8 September 2010

Terminal Baru Pelabuhan Merak Yang Sedikit Lebih Baik

Terminal Baru Pelabuhan Merak

Dari dulu kalau saya pergi dari Sumatera menuju Pulau Jawa, paling malas kalau sudah tiba di Pelabuhan Merak. Setibanya disana pasti kita akan langsung ditarik-tarik dengan sedikit memaksa oleh calo-calo bus yang sudah menunggu di pintu keluar pelabuhan menuju terminal. Walaupun kita sudah menolak pasti masih saja dicecar dengan berbagai macam pertanyaan tentang tujuan kita sehingga tidak bisa leluasa untuk memilih bus yang akan dinaiki. Jurus ampuh yang saya lakukan saat dikejar-kejar calo dan ditanya tujuan saya adalah saya akan menjawab tujuan saya ke Cilegon atau bilang mau makan dulu. Biasanya calo-calo pada mundur kalau saya menjawab dengan tujuan Cilegon karena letaknya yang cukup dekat dengan pelabuhan dan bisa dengan naik angkot untuk kesana.

Dulu saat kita keluar dari Pelabuhan Merak, disitu kita akan langsung masuk ke Terminal Pelabuhan Merak. Sekarang tidak terjadi seperti itu karena sudah ada terminal baru yang jaraknya lumayan jauh dengan pelabuhan. Satu-satunya cara untuk menuju terminal adalah berjalan kaki. Dan yang saya alami kemaren tidak banyak calo-calo yang menunggu di depan pintu keluar pelabuhan. Mereka juga tidak ngotot seperti dulu untuk mencari penumpang. Saat saya menolak tawaran mereka, saya juga dibiarkan saja, tidak dikejar-kejar terus seperti dulu. Saat berjalan menuju ke terminal saya juga menemui beberapa calo yang menawarkan jasa bus-nya, tapi juga nggak memaksa.

Terminal Pelabuhan Merak yang baru ini memang terlihat lebih rapi daripada yang dulu. Dulu terminal terkesan berantakan, kumuh, jorok, air tergenang dimana-mana, dan bau. Hanya saja jaraknya yang cukup jauh membuat lelah para penumpang yang sudah berusia lanjut. Jika membawa barang bawaan dalam jumlah banyak juga pasti akan gempor kalau dibawa sendiri.



7 komentar:

  1. Hahahahaha....Baiklah! Terima kasih buat infonya :D Laen kali, kalau baru turun dari ferry, saya juga akan bilang mau turun di Cilegon ah. Hehehehe...:))

    BalasHapus
  2. wogh, jadi begitu toh triknya? sip sip, akan saya coba lain kali :D

    BalasHapus
  3. seumur-umur saya lum pernah ke Sumatra, tapi pasti tipsnya berguna buat yg lain.

    Makasih kunjungannya ke http://dee-nesia.blogspot.com ya.

    Great blog

    BalasHapus
  4. @lomar dasika: ya begitulah, biar nggak dikejar-kejar calo sana-sini..

    @indrobrad: silahkan dicoba mas.. hehe..

    @dee-nesia: sama-sama mas, terimakasih juga atas kunjungannya..

    BalasHapus
  5. Muhammad_jaka06 Juli, 2012 09:35

    mantap mas.....saya berencena ke krakatau....

    BalasHapus
  6. nice info mas...
    besok jumat mau ke Lampung ni, pertama kalinya :) pengennya ngeteng aja. terimakasih tips2nya

    BalasHapus