2 Agustus 2010

Mengembalikan Jogja Sebagai Kota Sepeda

Jogja Kota Sepeda

Dulu Kota Jogja identik dengan kota sepeda. Sepeda sangat mendominasi jalanan di Jogja. Sekarang sepeda juga masih mendominasi jalanan Kota Jogja, tapi bukan sepeda onthel melainkan sepeda motor. Sudah diketahui bersama kalau jalan-jalan di Jogja mulai terasa penuh sesak dengan banyaknya sepeda motor tersebut. Pengguna sepeda onthel menjadi semakin tersisih.

Saat melewati jalan-jalan protokol Kota Jogja saya menemukan hal yang unik yaitu sepeda memiliki rambu-rambu khusus sebagai penunjuk jalan. Pada rambu-rambu tersebut tertulis "jalan alternatif sepeda", dengan melewati jalan-jalan alternatif tersebut para pengguna sepeda onthel tidak perlu berdesakan dengan pengguna jalan lain seperti sepeda motor dan mobil. Pada beberapa traffic light juga saya temukan rambu-rambu khusus yaitu "ruang tunggu sepeda" saat berada di traffic light. Jadi sepeda bisa menunggu di depan kendaraan lain saat lampu merah menyala. Bahkan katanya Pemkot Yogyakarta akan menambah tempat parkir khusus sepeda di 40 titik strategis yang tersebar di Kota Jogja.

Saya cukup senang dengan upaya pemerintah tersebut untuk mengembalikan Jogja sebagai kota sepeda. Selain untuk mengurangi kemacetan, dengan adanya budaya bersepeda akan mengurangi dampak polusi dan pemanasan global karena kendaraan bermotor. Good job Jogja!! Semoga hal ini juga dapat diikuti kota-kota lain.

Jogja Kota Sepeda


6 komentar:

  1. saya juga sedang niat niatnya nich mau bersepeda. cuma memang belum beli sich. hehehe. cuma niatnya sudah ada dan sudah sempat cari cari hehehe..mau beli yg murah murah dulu, membiasakan diri kembali :D

    BalasHapus
  2. sama dong, niat udah ada tapi belum punya duit buat beli sepedanya :D

    BalasHapus
  3. wah ingin rasanya berangkat kerja bersepeda, hanya saja di daerah saya kalimantan jalannya mendaki semua

    BalasHapus
  4. nggak apa2 mas, malah sehat kalo mendaki :D

    BalasHapus
  5. ijin share ya mas...

    :D

    BalasHapus