21 Juli 2010

Surabaya-Semarang Dengan KA Rajawali

Kereta Api Rajawali

Untuk perjalanan ke Semarang tiket kereta sudah saya beli sehari sebelumnya. Hanya ada beberapa pilihan saja untuk ke Semarang. Ada kereta eksekutif Argo Bromo Anggrek yang tentunya harganya lumayan mahal, KA Sembrani, KA Rajawali, KA Gumarang yang merupakan kelas bisnis, ataupun KA Kertajaya dengan kelas ekonomi. Saya sempat bingung untuk memutuskan kereta mana yang akan saya gunakan untuk menuju Semarang. Setelah melihat-lihat tarif dan jam keberangkatan saya memutuskan untuk menggunakan KA Rajawali.

KA Rajawali hanya memiliki satu kelas yaitu eksekutif saja. Untuk membeli tiket KA Rajawali saya harus merogoh kocek sebesar Rp 110.000,-. Kereta ini khusus melayani rute dari Stasiun Pasar Turi Surabaya dan berakhir di Stasiun Tawang Semarang dengan berhenti di beberapa stasiun, kalo saya nggak salah berhenti di Bojonegoro dan Cepu.

Kereta Api Rajawali

Kereta yang akan saya naiki di jadwalkan akan berangkat pada pukul 14.00. Saya sudah sampai di stasiun 1 jam sebelumnya. Sambil menunggu saya mengisi waktu dengan mengambil foto beberapa kereta yang ada di Stasiun Pasar Turi. Baru sekitar pukul 13.45 KA Rajawali datang dari Semarang.

Setelah penumpang yang dari Semrang turun, saya dan para penumpang tujuan Semarang segera naik ke dalam kereta. Kesan pertama, keretanya cukup bersih dan sepertinya cukup nyaman untuk perjalanan saya nanti selama kurang lebih 4,5 jam.

Kereta Api Rajawali

Setelah menemukan tempat duduk saya, saya duduk dengan tenang dan tidak lama kemudian kereta mulai bergerak. Cukup on time juga karena tepat jam 14.00 kereta sudah berangkat meninggalkan Stasiun Pasar Turi. Selama perjalanan di luar terdapat pemandangan yang cukup indah meskipun kebanyakan hanya berupa sawah dan genangan-genangan air di dalam blok-blok yang saya duga itu adalah tambak. Pemandangan ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan rute Surabaya-Yogyakarta yang sering saya lalui. Sepanjang perjalanan saya malah nggak bisa tidur karena menikmati pemandangan yang indah ini.

Kereta Api Rajawali

Menariknya lagi di kereta ini sudah menggunakan LCD TV berukuran 21", tidak menggunakan TV tabung seperti pada KA Sancaka yang sering saya naiki. Acara-acara yang diputar di TV juga cukup menarik. Banyak sekali pengetahuan tentang kereta api yang saya dapat dari sini, misalnya jembatan-jembatan kereta api yang berusia sangat tua dan masih digunakan hingga sekarang ini dengan pemandangan yang sangat indah. Selain itu juga diputarkan film "just for laugh" seperti yang biasa diputar di pesawat Garuda.

Kereta Api Rajawali

Karena perut sudah mulai lapar belum makan siang, saya memesan nasi goreng plus soft drink sama mbak prami yang mondar-mandir menawarkan makanan. Surprise!! Penyajian makanannya cukup baik dengan ditutup oleh plastik. Eh ternyata nggak cuma pake telor doang, ada ayam gorengnya juga. Rasanya lumayan enak juga kok, sayangnya udah agak dingin. Mungkin akan lebih oke lagi kalo misalnya dibungkusnya dengan kertas aluminium foil jadi biar tetep anget terus seperti makanan di pesawat, karena di kereta ini harganya juga udah hampir mendekati harga makanan di pesawat. Hehe..

Kereta Api Rajawali

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 4,5 jam, kereta semakin mendekati Stasiun Tawang. Tapi melihat pemandangan kanan-kiri kok air semua. Ternyata memang banjir di sepanjang perlintasan kereta, sambil berharap mudah-mudahan di stasiun nggak banjir.

Jam 18.30 kereta sudah tiba di Stasiun Tawang Semarang. Saya segera keluar stasiun karena saya sudah ditunggu oleh teman yang menjemput saya. Dan malam ini saya akan menginap di kost-nya yang berada di daerah Tembalang (kampus Undip atas). Lumayan dapet tebengan nginep, daripada harus bayar di hotel. Hehe..

Kereta Api Rajawali


18 komentar:

  1. mantab mas...salam kenal..

    BalasHapus
  2. terimakasih, salam kenal juga.. :)

    BalasHapus
  3. ooo...Anggrek itu Eksekutif toh? dan Sembrani itu Bisnis yach? Rajawali juga bisnis yang punya gerbong eksekutif yach? Tapi keretanya bersih dan mulus yach. bagus! Saya pikir kereta bisnis adalah kereta yang menjual tiket berdiri, tapi kalau kursinya begitu, yang berdiri mau berdiri dimana yach? apa jangan2 tiket berdiri hanya dijual pada saat Lebaran dan saat2 high season saja? Boleh banget nih mempertimbangkan naik bisnis alih-alih Eksekutif, lumayan, hemat beberapa puluh ribu. hehehe...

    oh yah, harga makanannya berapa, Tri? Saya selalu nolak kalau ditawari makanan di dalam kereta. hehehe...ahhh, jadi inget tahun 2007 dulu masih dapet makanan gratis di dalam kereta loh. sekarang, boro-boro makanan, roti aja nggak ada sama sekali. hehehe.

    saya sich sebenernya seneng naik kereta siang-siang, bisa lihat banyak pemandangan. tapi kalau sawah terus, lumayan bikin bosen kali yach? Hmm...kalau Surabaya - Yogyakarta harusnya melewati daerah gunung bukan? Jadinya lebih seru dunk?

    Semarang banjir sepanjang tahun yah. Saya ke Semarang tahun ini 2x. Maret banjir, trus Mei Banjirnya malah meluas, sampai ke Demak. Tri ke Semarang pas Juli yach? Dan masih banjir? ck ck ck....PemKot Semarang harusnya berbuat sesuatu untuk mengeliminir masalah klasik ini yach....

    BalasHapus
  4. kalo rajawali semuanya eksekutif mas, nggak ada bisnisnya. saya kira tadinya juga ada bisnisnya seperti sancaka, paling nggka bisa sedikit lebih irit kalo naik bisnis tapi ternyata nggak ada..

    iya bener banget sekarang udah nggak dapet makan lagi, padahal dulu pas naik argo lawu dari jakarta ke jogja masih dapet makanan. itu nasi goreng plus fanta 26rb kalo nggak salah.. hahaha..

    saya ke semarang baru seminggu yang lalu mas, area sekitar stasiun tawang masih banjir. kota lama becek dan kumuh seperti itu. nggak tau deh sepertinya semarang banjir sepanjang tahun. :D

    BalasHapus
  5. hahaha...gawat tuh. bisa bisa bangunan tua yang ada di sepanjang Semarang Utara jadi lapuk dech. padahal, baru-baru ini Teh Botol bikin iklan disana kan? *cermati tv dech, ada iklan teh botol Sosro yang shootingnya di Kota Tua Semarang mengenai Bulan Ramadhan* :)

    26 ribu untuk nasgor dan fanta? wowww....di depan gang rumah saya, bisa untuk nraktir 5 orang tanpa minum tuh. hahaha...

    BalasHapus
  6. JASA PEMBUATAN IJAZAH


    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    BalasHapus
  7. salam sukses…bagi sahabat-sahabat semua di nusantara…
    kami adalah pelayanan jasa di bidang pendidikan yg bisa bantu dalam proses pendidikan dari tingkat SD hingga S2. proses yg ditempuh melalui proses legal dengan sistem akselerasi atau waktu yang lebih singkat. layanan kami di khususkan bagi para mahasiswa yg mengalami beberapa masalah dari kampus sebelumnya, misalnya DO dan terhalang sibuknya kerja, tuntutan karir dari perusahaan, usia sudah tidak memungkinkan untuk kuliah reguler, atau hal2 lain yang menyulitkan. bagi kami, ijazah secara instan itu tidak masalah selama tidak menyalahi kode etik akademik yg terdapat di kampus ataupun dikopertais. ijazah yang kami keluarkan semuanya legal dan dapat digunakan untuk PNS atau perusahaan swasta.kualifikasi mahasiswa yg dpt mengikuti kuliah singkat adalah sbb :
    1. S1-Ijazah SMA minimal sudah 4 tahun dari kelulusan.
    2. memiliki skill aau pengalaman kerja di bidang yang terkait dengan jurusan yg diminati.
    3. pernah kuliah walaupun hanya beberapa semester saja
    4. memiliki kemauan keras dalam belajar.
    palayanan yang kami berikan lebih kepada sistem pembelajaran autolearning atau belajar sendiri. dengan panduan kurikulum yang standar. jika anda telah memenuhi kualifikasi seperti di atas, maka anda bisa mengikuti perkuliahan di tempat kami secara singkat. atau anda bisa langsung mengikuti ujian komprehensif serta langsung menyusun skrispsi. untuk lebih menyakinkan anda tentang pelayanan kami, silahkan dkunjungi situs kami di http://www.interlifeuniversity.com atau datang langsung ke alama jl. ir. juanda no. 50 perkantoran ciputat indah permai blok C-6 jakarta selatan 15419. atau hubungi kami di 0813 8220 3487.trims.

    BalasHapus
  8. terima kasih mas,,,
    kebetulan aku da acara 3 hari di surabaya dari tgl 11 s.d 13 Nop 2010, rencan balik ke semrang bingung,,, mau naik pesawat, kereta apa Bus,,, karena ngepaskan jadwal acara.karena jadwal pesawat juga terbatas, siang jam 9 dan sore jam 6.
    setelah tahu info dari mas wijanarko dan karena acara selesai jam 11, aku putuskan naik kereta, karena kelamaan jika harus nunggu pesawat jam 6 sore,,dan sekalian berhemat ongkos tiketnya,hehehe( bisa untuk beli oleh-oleh anak istri dan teman kantor..).oh ya aku tinggal disemarang,, mas wijanarko bisa mampir,
    sukses selalu untuk kita... arokim05@yahoo.com

    BalasHapus
  9. terimakasih mas kelana muda sudah mampir kemari, senang bisa membantu anda dengan tulisan ini :)

    BalasHapus
  10. asyik membaca tulisan mas tri ini...cuma saya agak bingung kl habis berikan komentar di satu topik, trus besoknya pengen lihat lg apa yg saya tulis, tp lupa kemarin kasih komentar di topik apa. gimana caranya tuh ? apa hrs dicatat ? hehehe...maklum blm mahir berinternet ria.

    BalasHapus
  11. gampang kok om andi, dibawah kolom komentar ini ada tulisan "subcribe by email", nanti kalo tulisan yang om komentarin udah dibales ataupun ada orang lain yang memberikan komentar, om akan mendapatkan email pemberitahuan.. atau om dapat berlangganan rss melalui menu "post rss" yang ada di ats.. terimakasih..

    BalasHapus
  12. mas wijanarko..
    ksh info donk brp aja tarif2 KA dr Surabaya ke Semarang mulai dr eksekutif,bisnis,ekonomi dll...? trus jam2 keberangkatannya jam brp aja..? supaya infonya lbh lengkap n qt bs pilih mw naik KA apa n jm brp..ok mas..?? thx ya..^^

    BalasHapus
  13. waduh mas, maaf.. saya juga minim informasih tentang hal tersebut. mungkin bisa dilihat di web PT KAI meskipun kurang jelas juga :D

    BalasHapus
  14. asyik membaca tulisan mas tri ini...cuma saya agak bingung kl habis berikan komentar di satu topik, trus besoknya pengen lihat lg apa yg saya tulis, tp lupa kemarin kasih komentar di topik apa. gimana caranya tuh ? apa hrs dicatat ? hehehe...maklum blm mahir berinternet ria.

    BalasHapus
  15. mantab mas...salam kenal..

    BalasHapus
  16. Joko Santoso Farm02 Desember, 2011 17:31

    sampeyan iki aneh2 nawarno bikin izasah segala, sampeyan isok2 masuk penjara bro.....

    BalasHapus
  17. Yohanyoshandoko03 Januari, 2012 18:38

    Sayangnya kereta api di indonesia masih kuno,
    1/tidak bisa booking on line
    2/belum mempergunakan code boking dg fixed name
    3/ini yg menyebabkan bisa terjadi percaloan
    Haiiii hallo management KA bgm kenapa belum berbenanh, zaman gini orang masih suruh nenteng2 ticket, belajar dong dg kereta api japan dan australia

    Rgds, yohanyos

    BalasHapus
  18. trima kasih atas cerita yang anda berikan

    BalasHapus