergi ke gedung belakang yang merupakan tempat tinggal para pegawai kereta jaman Belanda dulu. Di bawah gedung inilah terdapat ruang bawah tanah yang sebenarnya ruang pendingin, hanya saja waktu jaman Jepang dipakai untuk penjara dan tempat untuk pemenggalan kepala. Kami bisa masuk ke bawah dengan menggunakan sepatu bot karena tempatnya masih becek dengan genangan air. Tapi setiap orang kembali harus membayar 10 ribu sebelum boleh masuk ke bawah. Ada 2 senter yg dipinjamkan - 1 dibawa oleh pemandu, 1 lagi oleh org yg berdiri di paling belakang. Lampu di dalam pun bisa di atur - ingin terang atau remang2. Walaupun saat kami pergi adalah sore hari, tapi tetap saja terasa seram, apalagi saat memasuki ruang bawah tanah. Di sana jg pemandu kami mengatakan bahwa ada 'sesuatu' yg lewat saat kami di dalam. Untung tidak ada yg kerasukan. Lawang Sewu merupakan salah satu tempat yg memberikan kesan tersendiri selama perjalanan kami...

    BalasHapus
  21. jaman saya masuk dulu sih waktu ke ruang bawah tanahnya bayar 5.000 per orang. sekarang udah naik yah.. nah kalo dulu sih memang ada tur malem, tapi nggak tau sekarang. semenjak direnovasi katanya sih nggak ada tur malem.

    BalasHapus
  22. ms, br 2 hr kmrn sya k lawang sewu, krn ada tgs k semrang, akirny ksana jg. tp ditutup sama seng, akirny qt mkir g dbuka pas mlem hr, cm kta pak sopir taxi, di lwang sewu ada gua yg nyambung k jogja ya??apa bener?

    BalasHapus
  23. ya sejak direnovasi memang ditutup seng pak. cuma waktu saya dateng walaupun ditutup dengan seng pengunjung bisa masuk. nah kalo masalah goa saya nggak tau, sepertinya sih nggak ada. cuma ruang bawah tanah itu terhubung dengan sungai. katanya dulu kalau tahanan yang sudah mati dibuang ke sungai melalui lubang yang ada di ruang bawah tanah.

    BalasHapus
  24. wah ... saya yang tinggal di Semarang aja belum pernah ke Lawang Sewu :D
    Dulu saya sama temen2 sengaja tes langsung di Semarang buat ke Lawang Sewu, apa niatnya jelek gitu ya Lawang Sewunya tutup ==a hhahha jadi curcol.

    BalasHapus
  25. hmm... sayang banget kalo tinggal di semarang belum pernah ke lawang sewu. orang-orang dari luar kota kalo ke semarang pasti tujuan yang nggak boleh dilewatkan ya lawang sewu ini

    BalasHapus
  26. akhir tahun lalu ke Semarang, salah satu tujuan utamanya ya ke sini, sayangnya masih renovasi dan ditutupin seng
    mudah2an ada kesempatan lagi ke sana

    BalasHapus
  27. mengapa sampai sekarang masih mistis

    BalasHapus
  28. ternyata ada yang penuh mistis seperti ini juga ya

    BalasHapus
  29. sudah lama saya nggak kunjungan kemari

    BalasHapus
  30. akhir tahun lalu ke Semarang, salah satu tujuan utamanya ya ke sini, sayangnya masih renovasi dan ditutupin seng
    mudah2an ada kesempatan lagi ke sana

    BalasHapus
  31. wah ... saya yang tinggal di Semarang aja belum pernah ke Lawang Sewu :D
    Dulu saya sama temen2 sengaja tes langsung di Semarang buat ke Lawang Sewu, apa niatnya jelek gitu ya Lawang Sewunya tutup ==a hhahha jadi curcol.

    BalasHapus
  32. wah ternyata di semarang masih banyak tempat yang mistis to,sayang dahulu pas ke sana ga sempat mampir

    BalasHapus
  33. jam 9 masih sore banget mas lomar. hehehe..
    untuk sekarang lawang sewu masih dalam tahap renovasi jadi tertutup rapat seperti itu, tapi tur tetep ada, tinggal bilang saja sama pemandu2 yang ada di depan gerbang itu.

    untuk tur malam sekarang hanya sampai jam 12 malam saja, padahal dulu sampe jam 3 pagi pun oke.. kalo takut tur malam, tur siang juga bisa kok, lawang sewu tetep buka..

    ya begitulah lawang sewu, sebagai kantor PT KAI kan baru setelah kemerdekaan, dulunya dibangun sebagai kantornya kumpeni plus sebagai penjara juga.

    ya kalo masuk ke ruang bawah tanah dengan genangan air setinggi 30cm itu pastinya sumpek, gerah, udaranya nggak enak sama sekali, plus merinding.. hehehe..

    kalo malam gitu banyak juga kok mas yang tur, tapi biasanya jaraknya agak berjauhan antar rombongan. ya kalau kesana santai aja yang penting tetep fokus dan konsentrasi, karena menurut para pemandu nggak jarang pengunjung anak2 muda yang pikirannya kosong lalu kerasukan dan cukup merepotkan pemandu. hehe..

    kalau si frandi sih nggak apa2, saya juga nggak tau kenapa bisa jatuh dari tangga dan berkali2 kesandung. tapi ambil himahnya aja, mungkin nggak hati2. xixixixiixixi..

    BalasHapus
  34. Huaaaaaaaaaaaaaaaaa

    sayang banget! waktu itu saya sempat kesana sekitar pukul 9 malam. Saya nggak tahu kalau ada tur malam Lawang Sewu. hiks hiks. waktu itu emang bagian depan Lawang Sewu ditutup bedeng sich. apa mungkin lagi nggak ada tur malam yach?

    Memangnya tur di Lawang Sewu hanya berlangsung pada malam hari saja atau bagaimana? Hmm...dari ceritanya Tri, kayaknya sih saya bisa jiper juga sich kalau sampai masuk ke Lawang Sewu. Apalagi pakai ada adegan diganggu makhluk halus. hiyyyyy. Menariknya, makhluk halus itu bisa mengganggu kinerja peralatan mekanis kayak kamera yach? mungkin gelombang elektrostatisnya saling bertabrakan kali yach? brrr.... bintik-bintik seperti percikan air itu sebenernya pernah dijelaskan di acara science di televisi, katanya memang ada partikel debu atau gelombang energi tertentu yang ada di wilayah tersebut. itu penjelasan secara fisikanya yach. kalau secara metafisik, ya sudah pasti tempat itu 'dihuni'....hiiyyyyyy

    ternyata, dari ceritanya Tri, saya baru tahu kalau sejarah Lawang Sewu ternyata sekelam itu. banyak adegan penjara, pemenggalan dan pembunuhan, plus pembantaian. saya pikir, ini bekas stasiun kereta saja thok, tidak lebih dari itu. ternyata, kisah masa lalunya sangat gelap dan dashyat yach. pantesan aja Lawang Sewu ini 'berisi'. hiyyy.

    anyway, genangan air 30 cm itu cukup dalam juga yach? pasti suasananya langsung nggak enak dech kalau masuk ke ruang bawah tanah itu? omong-omong, temanmu Frandy baik-baik saja? Koq bisa sich sampai terjatuh, tersandung berkali-kali? apa jangan-jangan dia diganggu kali yach? hiyyyyy....

    selain rombongan Tri dan kawan-kawan, adakah tur lain yang berjalan paralel dengan tim kalian?

    BalasHapus
  35. Putri Baiti Hamzah07 Juni, 2011 08:07

    Waktu ke lawang sewu,kesana ber4,cuma aku sendiri yang cewek. Kesananya jam 11an malem...Iseng juga sih nyoba-nyoba,eh nggak taunya dibolehin masuk,padahal lagi perbaikan gedung juga di Lawang Sewu (kesananya pas taon 2009).

    Nah,di lantai paling atas,kita ditunjukkin aksi seru sang Guide yang menyalakn senter di sebuah lorong,terus matiin tu senter dan tiba-tiba nampak bayangan semakin terlihat mendekat di lantai,kata temenku sih itu efek cahaya. Aku sih nggak liat-liat banget,habisnya,takut booo...

    Pas di ruang bawah tanah,gitu juga,lagi-lagi sang guide beraksi,kita begaya ala acara tv yang nampilin episod bertahan di ruang bawah tanah tanpa cahaya selama beberapa menit,walhasil, 7 menit cuma bertahan,akunya udah kek ikan koi-mangap takut. Seru....Soalnya aku tutup mata,huwahahahha,padahal si guide cerita tuh,eh liat nggak itu tadi yang jalan kepalanya potong sambil bawa senapan,itu tuh meneer belanda. Ntahlah*seru banget tapinya...

    Habis ntu, nongkrong deh di tugu muda sampe jam 1,hehehehheh

    BalasHapus
  36. lha kalo merem sama aja bo'ong dong.. hahaha.. ya bagaimanapun ke lawang sewu malam hari itu seru banget.. tapi next time kalo saya kesana siang aja, pengen dapet foto yang bagus.. kalo malam hasil fotonya amburadull.. :D

    BalasHapus
  37. Jembatan itu memang ada spiritnya. Sama di kamar mandi. :P
    Anyway, salam kenal. Saya suka blognya seru sekali. :)

    BalasHapus
  38. belum nyoba ke kamar mandinya... nggak tau deh punya nyali atau nggak untuk sekedar kencing di kamar mandinya.. hahaha :p

    salam kenal juga chekka..

    BalasHapus
  39. selamattt.. anda termasuk orang yang beruntung bisa masuk ke ruang bawah tanah.. berarti sekarang udah selesai ya renovasi di lawang sewu?

    BalasHapus
  40. mmmmm mksih atas sarannya, sngat berguna skli bagi saya yg pengen ke semarang, rencannya ga pengen mmpir ke lawang sewu, tpi setelah baca artikel anda saya jdi sangat penasaran..

    BalasHapus
  41. rugi mas kalo ke semarang nggak mampir lawang sewu.. :D

    BalasHapus
  42. lawang sewu,,menarik......

    BalasHapus
  43. Mas, itu photo yg lagi duduk dikereta.. disamping masnya ada orbs besar.. naga2nya ada yg lagi duduk disamping mas tuh.. :))   

    BalasHapus
  44. ah bukaan.. itu sih paling cuma pantulan sinar flash yang ketangkep kamera :))

    BalasHapus
  45. Mas, di foto waktu bareng (yang burem) ada kayak cahaya putih-putih...
    Kalau saya boleh tahu, itu apa ya?
    Saya merinding ngelihatin...

    BalasHapus
  46. daaaannn.. setelah diperhatiin saya baru sadar kalau kaki saya nggak ada sebelah.. liat foto burem yang kedua.. ndak tau itu apaan.. :(

    BalasHapus
  47. Ijin share mas.....

    BalasHapus
  48. tangan sama kaki yang ketutupan itu serem banget fotonya...

    udah gitu foto lorongnya banyak "bubble" sama ada bayangan di ujung lorongnya...

    BalasHapus
  49. Liputannya asyik. Detail banget, Mas Wijanarko.
    www.portalsemarang.com

    BalasHapus
  50. keren detailnya

    BalasHapus
  51. Udah lama banget pengen ke sini, pengen ngerasain se serem apa si lawang sewu ini. kalo dari fotonya sih, spooky banget gt hehe

    BalasHapus
  52. foto terakhir keren bgt

    BalasHapus
  53. silahkan mampir semarang mas bro :D

    BalasHapus
  54. padahal menurut saya ancur fotonya karena pake kamera abal2.. hihihi

    BalasHapus
  55.  Ada video jalan2 di dalemnya nggak mas Wijanarko? Penasaran sama isinya deh.
    http://www.eveshopashop.com

    BalasHapus
  56. wkawkakwa kocak banget itu kaga ada kakinya. hahahah

    BalasHapus
  57. Mas masih punya nomor hp pak totok gak ? Kalu ada aku minta. .

    BalasHapus
  58. Boleh minta contact person guide nya . . Balas ke email ku ya ndoryannie@yahoo.com

    BalasHapus
  59. lawang sewu..emang angker

    BalasHapus
  60. Interesting blog! Is your theme custom made or did you download it
    from somewhere? A theme like yours with a few simple adjustements would
    really make my blog stand out. Please let me know where you got your design.
    Thanks a lot

    My weblog :: Social bookmarking Service

    BalasHapus
  61. I do not know whether it's just me or if perhaps everyone else encountering problems with your blog. It appears like some of the text on your content are running off the screen. Can someone else please provide feedback and let me know if this is happening to them too? This might be a problem with my internet browser because I've had this happen
    before. Appreciate it

    Feel free to visit my page; world of tanks hack

    BalasHapus
  62. Thanks for finally writing about > "Lawang Sewu Yang Penuh Mistis" < Loved it!

    Feel free to surf to my page - tattoo removal cream reviews

    BalasHapus
  63. Ridiculous quest there. What happened after? Thanks!


    Here is my weblog :: tigari electronice pitesti

    BalasHapus
  64. It's in reality a great and useful piece of info. I'm
    happy that you just shared this useful info with us.

    Please keep us informed like this. Thanks for sharing.


    my blog :: Coconut Oil For Hair

    BalasHapus
  65. A motivating discussion is definitely worth comment. I do think that you should publish more about this
    topic, it might not be a taboo matter but typically people do not
    speak about these topics. To the next! All the best!!

    Here is my weblog - Unknown

    BalasHapus
  66. For newest information you have to visit web and on web I found
    this site as a best site for most recent updates.


    My web page - Unknown

    BalasHapus
  67. This site was... how do I say it? Relevant!
    ! Finally I've found something which helped me. Kudos!

    Also visit my web blog :: Unknown

    BalasHapus
  68. It's a pity you don't have a donate button! I'd without a doubt donate to this fantastic blog! I suppose for now i'll settle for book-marking
    and adding your RSS feed to my Google account. I look forward to fresh updates
    and will share this blog with my Facebook group. Chat soon!


    Also visit my web site: Diaper Rash Remedies

    BalasHapus
  69. Definitely believe that which you said. Your favorite reason appeared to be on
    the internet the simplest thing to be aware of.
    I say to you, I definitely get annoyed while people consider worries that they plainly don't know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

    my web-site; http://Zaracovert.Livejournal.com

    BalasHapus
  70. Do you have a spam problem on this blog; I
    also am a blogger, and I was wondering your situation; we have created some nice practices and we are looking to exchange solutions with others, please shoot me an
    e-mail if interested.

    Here is my web site Unknown

    BalasHapus
  71. Hello there, I do believe your website could possibly be having internet browser compatibility problems.
    When I look at your site in Safari, it looks fine however, when opening in IE,
    it has some overlapping issues. I merely wanted to give you a quick heads up!
    Apart from that, wonderful blog!

    Also visit my website Mon Jervois

    BalasHapus
  72. I have read so many posts on the topic of the
    blogger lovers however this piece of writing is really a pleasant
    article, keep it up.

    Feel free to surf to my site ... Stretch Marks

    BalasHapus
  73. These are actually enormous ideas in concerning blogging.
    You have touched some good factors here. Any way keep up wrinting.


    Have a look at my blog - Dragonvale Cheats

    BalasHapus
  74. Hello, i think that i noticed you visited my website so
    i got here to return the choose?.I'm attempting to in finding things to enhance my website!I assume its good enough to make use of a few of your ideas!!

    my page: Psn Code Generator

    BalasHapus
  75. Hey would you mind stating which blog platform you're using? I'm going
    to start my own blog in the near future but I'm having a tough time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I'm looking for something completely
    unique. P.S My apologies for
    getting off-topic but I had to ask!

    Feel free to visit my page - Generateur De Code Psn

    BalasHapus
  76. Whats up this is kind of of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or if you have
    to manually code with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding expertise so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

    Also visit my weblog ... Microsoft Office Gratuit

    BalasHapus
  77. At this time it seems like Wordpress is the top blogging platform available
    right now. (from what I've read) Is that what you are using on your blog?

    Feel free to surf to my webpage permanent hair straightening

    BalasHapus
  78. I've been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts in this kind of area . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this website. Studying this info So i'm satisfied to exhibit that I've a very just right uncanny feeling I discovered just what I needed. I so much definitely will make sure to do not disregard this web site and provides it a glance regularly.

    Look at my web site: PS3 Jailbreak 4.41

    BalasHapus
  79. Aw, this was an incredibly nice post. Taking the time and actual effort to create a very
    good article… but what can I say… I hesitate a whole lot and never seem to get nearly anything
    done.

    Here is my homepage Eco Sanctuary

    BalasHapus
  80. Great article! That is the type of information that are supposed
    to be shared across the internet. Disgrace on the search engines
    for not positioning this post upper! Come on over and visit my
    website . Thank you =)

    Here is my homepage ... Unknown

    BalasHapus
  81. I need to to thank you for this fantastic read!! I absolutely loved every bit of it.
    I have you bookmarked to look at new stuff you post…

    Feel free to visit my blog post - www.dailymotion.com

    BalasHapus
  82. I think this is among the such a lot important information
    for me. And i'm satisfied studying your article. But want to statement on few common issues, The web site taste is perfect, the articles is in point of fact great : D. Excellent task, cheers

    Feel free to visit my web site :: Dragon City Cheat Engine

    BalasHapus
  83. Greetings! Very helpful advice within this post! It's the little changes that produce the greatest changes. Thanks for sharing!

    Check out my web-site: Psn Code Generator

    BalasHapus
  84. Hello there, I found your website via Google while searching for a related topic, your web site came up, it seems to be good.
    I've bookmarked it in my google bookmarks.
    Hello there, just become aware of your blog through Google, and found that it's truly informative.
    I'm going to be careful for brussels. I will be grateful in the event you continue this in future. A lot of folks will be benefited from your writing. Cheers!

    Also visit my site ... pirater un compte facebook

    BalasHapus
  85. Does your blog have a contact page? I'm having problems locating it but, I'd like to shoot you an
    e-mail. I've got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it improve over time.

    Stop by my web blog ... world of Tanks hack

    BalasHapus
  86. Hi there, for all time i used to check webpage posts here
    in the early hours in the break of day, as i enjoy to gain knowledge of more and more.



    my web page :: download 7zip

    BalasHapus
  87. Hi there! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.
    Is it hard to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking
    about creating my own but I'm not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions? Cheers

    Here is my blog :: Code Psn Gratuit ()

    BalasHapus
  88. Very good information. Lucky me I recently found your blog by chance (stumbleupon).
    I've saved as a favorite for later!

    Also visit my site ... Minecraft Gift Code Generator :: ::

    BalasHapus
  89. Keep this going please, great job!

    My website Minecraft Gift Code Generator (Www.Youtube.Com)

    BalasHapus
  90. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article.

    I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful info.
    Thanks for the post. I'll definitely return.

    Also visit my web page; Free Psn Codes

    BalasHapus
  91. Heya i am for the primary time here. I found
    this board and I find It truly helpful & it helped me
    out much. I'm hoping to offer something again and aid others such as you helped me.

    Here is my page - Codes Psn Gratuit :: Www.Youtube.com ::

    BalasHapus
  92. Please let me know if you're looking for a writer for your site. You have some really good articles and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely
    love to write some articles for your blog in exchange for
    a link back to mine. Please blast me an e-mail if interested.

    Many thanks!

    Feel free to visit my website; Minecraft Crack

    BalasHapus
  93. I'm gone to tell my little brother, that he should also pay a quick visit this
    blog on regular basis to take updated from most recent information.


    Also visit my web blog How To Get Rid Of Dark Circles

    BalasHapus
  94. ini sering ada di tv.....
    http://bandungtrends.com/restorasi-mobil-sedan-toyota-corolla-dx-retro-style

    BalasHapus