30 Juli 2010

Rujak Es Krim Pura Pakualaman

Rujak Es Krim Pura Pakualaman

Perut saya rasanya masih belum puas menyantap soto daging di depan Terminal Lama tadi. Saya segera menuju ke kompleks alun-alun Pura Pakualaman. Cukup banyak pedagang yang mangkal di alun-alun Pura Pakualaman, bervariasi pula macam makanan yang dijual oleh para pedagang. Rupanya setelah cukup lama tidak datang kesini, alun-alun Pura Pakualaman terlihat lebih rapi karena semua pedagang kaki lima dijadikan satu di sisi sebelah timur alun-alun tepat berada di bawah pohon beringin besar.

Makanan favorit saya kalau datang kesini adalah Rujak Es Krim. Ada yang udah pernah nyobain Rujak Es Krim? Sebenernya makanannya cukup sederhana. Rujaknya terbuat dari buah-buahan segar seperti timun, kedondong, pepaya, nanas, bengkoang, dan mangga muda yang diparut lalu diberi bumbu rujak. Nah untuk penyajiannya ini yang cukup menarik, parutan buah-buahan yang sudah diberi bumbu rujak tadi disajikan dengan es krim.

Rujak Es Krim Pura Pakualaman

Rasanya gado-gado, ada manis dari es krim, beberapa buah yang asam, dan juga sedikit pedas dari bumbu rujak. Overall rasanya cukup enak apalagi dinikmati di siang hari yang panas. Suasana alun-alun Pura Pakualaman juga sangat mendukung, disana sangat rindang karena terdapat beberapa pohon beringin besar sehingga bertiup angin yang sepoi-sepoi. Harga Rujak Es Krim juga sangat terjangkau, hanya 3.500 saja per mangkok. Murah kan?



13 komentar:

  1. hehehe...bentuknya sekilas mirip nasi Liwet trus es krim (atau es puter?) nya mirip dengan kerupuk putih :D

    kenyangkah makan ini?

    BalasHapus
  2. sebenernya sih es puter.. nggak ngenyangin sih cuma buat manjain lidah aja :D

    BalasHapus
  3. waaau....rasanya gimana ya?
    tu putih2nya diatas tuh krupuk apa es krim? hehe...

    BalasHapus
  4. hyahahaha...ada dua orang loch yang bilang itu kerupuk...:p

    BalasHapus
  5. wakakkakaka.. kalo diperhatiin emang lebih mirip kerupuk sih daripada es krim :D

    BalasHapus
  6. iya itu kayak kerupuk palembang es krimnya :D
    gimana rasanya ? maksud saya enak kah campur es krim ?

    BalasHapus
  7. rasanya enak kok. ada manis, asem, sama pedesnya.. cobain aja :D

    BalasHapus
  8. belinya dimana ya kalau di jakarta

    BalasHapus
  9. rujak es cream pak nardi yg pertama d puro pakualaman,,,,,,,,,bukan d alun2nya,,,,,Tapi d sebelah barat puro pakualaman,,,,,,jl harjowinatan,,,,,,,,blom pernah nyobain ya,,,,,,,,,,,,,,,segera datang,,,,,,,,awas,,,,,,,,ketagihan,,,,,,,,mak nyuss pokok eeeeeee,,,,,,,,kata pak bondan

    BalasHapus
  10. eh jadi yang pelopornya itu bukan di alun2 ya.. aku malah nggak tau.. kapan2 tak coba deh kalo pas ke jogja..

    BalasHapus