24 Juli 2010

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, kesan pertama menyebut nama tersebut adalah sulit dan ribet!! Ini adalah sebuah pagoda yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang, tepatnya berada di depan Kodam IV Diponegoro. Saya tahu dan tertarik ke tempat ini gara-gara membaca artikel di blog Mas Lomar Dasika. Terimakasih Mas Lomar atas racunnya sehingga saya bisa sampai disini. :D

Untuk ke Watugong kali ini saya hanya ditemani oleh 2 orang rekan saya Andi dan Frandy. Roby dan Tity tidak bisa ikut karena katanya ada acara di kampus. Kami kesana dengan menggunakan motor. Berangkat dari kost Frandy di daerah Tembalang (dekat kampus Undip atas) sekitar jam 10. Motor kami arahkan menuju jalan ke arah Jogja-Solo. Ternyata letak pagoda ini tidak terlalu jauh dari kost Frandy, hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit saja kami sudah sampai.

Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara ini ternyata baru dibangun pada tahun 2005 dan selesai hanya dalam waktu sepuluh bulan saja, jadi bangunan ini tergolong masih baru. Bangunan Pagoda Avalokitesvara memiliki tujuh tingkat. Mulai tingkat kedua sampai keenam terdapat patung Dewi Kwan Im dengan empat buah patung pada masing-masing tingkatan yang mengarah menuju empat penjuru mata angin. Sedangkan pada tingkat pertama terdapat sebuah patung Dewi Kwan Im dengan ukuran yang cukup besar. Di sekeliling tingkat pertama ini juga terdapat beberapa patung Dewi Kwan Im ataupun patung Buddha. Mungkin karena hal ini Pagoda Avalokitesvara disebut juga Pagoda Dewi Kwan Im.

Oh ya, di sebelah Pagoda Avalokitesvara terdapat sebuah bangunan yaitu Vihara Buddhagaya. Sewaktu saya kesana tempat ini masih dipakai anak-anak SD yang kemungkinan sedang study tour. Pemandu yang ada disini juga sedang memandu anak-anak SD tersebut, saya cuma sempat berjabat tangan dan berkenalan saja sehingga saya tidak tahu lebih banyak tentang vihara ini.

Pagoda Avalokitesvara

8 komentar:

  1. Hmm...Undip itu sudah di daerah Gunung Pati yah kalo gak salah? pokoknya daerahnya bergunung-gunung gitu dech. hehehe. Jadinya, sampai di Watugong ini deket yah. Kalau dari Semarang Tengah, ditambah naik bus, woooghh...luamua buener nyampenya...hahaha...apalagi busnya ngetem-ngetem dulu. hehehe...

    wah, senangnya racun saya berhasil XD

    BalasHapus
  2. bukan mas lomar, yang di gunung pati itu Unnes kalo kesana jalannya naik lumayan tajem. kalo Undip atas ini masih masuk banyumanik kalo nggak salah..

    BalasHapus
  3. Wah bagus dan keren nih mas. Saya juga pernah kesana. Cuma nggak boleh foto foto sampai dalam ya .. :D

    BalasHapus
  4. iya benar.. nggak boleh foto di dalem pagoda untuk menghormati tempat ibadah umat buddha ini..

    BalasHapus
  5. Well, sekedar info untuk mas-mas yang komen duluan :) Undip atas terletak di Tembalang :D

    Keren, saya kira gg boleh masuk :O

    BalasHapus
  6. eh ya bener, tembalang.. makasih infonya mbak tiara. wah belum pernah kesini?

    BalasHapus
  7. pernah lewat ajaa dan karena lewat jadinya tau hhehhe.

    BalasHapus
  8. Wah bagus dan keren nih mas. Saya juga pernah kesana. Cuma nggak boleh foto foto sampai dalam ya .. :D

    BalasHapus