27 Juli 2010

Nasi Kucing & Kopi Joss Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Karena sudah berada di Stasiun Tugu dan perut sudah mulai lapar, jadi nggak ada salahnya mampir sebentar di Angkringan Lik Man yang dulu sempat menjadi langganan saya dan kakak saya. Ada yang udah tau dengan Angkringan Lik Man? Angkringan yang satu ini lokasinya berada di sebelah utara Stasiun Tugu. Kalau turun dari kereta tinggal keluar dari stasiun dan berjalan sebentar saja ke arah utara kita akan menemukan angkringan yang rame banget ini.

Meskipun di sepanjang jalan terdapat beberapa angkringan sejenis, tapi nggak tau kenapa yang paling terkenal adalah Angkringan Lik Man. Saya juga nggak tau semenjak kapan Angkringan Lik Man ini menjadi sangat ramai. Dulu sewaktu saya baru datang ke Jogja tahun 2004 angkringan ini nggak begitu ramai. Sepertinya sekarang nongkrong di angkringan udah mulai menjadi gaya hidup anak-anak muda di Jogja. Liat aja yang nongkrong di lesehan Angkringan Lik Man ini jarang terlihat orang-orang tua.

Angkringan Lik Man

Nggak cuma anak-anak muda Jogja aja sih yang nongkrong disini. Banyak orang yang berwisata ke Jogja menjadi penasaran dengan angkringan yang satu ini. Lucu-lucu juga sih, terkadang ada seorang teman yang bertanya kepada saya, "seperti apa sih nasi kucing itu?", "kopi joss itu apa?". Macem-macem deh pertanyaannya karena memang nggak semua daerah di Jawa terdapat angkringan, apalagi di luar Jawa. Untuk menuntaskan rasa penasaran teman-teman yang nggak tau "nasi kucing" dan "kopi joss", kali ini saya memesan makanan dan minuman tersebut.

Nasi kucing adalah sebuah nasi bungkus dengan porsi yang cukup kecil. Untuk lauknya macem-macem, ada yang berisi sambal saja, teri, telur dadar, oseng-oseng tempe, ataupun nasi goreng. Mungkin karena porsinya sedikit dan dengan lauk seadanya inilah makanan ini disebut dengan nasi kucing.

Nah karena porsinya yang kecil ini, biasanya kalo makan nasi kucing nggak cukup kalau hanya satu bungkus. Karena itu saya mengambil dua bungkus nasi kucing saja dengan ditemani tiga buah gorengan. Terkadang bisa abis tiga bungkus sih kalau lagi laper berat. Hehe..

Angkringan Lik Man

Saya mengambil nasi kucing isi telor dadar dan yang satu lagi isi sambal teri. Yang penasaran dengan isinya, berikut ini fotonya tapi cuma yang isi telor dadar aja. Yang isi sambal teri lupa nggak difoto karena udah keburu dimakan.

Angkringan Lik Man

Untuk minumannya yang paling terkenal disini adalah kopi joss. Sebenernya kopinya adalah kopi biasa, tapi yang unik adalah dalam gelas kopi tersebut dimasukkan bara arang yang masih membara sehingga menimbulkan bunyi joss karena itulah diberi nama kopi joss. Rasa kopinya memang nggak manis, malah cenderung pahit. Karena di dalam kopi dimasukkan arang jadi akan sedikit terasa pahit-pahit karbonnya. Karena saya bukan pecinta kopi jadi ya tetep pesen es jeruk. Hehe..

Selain makanan dan minuman yang saya sebutkan tersebut juga ada kok aneka gorengan, sate telor, sate usus, maupun sate brutu jika berminat. Untuk minuman apalagi, banyak pilihannya mulai dari minuman yang panas sampai minuman yang dingin.

Angkringan Lik Man

Nongkrong sore-sore di Angkringan Lik Man memang mengasyikkan, apalagi harganya juga murah. Untuk makanan saya itu 2 bungkus nasi kucing, 1 kopi joss, 1 es jeruk, dan 3 buah gorengan cuma habis 9.500 saja. Meskipun bukan yang termurah, karena harga tersebut sedikit di atas rata-rata angkringan di Jogja. Gimana? Tertarik untuk ke Angkringan Lik Man?


27 komentar:

  1. Whoaaa... Jadi laper...hihihi...aku udah dua kali kejogja tapi belum pernang nangkring di angkringan hihi...ntar kapan2 kalo ada duit kesana ah... :D

    BalasHapus
  2. waduh.. nggak ada salahnya mba nyobain angkringan.. lagian kalo di jogja itu angkringan tersebar dimana-mana. rasa dan harganya juga segitu-segitu aja :D

    BalasHapus
  3. Aku sih udah tahu yang namanya nasi kucing, tapi sini nggak ada jual sih, kalau kopi jos sih baru denger ini.
    Salam kenal dari blogger Riau..

    BalasHapus
  4. salam kenal juga bro.. kapan2 cobain deh kopi joss. hehe

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata itu to yang namanya nasi kucing. Kirain nasi yang ikannya, ikan kucing....hehehe..ngerriiii dunk. :-)

    BalasHapus
  6. hiiii...tu kopinya dikasih arang beneran?? mang nggak apa2? aku sich ogah :mrgreen:

    BalasHapus
  7. @ulfa: iya kayak gitu.. bukan ikannya yang pake kucing tapi porsinya yang kecil cocok untuk kucing.. hahaha..

    @tunsa: iya dikasih bara arang yang masih menyala, cobain dulu dong baru bilang ogah :D

    BalasHapus
  8. boleh juga tu docoba jika maen ke yogya..

    BalasHapus
  9. harus nyoba mbak, karena angkringan ada di segala penjuru jogja :D

    BalasHapus
  10. wah, kebetulan sy sdg menempuh study di jogja...
    kapan2 sy coba deh hehe....
    mksh infonya y...:D

    BalasHapus
  11. iya tuh...kopinya dimasukkin bara arang? *gleg* hmm...penasaran sich rasanya kayak apa, tapi bukannya pernah ada artikel yang bilang kalau arang bersifat karsinogenik yach? *gleg* hahahaha

    beberapa kali ke Yogyakarta (dan Solo) saya belum pernah nyobain angkringan (HEK) nich. hihihi...thanks infonya Lek Tri, kapan2 saya coba yach :D

    BalasHapus
  12. iya dimasukin bara arang.. sesekali nyoba nggak apa2 lah, asal jangan terlalu sering. hehe.. nggak tau deh efeknya apa kalo keseringan

    BalasHapus
  13. Huaaaaaaaaaaa saya pengeeeen banget nyobain kopi jos... :(

    BalasHapus
  14. langsung meluncur ke jogja aja mas asop :D

    BalasHapus
  15. udah gak keitung kalo ke angkringan tugu..
    jangan bilang ogah dulu kalo belum ngrasain..
    aku yang cewek aja demen banget sama kopi joss..secara penggila kopi sich.. hehee
    apalagi sate keongnya.. hmmmm...
    10tusuk juga kurang dah.. (doyan apa rakus ya)heheeee :D

    pokoknya jangan pernah ngaku ke jogja kalo belum ke angkringan tugu..

    -eva-

    BalasHapus
  16. hohoho.. bener banget mbak.. mungkin bagi yang belum pernah nyobain bakal merasa aneh lha wong kopi kok dikasih bara arang, tapi kalo udah pernah nyobain baru tau deh kenapa minuman ini jadi favorit pengunjung jogja..

    10 tusuk sate kerang masih kurang? kalo saya lebih suka sate telornya.... hehe..

    terimakasih mbak eva sudah mampir..

    BalasHapus
  17. iya.. sama-sama..
    sate telornya juga enak mas.. hehee..
    kopi joss aman kuq, asal jangan ditelen bulet-bulet aja tu arangnya, kalo mau dikunyah ci gapapa asal doyan.. heheheee ^^

    -eva-

    BalasHapus
  18. kalo dimakan arangnya sih itu namanya ngawur.. hahahha.. janganlah, dikunyah juga jangan.. itu cuma dijadikan pelengkap aja.. :D

    BalasHapus
  19. iya...siip banget tuh nasi kucing. di semarang jg ada nasi kucing 'pak gi', di pinggir kali dkt jln.gajah mada. bukanya jam 01 - 05 pagi. gorengannya jg masih panas. skrg di bekasi,depok,jakarta jg ada, tp kok rasanya beda dgn yg di smg/jogja ya..
    kl kopi joss, kabarnya arang tsb utk mengurangi kadar kafein namun aroma kopi lebih terasa. saya kl di rmh jg sering bikin kopi joss, soalnya emang nuuiikkmaatt bgt...
    mas tri mampir ke rmh saya ya kl pas traveling ke depok..

    BalasHapus
  20. terimakasih mas andi.. tapi saya belum ada rencana ke jakarta.. mungkin nanti sekalian mampir kalo pulang kampung.. hehehe

    BalasHapus
  21. iya...siip banget tuh nasi kucing. di semarang jg ada nasi kucing 'pak gi', di pinggir kali dkt jln.gajah mada. bukanya jam 01 - 05 pagi. gorengannya jg masih panas. skrg di bekasi,depok,jakarta jg ada, tp kok rasanya beda dgn yg di smg/jogja ya..
    kl kopi joss, kabarnya arang tsb utk mengurangi kadar kafein namun aroma kopi lebih terasa. saya kl di rmh jg sering bikin kopi joss, soalnya emang nuuiikkmaatt bgt...
    mas tri mampir ke rmh saya ya kl pas traveling ke depok..

    BalasHapus
  22. wah, kebetulan sy sdg menempuh study di jogja...
    kapan2 sy coba deh hehe....
    mksh infonya y...:D

    BalasHapus
  23. Wah, ternyata itu to yang namanya nasi kucing. Kirain nasi yang ikannya, ikan kucing....hehehe..ngerriiii dunk. :-)

    BalasHapus
  24. Whoaaa... Jadi laper...hihihi...aku udah dua kali kejogja tapi belum pernang nangkring di angkringan hihi...ntar kapan2 kalo ada duit kesana ah... :D

    BalasHapus
  25. Aku sih udah tahu yang namanya nasi kucing, tapi sini nggak ada jual sih, kalau kopi jos sih baru denger ini.
    Salam kenal dari blogger Riau..

    BalasHapus
  26. Angkringannasikucing7812 Januari, 2012 04:28

    wahh.. artikelnya josss bener…seperti kopi josss nya.. heheh.. manteb pakdhe… ditunggu artikel-artikel yg lain mengenai angkringan nasi kucing.


    bagi rekan-rekan yang ingin memiliki usaha angkringan nasi kucing, silahkan kunjungi website kami di http://www.AngkringanNasiKucing78.com atau Hub 085782660989 ( sms ), PIN BB : 21F3C098, Lokasi Bekasi timur.


    Terimakasih
    salam sukses & bahagia bersama

    BalasHapus