4 September 2010

Perjalanan Menuju Taman Nasional Way Kambas (TNWK)

Perjalanan Menuju Taman Nasional Way Kambas (TNWK)

Sampai dengan dua hari sebelum jadwal kepulangan saya ke Surabaya, saya belum jalan-jalan kemana-mana. Di rumah hanya bengong, tidur, nonton TV, internetan, dan tidur lagi karena hujan masih saja turun. Pagi itu hujan deras masih saja datang, tapi jam 11 sudah mulai reda. Sayangnya jam 12 hujan kembali turun meskipun akhirnya benar-benar reda satu jam kemudian.

Karena melihat cuaca yang cukup cerah saya nekat untuk menuju Taman Nasional Way Kambas yang terakhir saya kunjungi saat saya masih SD, mungkin 15 tahun yang lalu. Tentunya sudah tidak asing kan mendengar kata Taman Nasional Way Kambas? Salah satu tempat konservasi gajah Sumatera yang ada di Lampung. Saya berangkat dengan menggunakan motor Jupiter MX yang pernah menemani saya di Jogja beberapa tahun lalu, yang akhirnya saya pulangkan ke rumah karena boros.

Taman Nasional Way Kambas terletak di Labuan Ratu Lama, Lampung Timur. Jarak dari rumah saya ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK) kurang lebih sekitar 65 Km dan bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan. Dari rumah seperti biasanya saya menuju ke arah Sribhawono dengan jarak 30 Km, lalu lurus ke arah Way Jepara atau Sukadana. Pintu masuk menuju TNWK ada diantara Way Jepara dan Sukadana, tepatnya berada di Jalan Lintas Timur Labuan Ratu Lama.

Saat sampai di Sribhawono hujan deras kembali datang, dengan terpaksa saya harus berteduh telebih dahulu di salah satu rumah warga. Hanya 30 menit menunggu, hujan sudah reda dan saya segera melanjutkan setengah perjalanan saya karena waktu sudah mulai sore yaitu jam 14.00. Setengah jam kemdian saya sudah tiba di pintu gerbang menuju TNWK yang ada di Labuan Ratu Lama atau bisa disebut juga daerah Tridatu kalau saya nggak salah.

Perjalanan Menuju Taman Nasional Way Kambas (TNWK)



4 komentar:

  1. Hehehe...padahal, kalau dibaca, jarak Omahe Mas Tri dengan TNWK tuh 'hanya' 65 KM saja. Tapi kalau dibaca dari postingannya, kayaknya jauhhhhhh banged dech. hehehe. Pintu masuknya itu diapit oleh ruko-ruko?

    BalasHapus
  2. yupzz memang 65 Km saja.. untuk yang 50 Km sampai dengan pintu masuk di pinggir jalan raya itu nggak terlalu lama waktu tempuhnya, tapi yang 15 Km sisa untuk masuknya itu malah waktu tempuhnya lumayan, karena jalanannya kecil dan nggak terlalu bagus, genangan air juga dimana-mana..

    BalasHapus
  3. iya mas lomar, di kanan-kirinya ada ruko-ruko. semacem pasar gitu lah tapi nggak terlalu rame..

    BalasHapus
  4. Hehehe...padahal, kalau dibaca, jarak Omahe Mas Tri dengan TNWK tuh 'hanya' 65 KM saja. Tapi kalau dibaca dari postingannya, kayaknya jauhhhhhh banged dech. hehehe. Pintu masuknya itu diapit oleh ruko-ruko?

    BalasHapus