21 Juli 2010

Stasiun Pasar Turi Surabaya

Stasiun Pasar Turi

Di Surabaya terdapat beberapa stasiun kereta api, salah satunya adalah Stasiun Pasar Turi. Stasiun ini adalah salah satu stasiun besar di Surabaya yang menghubungkan kota-kota yang berada di utara Pulau Jawa seperti Surabaya-Bojonegoro-Cepu-Semarang-Jakarta. Stasiun Pasar Turi melayani penumpang kereta baik untuk kelas ekonomi maupun kelas bisnis-eksekutif.

Saya kurang tau kenapa stasiun ini diberi nama Stasiun Pasar Turi. Tapi konon katanya dahulu banyak pohon turi di sekitar stasiun ini, kalau sekarang nggak tau deh karena saya sendiri nggak tau pohon turi itu seperti apa.

Karena saya akan pergi ke Semarang dengan menggunakan kereta api, otomatis saya harus melalui stasiun yang terlihat cukup tua yang berbentuk joglo ini. Di depan stasiun terdapat pajangan berupa lokomotif tapi saya kurang tau apakah lokomotif ini asli atau nggak karena bentuknya yang lumayan kecil tapi unik.

Stasiun Pasar Turi

Ruang tunggu di dalam Stasiun Pasar Turi cukup luas meskipun nggak seluas Stasiun Gubeng. Jika tidak mau berpanas-panasan menunggu di luar, di stasiun ini juga terdapat executive lounge. Tapi saya kali ini lebih tertarik untuk menunggu di luar sambil melihat kereta yang lalu lalang di stasiun. Hanya saja yang menjadikan pemandangan sangat tidak enak adalah sampah berserakan dimana-mana, terutama di sekitar rel kereta. Sepertinya membuat sampah pada "tempatnya" sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan di negara kita ini.

Stasiun Pasar Turi


12 komentar:

  1. Terakhir kali saya ke Pasar Turi adalah tahun 2003. Saya masih ingat, 6 Januari 2003. Hehehe. Niatnya pulang dari Pasar Turi ke Jakarta naik Sembrani. Fotonya saja waktu itu belum digital, tapi masih pakai film. Untuk perjalanan kala itu, saya membawa 4 roll film. Hahahaha...repot.

    Tampilan fisiknya sudah jauh berubah yach. Saya ingat, dulu di halaman Pasar Turi banyak pohon dan tukang becak. di kanan kiri Pasar Turi banyak bangunan tua yang udah agak lapuk dan lumutan. Hehehe...masihkah sampai sekarang?

    Waktu kali kedatangan saya ke Surabaya 2009 dan 2010, saya nggak ke Pasar Turi sama sekali, hanya Gubeng saja :)

    anyway, peronnya terlihat cukup bersih koq :)

    BalasHapus
  2. saya juga baru kali ini ke stasiun pasar turi, tadinya bingung nyari stasiun ini dimana. hehehe..

    sekarang pohonnya tinggal pohon kecil2 yang nggak terlalu banyak, becak juga udah nggak ada di halaman, mungkin di depan stasiun masih ada tapi juga udah nggak banyak. sedangkan bangunan2 tuanya masih ada beberapa saja.

    iya peronnya cukup bersih, tapi kalo kita jalan dari peron menuju kereta, biyuh sampahnya banyak tuh dibuangin di area rel kereta..

    BalasHapus
  3. waaah, stasiun kesayanganku nongol...

    BalasHapus
  4. sayangnya jauh mas kalo dari tempatku, naik angkot dua kali.. :(

    BalasHapus
  5. nah ini favoritku mas try, cerita soal traveling. apalgi kalo ada gambar2 nya.nce info gan....:)

    BalasHapus
  6. thanks juga gan sudah mampir. hehehe

    BalasHapus
  7. Tiket semakin mahal..tp fasilitas tetep.g ada peningkatan.ironisnya lgi..sering tjd kecelakàan krta d berbagai tmpat..apa yg akan d lakukan dgn PT.KAI selanjutnya? berubah lebih profe dong PT KAI!!

    BalasHapus
  8. memang kondisi perkereta apian di indonesia sangat menyedihkan.. semoga PT KAI menjadi lebih baik baik dari sisi safety maupun pelayanan..

    BalasHapus
  9. Yups!!! Bener mas tri..perlu adanya renovasi internal kyknya nih...mgkin bs jd slh dlm penempatan SDMnya..cos tdk sma skill yg d miliki personal pegawainya sesuai dgn penempatan bagiannya..nah kyk gt yg mngkin perlu d benahi..smga PT.KAI bs lbh introspeksi diri lg dech..toh tujuannya u kenyamanan pr pemakai jasa kereta api.. SEMOGA PT.KAI JAYA ..

    BalasHapus
  10. klo saya rasa stasiun pasar turi adalah icon kota surabaya,dan kondisi x lebih baik bahkan yang terpampang di dpn stasiun sbuah lokomotif asli buatan manchaster england th 1928.stasiun pasar turi kaya akan sejarah bangsa indonesia ter utama warga surabaya karna konon pd jaman dulu stasiun ini lah yang membawa pejuang indonesia ke brbagai daerah.contoh sbelah utara stasiun ada gedung nasional indonesia,ke timur ada tugu pahlawan dan dibarat ada rumah tempat presiden pertama RI soekarno tinggal tepat x di daerah kawatan.buat aku stasiun pasar turi adalah kebanggaan

    BalasHapus
  11. klo saya rasa stasiun pasar turi adalah icon kota surabaya,dan kondisi x lebih baik bahkan yang terpampang di dpn stasiun sbuah lokomotif asli buatan manchaster england th 1928.stasiun pasar turi kaya akan sejarah bangsa indonesia ter utama warga surabaya karna konon pd jaman dulu stasiun ini lah yang membawa pejuang indonesia ke brbagai daerah.contoh sbelah utara stasiun ada gedung nasional indonesia,ke timur ada tugu pahlawan dan dibarat ada rumah tempat presiden pertama RI soekarno tinggal tepat x di daerah kawatan.buat aku stasiun pasar turi adalah kebanggaan

    BalasHapus
  12. Terakhir kali saya ke Pasar Turi adalah tahun 2003. Saya masih ingat, 6 Januari 2003. Hehehe. Niatnya pulang dari Pasar Turi ke Jakarta naik Sembrani. Fotonya saja waktu itu belum digital, tapi masih pakai film. Untuk perjalanan kala itu, saya membawa 4 roll film. Hahahaha...repot.

    Tampilan fisiknya sudah jauh berubah yach. Saya ingat, dulu di halaman Pasar Turi banyak pohon dan tukang becak. di kanan kiri Pasar Turi banyak bangunan tua yang udah agak lapuk dan lumutan. Hehehe...masihkah sampai sekarang?

    Waktu kali kedatangan saya ke Surabaya 2009 dan 2010, saya nggak ke Pasar Turi sama sekali, hanya Gubeng saja :)

    anyway, peronnya terlihat cukup bersih koq :)

    BalasHapus