31 Agustus 2010

Rumah Panggung Dari Lampung

Rumah Panggung Dari Lampung

Jika berjalan 10 Km dari rumah saya ke arah Sribhawono atau lebih tepatnya di Desa Adat Wana akan banyak ditemui deretan rumah-rumah yang berbentuk panggung, ya inilah rumah asli penduduk Lampung. Jika ditemukan rumah-rumah seperti itu sudah dapat dipastikan daerah tersebut adalah daerah perkampungan warga pribumi. Di Kecamatan Jabung juga dapat dengan mudah ditemui rumah-rumah seperti ini karena hampir sebagian besar warga masih menggunakan rumah panggung.

Rumah panggung biasanya cukup besar, memiliki tiang, dan sebagian besar bahan bangunannya terbuat dari kayu. Karena sudah terpengaruh oleh perkembangan jaman, banyak juga rumah panggung yang sudah tidak menggunakan kayu sebagai bahan bangunan utamanya, melainkan menggunakan batu bata seperti rumah-rumah modern yang ada saat ini tapi bentuknya tetap rumah panggung.

Sebenarnya bentuk-bentuk rumah panggung antar daerah di Lampung itu berbeda-beda dan beraneka ragam. Dari perbedaan bentuk dan ukuran rumah panggung itu dapat dilihat status sosial yang dimiliki oleh pemilik rumah. Sayangnya saya nggak tau persis bagian dalam rumah panggung itu seperti apa.

Rumah Panggung Dari Lampung


2 komentar:

  1. Unik yach. Walaupun berstatus panggung, tapi bagian bawahnya tetap bertutup dan memiliki pintu. Berbeda dengan rumah panggung khas Sulawesi Selatan yang bagian bawahnya memang bolong dan benar-benar kosong saja. :)

    BalasHapus
  2. tergantung daerahnya juga kok mas, ada juga rumah panggung yang benar-benar panggung (bawahnya kosong nggak dipakai).

    BalasHapus