17 September 2010

Dari Jogja Ke Borobudur Naik Bus Aja!!

Dari Jogja Ke Borobudur Naik Bus Aja!!

Jalur dari Jogja ke Candi Borobudur merupakan jalur wisata. Sudah pasti tidak sulit untuk mencari angkutan umum yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Untuk ke Candi Borobudur dari Jogja, Anda bisa naik bus langsung tujuan Borobudur dari Terminal Giwangan ataupun dari Terminal Jombor. Bisa juga menunggu bus di Jalan Magelang setelah ring road.

Bus-bus yang mempunyai rute Jogja-Borobudur adalah bus-bus yang ukurannya kecil dan biasanya sudah jelek dan agak reyot. Rute bus ini adalah Terminal Giwangan-Terminal Jombor-Mlati-Muntilan-Borobudur. Kali ini saya naik dari Terminal Giwangan karena lebih dekat dari rumah kakak saya, tempat dimana saya nebeng tidur. Hehehe..

Sampai di terminal saya langsung mendapatkan bus untuk ke Borobudur. Nggak perlu menunggu lama, bus langsung berangkat meskipun saat itu nggak banyak penumpangnya. Bus akan mampir dulu di Terminal Jombor untuk menambah penumpang. Di Terminal Jombor ini bus langsung terisi penuh. Bus kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Borobudur. Bus masih terus mengambil penumpang selama di jalan. Saya beberapa kali harus memberikan tempat duduk saya kepada mbah-mbah yang baru saja naik yang sepertinya habis berjualan di pasar dengan barang bawaan yang banyak. Memang kebanyakan yang naik adalah warga lokal Jogja, Mlati, Muntilan, atau Borobudur. Saya hanya melihat 3 orang turis asal Jepang naik bus ini.

Sampai di Terminal Muntilan bus juga berhenti. Lagi-lagi bus tidak berhenti lama karena beberapa orang yang turun langsung digantikan oleh banyaknya penumpang yang naik. Saat itu memang cukup ramai karena hari Minggu. Tapi saya nggak tau pasti para penumpang-penumpang itu akan mengunjungi candi atau memang rumahnya berada di Borobudur. Sepertinya sih memang warga lokal Borobudur yang akan pulang ke rumahnya.

Untuk ongkos bus dari Jogja ke Borobudur ini saya nggak tau pastinya berapa. Saya hanya memberikan uang Rp 20.000,- lalu di berikan uang kembalian Rp 10.000,-. Tapi 3 orang turis asal Jepang yang berada di depan saya itu meskipun naik dari Terminal Jombor tapi sepertinya diminta untuk membayar masing-masing orang Rp 20.000,-. Ya mungkin ini adalah tipikalnya orang Indonesia kali ya, kalau ada orang asing langsung dikasih harga mahal. Nggak cuma orang asing sih, orang lokal dari luar kota aja biasanya mendapat perlakuan serupa.

Setelah perjalanan kurang lebih 2 jam akhirnya saya sampai juga di Terminal Borobudur!!



56 komentar:

  1. Setuju!!!!!

    saya sampe sebel. Saya kasih dia Rp. 20.000, ga dikembaliin. Pas udah sampe Muntilan, saya tanya tentang kembalian saya, dia cuma ngasih Rp. 5.000an lecek. Bencekno.....hahahahaha...mungkin potongan saya turis banged kali yach? Emang sich, bus Jombor - Borobudur tuh reyot banged. Yang naik juga para mbah-mbah yang berjualan di Pasar Muntilan. Sebenernya, kalau ini jalur wisata, harurnya Pemda Kab Magelang memberikan bus yang lebih baik yah, kalau bisa aksesnya banyak dan mudah, bahkan hingga malam menjelang. Setuju Mas?

    BalasHapus
  2. bwahahahaha.. ternyata mas lomar kena juga ya, berarti turis dari jepang itu ada temennya.. xixixi...

    lebih enak kalo transportasinya model shuttle bus kayak trans jogja itu. beli tiketnya di halte, bus nyaman, dan pake AC. cuma ngarep doang. *green*

    BalasHapus
  3. kalau turis dari Jepang sich....merekanya pasti cuek lantaran yen kan bernilai lebih gede daripada rupiah. ah, murah, gt kali yach. Kalau saya, "Mas, kembaliannya belum dapet!!!" *dalam hati : Semarang - Solo aja cuma 13.000, masak Jombor - Borobudur pake bus reyot yang lebih deket Rp. 20.000?*

    Si Mas ngasih kembalian dengan muka lecek...hahaha...sebel kali saya minta haknya :p

    BalasHapus
  4. Hi...

    Saya dari Kuala Lumpur, mahu ke Borobudur pada akhir bulan January 2011. So bagaimana ya mahu naik bus dari stasiun tugu?

    Dari stasiun tugu bisa naik trans Jogja jalur 2B ke Terminal Jombor ya? Then, dari Jombor bagaimana mahu cari bas ke Borobodur?

    Mohon dibantu dengan informasi ya :)

    BalasHapus
  5. hallo GAIA,

    dari stasiun tugu, anda bisa jalan ke arah malioboro. di jalan malioboro terdapat halte bus trans jogja. nanti tinggal bilang ke penjaga halte bahwa anda mau ke terminal jombor. penjaga halte akan senang hati menunjukkan busnya kepada anda.

    di terminal jombor cukup banyak bus menuju borobudur. di kaca depan bus biasanya ada tulisan "boro" ataupun "borobudur". naik saja bus tersebut. kalau masih ragu sebaiknya tanya kepada kondekturnya.

    BalasHapus
  6. Wah, terima kasih ya untuk info itu. Halte bas ada di Malioboro, artinya saya perlu jalan ke sebelah barat stasiun Tugu

    BalasHapus
  7. pintu stasiun tugu ada dua, yang satu ada di sebelah timur dan yang satu ada di sebelah selatan. jika anda keluar dari pintu timur, jalan lurus saja sampai keluar area stasiun lalu belok (pusing?) kanan. anda akan melihat halte bus trans jogja di sebelah kiri tepat di depan hotel ina garuda yang ada di jalan malioboro.

    kalau anda keluar dari pintu selatan, dari pintu gerbang itu anda belok kiri (jalan pasar kembang) lalu belok kanan. halte trans jogja ada di depan hotel ina garuda.

    BalasHapus
  8. Terima kasih sekali lagi ya...Hotel Ina Garuda itu harus jadi landmark nya. mudah temu ya :)

    BalasHapus
  9. yup benar, hotel ina garuda cukup mudah ditemukan

    BalasHapus
  10. wahh thanks infonya.. rencanan 7 - 9 januari.. saya mau liburan sama temen ke Yogya.. dan salah satu tujuannya ke Bori.. hehe borobudur..
    tapi hotel kami menginap di Jl. Parangtritis.. hmm hope we enjoy te travel.. :D

    BalasHapus
  11. tolong kasih tau rute dari soloke brobudur , bila naek bis umum,,,, thanks ya,,,,

    BalasHapus
  12. kalo itu sih gampang banget.. dari solo tinggal naik bus apa saja yang penting nyampe jogja (terminal giwangan). dari terminal giwangan nyari bus kecil tujuan borobudur.. sudah sampai.. cuma perlu naik bus dua kali..

    BalasHapus
  13. Kalau mau balik dari Borobudur ke Jogja gimana rute-nya?
    Atau mungkin ada sarana transport yang bisa langsung dari Borobudur ke Prambanan?

    BalasHapus
  14. ya sama saja, naik bus untuk ke jogja dari terminal borobudur. lalu nanti bisa turun di terminal jombor atau terminal giwangan. nah dari situ nanti naik bus trans jogja, bilang aja mau ke prambanan..

    BalasHapus
  15. Busnya langsung ke terminal borobudur yah? masih jauh gak dari terminal borobudur kalo mo ke candinya? bila msh jauh apakah ada kendaraan yg menuju ksana?

    BalasHapus
  16. iya langsung ke terminal borobudur.. untuk sampai candinya bisa jalan kurang lebih 500 meter, bisa dibilang nggak terlalu jauh. kalo nggak mau capek bisa naik becak, andong, atau ojek. biasanya sih bakal nawarin di harga 10-15rb, tapi ditawar aja 5rb juga dapet kok..

    BalasHapus
  17. kalau naik bus dari semarang ke borobudur rutenya giman?

    BalasHapus
  18. kalau dari semarang sebaiknya nyari bus semarang-magelang. nanti di magelang baru nyari angkutan ke borobudur..

    BalasHapus
  19. di magelang turunnya di terminal magelangnya?

    BalasHapus
  20. yupzz.. kalo nggak salah sih angkutan ke terminal borobudur itu adanya cuma dari jogja sama dari magelang saja. dan tentu saja dari terminal masing2 kota itu..

    BalasHapus
  21. mas bro q mao tnya dun,, klo bus mnuju k semin itu ada tidak?? klo ada sya naik dr mana,, btuh info bgt,, thx.,

    BalasHapus
  22. semin? maaf saya nggak tau mbak/mas

    BalasHapus
  23. Kalau mau balik dari Borobudur ke Jogja gimana rute-nya?
    Atau mungkin ada sarana transport yang bisa langsung dari Borobudur ke Prambanan?

    BalasHapus
  24. wahh thanks infonya.. rencanan 7 - 9 januari.. saya mau liburan sama temen ke Yogya.. dan salah satu tujuannya ke Bori.. hehe borobudur..
    tapi hotel kami menginap di Jl. Parangtritis.. hmm hope we enjoy te travel.. :D

    BalasHapus
  25. hallo GAIA,

    dari stasiun tugu, anda bisa jalan ke arah malioboro. di jalan malioboro terdapat halte bus trans jogja. nanti tinggal bilang ke penjaga halte bahwa anda mau ke terminal jombor. penjaga halte akan senang hati menunjukkan busnya kepada anda.

    di terminal jombor cukup banyak bus menuju borobudur. di kaca depan bus biasanya ada tulisan "boro" ataupun "borobudur". naik saja bus tersebut. kalau masih ragu sebaiknya tanya kepada kondekturnya.

    BalasHapus
  26. Afris Erdianata21 Oktober, 2011 13:43

    Mas/OM/Pak.. kalo dari setasiun tugu & mau ke candi borobudur.. ke terminal dulu apa ada bus trans yogyakarta yang lwat Tugu?  

    BalasHapus
  27. dari stasiun tugu jalan aja ke arah malioboro.. trus naik bus trans jogja dari halte depan hotel inna garuda (malioboro) ke terminal jombor.. dari terminal jombor baru deh naik bus 3/4 ini ke borobudur.. :)

    BalasHapus
  28. kalau mau ke jombor dari magelang naik bis apa ya??

    BalasHapus
  29. kalo itu sih banyak banget mbak.. bisa naik mobil yang dari semarang (ramayana dan lain-lain). atau naik bus eka jurusan magelang-surabaya via jogja

    BalasHapus
  30. mas tolong kasih info, kalau dari surabaya berangkat malam naik bis, tujuan : jogja, prambanan, borobudur, rutenya gimana? turun mana dulu trus ke mana biar gak bolak balik,
    trims infonya.

    BalasHapus
  31. sebaiknya kalau berangkat malam, berangkatnya tengah malam sekalian.. jam 1 atau 2 malam boleh.. nanti sampai prambanan sudah pagi.. jadi rutenya prambanan dulu, jogja, baru deh borobudur...

    dari prambanan ke jogja bisa naik bus trans jogja.. terserah tujuannya mau kemana.. setelah itu baru ke terminal giwangan atau terminal jombor dengan trans jogja, lanjut bus kecil ke borobudur..

    BalasHapus
  32. Hahaha...jadi inget pengalamanku nih. travelling sendirian naik bus dari jogya ke borobudur. aku kasih uang RP. 20.000, eh ngga di kasih kembalian, malah kondekturnya langsung ngilang pas nyampe di terminal Borobudur. Padahal aku baca di salah satu blog katanya ongkos jogya- borobudur cuma RP. 8000. Pas baliknya dari borobudur ke jogya aku kasih RP.10.000 dapat kembalian RP.2000. 

    BalasHapus
  33. naik bus ternyata mahal ya.. mending naik motor..xixixixi

    BalasHapus
  34. Naik motor 10.000 udah bisa PP :))



    Sent from my BlackBerry®
    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    BalasHapus
  35. Mas, dari Jogja ke Borobudur brp lama ya? Mending nyewa motor ato naik bus yah?
    Terima kasih

    BalasHapus
  36. sekitar 1,5 jam naik bus.. kalo naik motor sih cuma 1 jam.. tergantung sih mbak, kalo mau cepet dan fleksibel ya enak sewa motor.. kalo mau murah ya mending naik bus.. naik bus sekali jalan sekitar 10.000, kalo sewa motor sehari kurang lebih 100.000.. silahkan dipilih saja enak yang mana.. :D Salam, Tri Setyo Wijanarko
    http://www.wijanarko.net/



    ________________________________
    Dari: Disqus <>
    Kepada: styo_rnt@yahoo.co.id
    Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 13:01
    Judul: [wnet] Re: http://www.wijanarko.net/2010/09/dari-jogja-ke-borobudur-naik-bus-aja.html

    Disqus generic email template

    BalasHapus
  37. Wah, jadi inget dulu tahun 2008 saya juga pernah naik bus dari Jogja ke Borobudur, tapi waktu itu malah harus berdiri di bus, gak kebagian tempat duduk. Tapi udah lupa gimana cara naik busnya makanya browsing lagi, hehe. Thanks for the info. Btw, kalau kita mau mengujungi borobudur di kala sunrise bagaimana caranya ya? Saya pernah dengar kalau tiket masuknya jadi 200 ribu, tapi cari-cari info lagi di internet belum ketemu yang reliable, yah kali aja masnya tau infonya. Trims. :)

    BalasHapus
  38. saya kurang tau juga sih mbak.. tapi dulu ada temen yang hunting sunrise borobudur tapi tidak masuk ke area candi, melainkan naik ke gunung/perbukitan yang cukup sulit dilalui dengan modal lensa tele..

    BalasHapus
  39. tidak ada ongkos yang pasti untuk angkutan umum di indonesia.. ya itulah indahnya indonesia =))

    BalasHapus
  40. maya_libra89@yahoo.com17 Februari, 2012 20:11

    Mas nya,klu skrg dr jogja udah brp y k borobudur???msh ttp 8rb-10 rb an g y???
    oya mas, mw tnya ni,klw dr jogja k prambanan ada busny jg g spt k borobudur???
    trus klw mw k pantai parang tritis n pantai baron dr jogja ad g y bus nya????

    BalasHapus
  41. kayaknya sih masih sama sekitar 10rb-an mbak maya.. dari jogja ke prambanan kan banyak bus trans jogja bisa naik dari halte mana saja.. bilang saja mau ke prambanan, cukup bayar 3.000.. ke parangtritis juga ada bus kok.. mbak naik trans jogja dulu terserah dari halte mana saja, bilang mau ke terminal giwangan.. dari terminal giwangan ada bus ke parangtritis.. tapi inget ya mbak, kalau udah sore busnya nggak ada.. sebaiknya pagi atau siang ke parangtritisnya.. untuk pantai baron ini lokasinya cukup jauh dari jogja, bisa memakan waktu 2-3 jam kalau naik angkutan umum.. angkutan umum kesana juga nggak mudah.. caranya sih dari terminal giwangan cari bus jurusan wonosari.. sampai wonosari baru cari angkutan ke pantai baron.. yang susah itu ya cari bus yang ke pantai baron ini.. nunggunya bisa lamaa.. 

    BalasHapus
  42. maya_libra89@yahoo.com18 Februari, 2012 15:49

    Gt y mas,thx bgt y mas udh bantu...skrg aq udh menguasai jln k t4 wisata jogja deh :-) thx a lot mas Tri...

    BalasHapus
  43. gan, kalau pengen pulang malem masih ada bus/kendaraan umum gak ke jogja?

    BalasHapus
  44.  sudah nggak ada.. bus paling terakhir antara jam 4-5 sore.. :)

    BalasHapus
  45. Dyno_saputra13 Mei, 2012 21:43

    wah aq kdang jg sering kya gt,, informasi aja, brobudur jogja ,, klo sore nyampek jam 5 dri jombor,,, klo borobudur jam6 msih ada tp kdang2 krna skrng cri penumpang sulit,,,

    BalasHapus
  46. Kalau  dari Bandara Mau Ke borobudur.... Naik Apa Rutenya ?? Penginapan Di Borubudur..??? 

    BalasHapus
  47. Dari bandara naik bus trans jogja ke terminal giwangan. dari terminal giwangan tinggal cari bus yang ke borobudur.

    alternatif lain bisa naik bus damri tujuan magelang dari bandara. nanti sampe pertigaan ke arah borobudur minta turun dan ganti dengan bus tujuan borobudur.

    penginapan di borobudur banyak kok, mau hotel atau guest house..

    BalasHapus
  48. ok sma sama ms,,,,, mklum saya line sna

    BalasHapus
  49. Inneke_sexy_bgt24 Juli, 2012 15:44

    pak..kalo naik taxi gt kira2 tarif nya brp yah

    BalasHapus
  50. Wah bisa abis 200rb-an kali ya.. Daripada naik taksi ya mending sewa mobil aja mbak buat sehari.. lebih puas dan lebih leluasa..

    BalasHapus
  51. Aurelia Vogel30 Juli, 2012 22:04

    mas mau tanya in bus ber AC ya terus perapa kalau yang ber AC ongkos jogja brobudur?thanks

    BalasHapus
  52. Rute ini ngga ada bus ac mbak.. hehe

    BalasHapus
  53. mas tanya dong .. kalau dari malang mau ke borobudur enaknya naik apa?? trus sekitaran borobudur ada g penginapan murah tapi aman buat backpaker?

    BalasHapus