26 September 2010

Telaga Sarangan, Telaga Alami Di Kaki Gunung Lawu

Telaga Sarangan

Pos pemungutan retribusi ternyata tidak jauh dari persimpangan antara ke Sarangan dan ke Solo saat saya berbelok tadi. Untuk masuk ke tempat wisata Telaga Sarangan dikenai retribusi sebesar 5.000 sudah termasuk parkir kendaraan dan asuransi jasa raharja. Dari pos pemungutan retribusi ini letak Telaga Sarangan masih agak jauh karena harus melewati satu tanjakan lagi yang nggak begitu curam dan melewati penginapan atau villa-villa yang ada di sekitar Telaga Sarangan. Meskipun sudah ada larangan untuk tidak membawa masuk kendaraan sampai dengan telaga, masih banyak juga motor ataupun mobil yang masuk ke area Telaga Sarangan termasuk saya. Xixixi..

Sebenarnya saya hanya penasaran saja dengan telaga yang terletak di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan ini karena nama Telaga Sarangan sudah cukup dikenal sebagai tempat tujuan wisata di Jawa Timur. Padahal kalau saya lihat tempat juga hanya biasa saja, tidak terlalu menarik. Telaga Sarangan adalah sebuah telaga alami dengan luas kurang lebih 30 hektar yang terletak di kaki Gunung Lawu. Mungkin ini yang membuatnya jadi memikat banyak orang. Ditambah lagi udara disini sangat sejuk, berkisar antara 18-24 derajat celcius. Bahkan walaupun siang hari, tidak jarang telaga dan sekitarnya ditutupi oleh kabut.

Telaga Sarangan

Jika ingin benar-benar menikmati berwisata di Telaga Sarangan mungkin Anda harus mencoba berkeliling telaga dengan kuda. Ada banyak kuda yang bisa disewa di sepanjang telaga. Untuk harganya saya kurang begitu tau karena nggak nanya juga. Selain kuda, ada juga becak air dan perahu motor yang bisa disewa. Harga sewa becak air adalah 40.000 per jam, sedangkan perahu motor 40.000 sekali putaran mengelilingi danau.

Telaga Sarangan

Kalau ingin bermalam disini juga nggak akan pusing karena banyak sekali penginapan, hotel, ataupun villa yang bisa disewa baik yang murah ataupun yang mahal. Kebanyakan penginapan-penginapan itu berada mengelilingi telaga. Dari penginapan ke telaga cukup berjalan kaki saja. Tempat makan juga banyak tersedia di sepanjang telaga. Sayangnya saya tidak akan menginap atau berlama-lama disini. Rasa penasaran saya akan Telaga Sarangan sudah terpenuhi, saya hanya berkeliling telaga dengan motor saja. Setelah itu saya melanjutkan perjalanan saya. Tujuan selanjutnya adalah Tawangmangu!!



13 komentar:

  1. waah....lagi keliling jatim nech.,banyakin dunk oleh2 nya..thanx bnget ea..sdikit terobati rinduku

    BalasHapus
  2. bukan keliling jatim sih, tapi lebih tepatnya menuju jogja sekalin mampir ke beberapa tempat yang saya lewati. kebetulan telaga sarangan termasuk tempat wisata yang terkenal di jatim

    BalasHapus
  3. AAAAhhhhhh!!!!! Kamu menulis tentang Sarangan!!!!!

    Saya pernah melihat Telaga Sarangan di dalah satu foto wisata. BEUHHHHHH!!!! Fotonya mantap, terlebih ada kabut! Entah mengapa, gunung berkabut, lengkap dengan danau dan hutan pinus/cemara selalu membangkitkan kerinduan saya akan sesuatu. Hmm...apakah saya ini titisan tarzan pada kehidupan sebelumnya? hahahaha...

    Tapi, saya ingin sekali ke Sarangan ini. Sarangan termasuk lokasi yang wajib saya datengin nich. hehehehe...Dari Sarangan ke Tawangmangu via Gunung Lawu atau ada jalan memutar?

    BalasHapus
  4. hayuk mas siapin ransel, jalan ke jateng sama jatim.. hehehe..

    dari sarangan ke tawangmangu sudah ada jalannya, bagus kok walaupun lumayan naik.. jalan yang baru ini membelah gunung lawu, tapi sepertinya bakal rawan longsor..

    BalasHapus
  5. waah....lagi keliling jatim nech.,banyakin dunk oleh2 nya..thanx bnget ea..sdikit terobati rinduku

    BalasHapus
  6. gunung sarangan itu nama asli ato nama samaran dari gunung

    BalasHapus
  7. ooo ini tho tlaga sarangan yg suka di omongin sm orng2... rame jg ya :)

    BalasHapus
  8. lumayan mbak, apalagi kalo weekend.. paling enak kayaknya jogging deh disini. ada jogging track mengelilingi telaga.. hehe

    BalasHapus
  9. Penginapanya sama ma yang dkt grojogan sewu gak ya?

    BalasHapus
  10. pengen kesana tapi ada penginapan gak ya?

    BalasHapus
  11.  penginapan di sini kebanyakan ada di tepi danau.. :)

    BalasHapus