20 September 2010

Dengan Terpaksa Pulang Ke Surabaya Naik Bus Eka

Bus Eka

Kali ini saya memang benar-benar terpaksa pulang ke Surabaya naik bus. Jujur saja, ini adalah kedua kalinya saya ke Surabaya naik bus selama sekian tahun. Pengalaman pertama sudah terjadi 3 tahun yang lalu. Untuk bepergian, saya selalu memprioritaskan kereta atau pesawat sebagai transportasi yang saya naiki daripada bus. Bukan karena mau boros duit... Tapi pernah mengalami kecelakaan saat naik bus, dirawat di rumah sakit sampai berbulan-bulan, dan dioperasi sampai dua kali bukanlah hal yang menyenangkan. Inilah yang membuat saya masih sedikit trauma naik bus terutama jika bus-nya ugal-ugalan. Apalagi bus rute Jogja-Surabaya memang sudah terkenal ugal-ugalannya. Hal ini semakin membuat saya berpikir berkali-kali untuk naik bus dari Jogja ke Surabaya ataupun sebaliknya. Untuk malam ini apa daya tiket kereta sangat mahal, sedangkan kalau go show naik pesawat besok pagi belum tentu dapet tiket juga.

Perjalanan dengan taksi dari Monumen Serangan Umum 1 Maret sampai dengan Terminal Giwangan tidak membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih hanya 20 menit dan cuma kena argo 22.000 saja. Saya diantar oleh supir taksi melalui pintu belakang terminal karena lebih dekat dengan bus tujuan Surabaya. Terminal Giwangan pada malam hari cukup sepi tapi saya masih merasa aman berada disini. Mungkin karena sepi di malam hari jadi untuk masuk tidak perlu membayar peron yang hanya 200 rupiah itu.

Beberapa bus tujuan Surabaya sedang mangkal di terminal malam itu. Ada bus Sumber Kencono, Mira, dan Eka. Saya memilih Bus Eka karena ini adalah bus kelas eksekutif jadi ruang untuk kaki saat duduk nanti cukup luas, biar nggak terlalu pegel kakinya karena perjalanannya cukup lama. Kalau Sumber Kencono dan Mira bervariasi, ada yang kelas ekonomi dan ada yang AC ekonomi. Tentunya tarif Bus Sumber Kencono dan Mira lebih murah daripada Eka. Tapi secara teori Bus Eka lebih cepat sampai karena tidak lewat Kota Madiun dan nggak sering ngetem.

Tidak perlu menunggu lama, jam 12 malem tepat bus sudah berangkat menuju Surabaya. Penumpang saat itu juga nggak banyak, mungkin hanya 6-8 orang saja dari Terminal Giwangan. Ongkos naik Bus Eka dari Jogja ke Surabaya pada hari normal adalah 70.000. Tapi saat mendekati lebaran seperti ini tarifnya naik 10% menjadi 77.000. Enaknya kalau naik Bus Eka kita mendapatkan kupon makan yang bisa digunakan saat singgah di Rumah Makan Duta yang berada di daerah Ngawi.

Seperti layaknya bus tujuan Surabaya yang lain, bus ini juga langsung meluncur dengan kecepatan yang tinggi menuju Solo. Tapi karena mata sudah sangat berat, saya tertidur dengan lelap sampai bus berhenti untuk ngetem di Terminal Tirtonadi Solo. Yang membuat saya terbangun adalah pedagang-pedagang yang keluar masuk bus untuk menawarkan dagangannya. Di Terminal Tirtonadi ini banyak sekali pedagang yang keluar masuk bus, bandingkan dengan saat di Terminal Giwangan yang nggak ada sama sekali pedagang berkeliaran.

Setelah bus kembali berjalan, mata saya kembali terpejam walaupun terasa bus melaju dengan kencang dan meliuk kanan-kiri untuk mendahului kendaraan lain. Sepertinya rasa kantuk mengalahkan rasa takut saya. Saya baru bangun kembali saat bus berhenti di Rumah Makan Duta di Ngawi, itupun dibangunin sama kondektur bus. Nah di RM Duta ini kita bisa menukarkan kupon yang diberikan oleh kondektur dengan makanan yang tersedia. Ada beberapa menu makanan yang ada di kupon, tapi kita hanya boleh memilih salah satu. Untuk pilihan minuman hanya teh dan sirup saja. Jika tidak suka dengan menu di kupon kita bisa juga mengganti dengan menu lain, nanti dihitung berapa kita harus membayar biaya tambahannya. Saya memilih nasi rawon panas dan teh hangat untuk makan malam sebagai penghangat badan. Maklum saja suhu di bus cukup dingin apalagi saya hanya pakai celana pendek 3/4 dan tidak membawa jaket.

Bus Eka

Di RM Duta bus hanya berhenti kurang lebih 20 menit sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Yang berbeda dari Bus Eka dibanding dengan Sumber Kencono ataupun Mira adalah Bus Eka dari Ngawi tidak melewati Kota Madiun, melainkan langsung menuju Kota Caruban. Dengan begitu jarak tempuhnya menjadi lebih pendek. Jalanan dari Ngawi menuju Caruban ini sangat bergelombang, tapi bus tetap melaju kencang.

Lagi-lagi saya tidak bisa menahan rasa kantuk saya dan terlelap hingga mendekati Surabaya. Saat sudah dekat dengan Surabaya bus berjalan santai. Akhirnya bus tiba di Terminal Bungurasih tepat jam 7 pagi. Ini berarti perjalanan dari Jogja ke Surabaya naik bus membutuhkan waktu 7 jam jika lancar seperti ini. Waktu tempuh yang lama ini pula yang membuat saya lebih suka naik kereta yang hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 5 jam. Tapi saya jadi mendapatkan tips untuk mengurangi rasa trauma naik bus yaitu dengan tidur selama perjalanan. Sayangnya ini akan sulit berlaku jika perjalanannya pada siang hari. Hehehe..



67 komentar:

  1. rie ramadhaanie13 Juli, 2011 21:07

    baru tau kalo mas tri ini trauma dengan naik bis. kalo aku belakangan jadi agak takut naik motor ngebut mas, padahal pas dulu waktu SMA sukak banget, tapi sekarang nggak. semenjak habis kecelakaan sekitar setahun yang lalu. beberapa waktu yang lalu bahkan sempat menangis gara-gara dibonceng dan ngebut banget, cuma ngebutnya juga beralasan sih, karena waktu itu kita ngejar waktu. sayang kalo di motor gak bisa ditinggal tidur kayak mas tri kalo lagi di bis yahh. hehe

    BalasHapus
  2. iya rie agak trauma aku naik bus.. kalo sumber kencono sih nggak bakal aku naikin walaupun sangat terpaksa.. hahaha.. tau sendiri kan itu bus sering banget masuk koran.. hehe.. kalo naik bus eka aku biasanya tengah malem, biar bisa tidur.. :D

    kalo naik motor walaupun pernah jatuh di kecepatan 120 km/jam sampe badan ancur semua tapi nggak kapok untuk ngebut.. mungkin kalo naik motor kan aku tau kapasitasku sendiri. sedangkan kalo naik bus berarti mempercayakan sepenuhnya sama sopir..sama aja kalo dibonceng orang lain ngebut naik motor, ampun2 dehhh... :D

    BalasHapus
  3. jadwal bus eka jam brapa ajah ya,,tolongin dunk kasih tau

    BalasHapus
  4. setiap 30 menit sampai 1 jam sekali.. kalau malam sekitar 1 jam sekali.. tapi kalau siang belum 30 menit juga udah ada lagi..

    BalasHapus
  5. panggil sofyan aja20 Agustus, 2011 00:54

    hehehehe.... akhir Juli kemarin aku ke jogja juga naik bus eka . ijenan . habis cangkruk di dk kupang , langsung ke bungur parkir sepeda . trus naik bus eka sekitar jam 00 kurang dikit . makan di duta ngawi . sampai terminal giwangan jam 6.30 . enak kok kalo naik bus eka jam dini hari gitu . mana sepi penumpang lagi .  itu foto restoran duta yang pas perjalanan balik ke surabaya ya ? aku ingat sekali itu pintunya .

    BalasHapus
  6. iya mas lumayan enak kalo jalan tengah malem.. turu teruss.. melek pas makan.. hehe

    BalasHapus
  7. mas,, mao nanya nie.. biasanya kalo dari srbaya ke jogja bus ny brgkat jam brpa yah ??
    teruzz,, ongkoz nya brpa ??

    BalasHapus
  8. 24 jam ada terus kok.. cuma kalo udah tengah malem frekuensinya agak dikurangi.. menjelang pagi udah banyak lagii... ongkosnya 63.000

    BalasHapus
  9. panggil sofyan aja20 September, 2011 20:53

    asline yo jengkel bro . coz enak tidur eh dibangunin untuk makan , hehehe .... tambah terus info perjalannya ya . terutama yang naik motor , bisa bagi pengalaman tuh ....

    BalasHapus
  10. untuk yang naik motor dalam waktu dekat ini sih blum ada rencana touring lagi.. masih menyimpan tenaga lha wong sekali jalan bisa menempuh 1.600 km.. lak yo kesell.. hohoho

    BalasHapus
  11. kaga ape2 bosss ... nikmatin aja, kan backpacker :D
    tp kadang emang klo pake bis ugal2an suka rada2 syeeeyeeeemmm jg :(

    BalasHapus
  12. parno mbak, karena sering banget ngeliat berita kecelakaan bus jurusan jogja-surabaya pp terutama sumber kenc*n*

    BalasHapus
  13. Sering travelling gan?

    BalasHapus
  14. Afris Erdianata22 Oktober, 2011 14:07

    Kalo dari Srabaya ke Yogya naik bis, turunnya di terminal apa? n kalau naik bis eka seperti di atas itu beli tiket dulu apa bayar sperti bis ekonomi biasa?? hehe.. sory banyak tanya..

    BalasHapus
  15. bisa turun di terminal giwangan, bisa turun di terminal jombor.. sama seperti bus ekonomi kok, bayar tiketnya di atas bus..

    BalasHapus
  16. Di bungur, bis Eka yang di atas itu apa masuk di jalur ekonomi ?

    BalasHapus
  17. harusnya sih nggak, karena Bus Eka termasuk bus patas (eksekutif)..

    BalasHapus
  18. Jadi kalo mau naik, di jalur bus patas ya?? tapi berhentinya bisa di jombor/giwangan kan?

    BalasHapus
  19. Yup.. Berhenti bisa di Giwangan atau Jombor karena pada dasarnya Bus Eka ini trayeknya Surabaya-Solo-Jogja-Magelang.. Tapi untuk pastinya sih mending tanya aja sampai di Jombor atau ndak..

    BalasHapus
  20. Afris erdianata28 Oktober, 2011 17:21

    apa mampir ke terminal prambanan???

    BalasHapus
  21. tidak, hanya lewat saja.. tapi kalo mau turun depan prambanan juga bisa kok..

    BalasHapus
  22. jurusan surabaya jogja yang bisnis brp ya harganya....trimz.....

    BalasHapus
  23. itu tiap jam ada ya mas bisnya yang bisnis

    BalasHapus
  24.  itu tiap jam ada kan mas bis yg kelas bisnis

    BalasHapus
  25. 30 menit sampai 1 jam kalo masih siang.. tapi kalo udah malem 1-2 jam sekali..

    BalasHapus
  26. lewat njanti gak mas

    BalasHapus
  27. bayarnya di atas ap bli d loket pemnjualan tiket mas

    BalasHapus
  28. saiful_ipoel85@yahoo.com04 Desember, 2011 00:16

    wkwkwkwkkwkwkkw.....ea maafff mass........

    BalasHapus
  29. wkwkwkwkkwk....iiiaaa......maaaffff mass....agak sebel ea

    BalasHapus
  30. Mas, tnya dunk. Lok dr sby turun ngawi tarifX beda g? N kira2 brp jam perjlnan? Thx

    BalasHapus
  31. lagi nyari2 wangsit  jogja-surabaya,,eh nemu blog bagus.,,hehe bener bagus kok..,,mau nanya mas.,,boleh kn? curhat dulu ya.,,hehe saya rencana mau pulkam lwat surabaya ke bpn,nah pesawatny jam stgh 5 sore,.kalo naik kereta sancaka pagi.,,sampai gubeng jam brp?trus stelah d gubeng ke juanda nya naek ap?heum yg ga pake taxi loh ya.,,tapi waktunya tetep keburu mas.,,sya takut ga keburu mas.,,soale pertama kali sih.,,
    nuwun

    BalasHapus
  32. kalau dari jogja naik sancaka pagi berarti sampai surabaya sekitar jam 12 siang.. saran saja, tidak usah turun di stasiun gubeng, tapi turun di stasiun wonokromo.. dari stasiun wonokromo jalan sedikit ke arah selatan nunggu bus kota ke terminal bungurasih (3.000). bus kota yang lewat sini pasti ke terminal kok jadi nggak usah pilih2.. hehe.. dari bungurasih lanjut naik damri bandara (15.000).. kalo secara terori sih bisa sampai di bandara juanda sebelum jam 3.. semoga membantu..

    BalasHapus
  33. Mardlatila_sani19 Januari, 2012 22:13

    gan, taxi dari giwangan ke malioboro berapa onkosnya kira2?thx gan.

    BalasHapus
  34. kalau sancaka bisnis mesti stop walopun cuma bentar gtu d wonokromo?dger info dri temen ga stop gtu kalo lewat wonokromo.,,makasih infonya

    BalasHapus
  35. saya jogja gan,,smoga bisa membantu,,kalo ga banyak barang mending dari giwangan ke malioboro naik busway,,ntr tanya aj ke petugasny,,mesti jawabanny mantep hehe.,,ato kalo ga mau repot tapi bea ga bnyk bgt ngojek juga bisa,,,ma sya gan.,girls only hehe,,

    BalasHapus
  36. sancaka baik bisnis dan eksekutip kan satu rangkaian mbak.. hehe.. kalau
    dari arah jogja ke surabaya, sancaka berhenti sebentar di wonokromo untuk menurunkan penumpang.. tapi kalau dari surabaya ke jogja, harus naik di gubeng karena KA tidak berhenti di wonokromo.. begituuu.. semoga membantu.. :D

    BalasHapus
  37. rie ramadhaanie28 Januari, 2012 19:58

    aku membutuhkan info ini saat ini. Hihihi.. Makasi mas Tri!!! :D

    BalasHapus
  38. mau ke jogja ya ar? oh ya, kemaren aku baru naik lagi ongkosnya 63.000 ternyata :D

    BalasHapus
  39. mau tanya nih,,

    klo dri terminal di jogja trus ke kampus UGM naek apa ya?

    BalasHapus
  40. mas,, kalo dr sbya mw ke jaksel.. gmana?

    BalasHapus
  41. naik kereta atau pesawat aja mas.. saya kurang tau kalo bus dari surabaya ke jakarta :D

    BalasHapus
  42. mas,,mw nanya ada g' bus dari bandara juanda surabaya tujuan jogja?? soalx aku mndarat di juanda n mau naik bus ke jogja sambil liat pemandangan gitu...trims b4...

    BalasHapus
  43. sy pernah naik eka dr sby ke jogja, sangat mengasyikan,, dpt makan, minum
    digin bgt acnya, longgar tmpat duduknya.. kgn sm bis eka lg

    BalasHapus
  44. dari juanda naik damri bandara aja mas sampai terminal bungurasih.. dari terminal lanjut naik bus eka, sumber kencono, atau mira.. :D

    BalasHapus
  45. beneerr.. tapi saya lebih suka naik bus kalau malam hari.. enak dipake tidur karena perjalanannya lama.. apalagi tempat duduknya longgar :D

    BalasHapus
  46. oke..makasih banyak mas...

    BalasHapus
  47. di giwangan juga banyak pedagang asongannya kalo siang

    BalasHapus
  48. duuh mungkin ya selayaknya terminal ya.. saya kalau berangkat dari giwangan biasa tengah malem.. nggak pernah siang2.. :D

    BalasHapus
  49. maaf ka mau nannya, kalo tarif Bus surabaya-jakarta berapa? dan waktu perjalanannya berapa yah kak?

    BalasHapus
  50.  duh kurang tau sih kalau surabaya-jakarta, mungkin sekitar 200rb?

    BalasHapus
  51. kaka pernah ke jakarta naik bus/kereta?

    BalasHapus
  52. kalo naek dari jombang ke solo berapa ya tarif buss Eka sekarang
     

    BalasHapus
  53.  duh kurang tau ya, mungkin sekitar 40rb :)

    BalasHapus
  54. Kalo aku sih dah miris naik SK jln ngebut kejadian hmpr nyrempet anak sma bwa motor gitu

    BalasHapus
  55. panggil sofyan aja17 Maret, 2012 15:15

     malah kayak kondektur bis eka saja bro . hehehehe . sekedar info , tarif bus eka surabaya - jogja naik jadi 65.000 sekarang , service masih sama , dapat makan di resto duta , ngawi . gimana2 kalo malam mending naik bis eka . plong dan aman ....

    BalasHapus
  56. iya nih.. jadi serasa kondektur saya, ditanyain tarif -__-". naik bus eka hati lebih tenang :D

    BalasHapus
  57. Saya besok akhir bulan mau ke Surabaya dari Yogyakarta, inginnya pakai Bus, tapi rencananya tiba di Terminal Purabaya. Kalau yang dari Yogykarta sampai terminal mana Pak? Jika mesti berganti angkutan umum sampai ke Purabaya, ada pilihan yang baik?

    BalasHapus
  58. Semua bus yogyakarta masuk terminal purabaya pak.. terminal purabaya=bungurasih.

    BalasHapus
  59. agen bis eka di klaten sebelah mana yaa??
    share please.,
    thanks before..

    BalasHapus
  60. mas , tau tarif bis eka dari solo ke surabaya ?
    makasih sblumnya ..

    BalasHapus