7 Oktober 2010

Menelusuri Pantai-Pantai Eksotis Di Gunung Kidul

Menelusuri Pantai-Pantai Eksotis Di Gunung Kidul

Jalan-jalan saat libur lebaran di Jogja masih berlanjut. Hari kedua lebaran adalah waktunya untuk ke salah satu kabupaten di wilayah DIY yaitu Gunung Kidul dengan ibukota Wonosari. Di Gunung Kidul memang terkenal banyak sekali pantai-pantai indah yang masih bersih dan alami dengan pasir berwarna putih kekuning-kuningan. Jumlahnya tidak main-main, ada puluhan pantai dalam satu garis. Anda tidak akan bisa mengunjungi semua pantai dalam waktu satu hari.

Untuk ke Gunung Kidul, jika Anda dari Jakarta ataupun kota lainnya langsung saja naik berbagai macam angkutan umum yang tersedia untuk menuju ke Jogja dengan pesawat, kereta, ataupun bus. Setelah itu silahkan menuju ke Terminal Giwangan untuk mencari bus yang akan mengantar Anda ke Wonosari. Cukup banyak kok bus tujuan Jogja-Wonosari. Tapi cara terbaik untuk mencapai pantai-pantai di Gunung Kidul adalah dengan naik kendaraan pribadi, bisa menyewa motor atau mobil saat Anda tiba di Kota Jogja. Untuk tempat sewa motor bisa ditemukan di sekitar Jalan Pasar Kembang dekat dengan Stasiun Tugu, sedangkan tempat sewa mobil banyak sekali di Jogja. Sewa motor juga bisa didapatkan di sekitar Terminal Wonosari.

Mengapa saya merekomendasikan untuk membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke pntai-pantai di Gunung Kidul? Yang pasti alasannya karena sulitnya akses angkutan umum untuk menuju ke pantai-pantai tersebut. Mungkin kalau tujuan Anda hanya ke Pantai Baron memang terdapat lebih banyak angkutan umum yang bisa mengantar Anda, tapi jika ke pantai-pantai lainnya saya rasa tidak ada. Paling hanya ada satu atau dua angkutan dari Kota Wonosari sampai dengan desa terdekat dengan pantai yang jadwalnya tidak menentu. Anda akan menghabiskan banyak waktu jika menunggu angkutan tersebut. Karena itulah dengan repot-repot saya rela bawa motor butut saya dari Surabaya ke Jogja. Hehehe..

Nah untuk jalur menuju Gunung Kidul terdapat dua alternatif. Alternatif yang pertama adalah melalui Jalan Wonosari dengan melewati Patuk. Karena daerah Gunung Kidul merupakan pegunungan batu kapur, pastinya jalannya akan naik turun dan berliku. Tapi tenang saja, jalanan untuk rute ini cukup bagus dan lebar kok. Alternatif kedua adalah dengan lewat Imogiri melalui jalur Panggang dan Saptosari. Jalanan pada alternatif kedua ini sama-sama naik turun, berliku, serta lebih kecil dan sepi. Tapi pemandangannya luar biasa bagus kalau lewat jalan ini. Buat Anda yang belum tau sebaiknya menggunakan alternatif yang pertama karena petunjuk arahnya lebih banyak dan yang pasti lebih ramai.

Sekarang kemas-kemas yuk, bersiap berangkat menuju pantai-pantai eksotis di Gunung Kidul. Jangan lupa siapkan GPS konvensional (tanya sana-sini) biar nggak nyasar. :D



21 komentar:

  1. Emang sayang kalo sampe melewatkan tempat2 indah seperti itu karena alasan sulitnya transportasi...
    dan aku sukaaaaaa banget pantainya... >.<

    BalasHapus
  2. salam sobat
    memang indah pantai2 yang ada di di gunung kidul,
    saya juga kesana ,saat mudik.

    BalasHapus
  3. Selain indah, hidangan seafood-nya juga enak-enak dan murah banget! Apalagi kepiting yang digoreng garing, yummm... ^_^

    BalasHapus
  4. @inge: bener banget, tapi memang sepertinya wisata di gunung kidul harus lebih dikembangkan lagi oleh pemda karena gunung kidul punya potensi besar sebagai tempat kunjungan wisata jika sarana dan prasarana memadai..

    @NURA: kemana aja kemaren mbak nura?

    @mida: bener banget, seafood memang murah kalau disana..

    BalasHapus
  5. 6 thn yg lalu aq kesana, jadi kangen pengin main lagi, terlebih ketika lihat keindahan di pict ini.

    BalasHapus
  6. wah 6 tahun yang lalu berarti udah cukup lama juga ya mbak widi.. mudah-mudahan bisa segera kesana lagi.. ;)

    BalasHapus
  7. yang paling dikangenin pastilah sea foodnya yang fresh dan murah meriah.yummy......
    salam

    BalasHapus
  8. pantai yg alami adalah dambaan semua orang namun manusia masih kurang bijak memanfaatkan.

    BalasHapus
  9. @bundadontworry: seafood ngangenin buat yang suka seafood, tapi sayangnya saya lebih suka dengan daging daripada seafood. hehe

    @Tukang Colong: iya, kalau dimanfaatkan dengan serius pasti akan menghasilkan untuk daerah itu sendiri.. ;)

    BalasHapus
  10. wah mantep ni pemandanganya... btw emang pantainya masih sepi ya??

    BalasHapus
  11. iya mas, sepi bangett.. serasa private beach :p

    BalasHapus
  12. ingin suatu saat ke sana :D

    BalasHapus
  13. pemandangannya indah bgt, anyway apa karena angle pengambilan gambarnya yang sippp?
    lho, tidak ada persewaan motor seperti di bali?

    BalasHapus
  14. @hue: langsung aja meluncur kesana..

    @ica puspita: tempatnya memang bagus kok, alami dan masih sepi. tunggu postingan berikutnya ya biar lebih jelas. hehe..

    persewaan motor di jogja nggak sebanyak di bali, yang ada cuma di dekat stasiun tugu kalau yang saya tau. harga sewanya juga nggak semurah di bali..

    BalasHapus
  15. Indahnya, dah lama ke maen ke pantai, gpp deh lihat fotonya aja dl hehe

    BalasHapus
  16. @dina: iya mbak, buat ngilangin kangen ke pantai sementara liat foto dulu aja :D

    BalasHapus
  17. Kalau ada puluhan pantai dalam satu garis pantai, pembatasnya berupa tebing dan bukit yah Mas? Hmm....saya bisa membayangkan, sulitnya masuk ke masing-masing pantai tersebut...hehehe...jangan lupa, pantai terasing biasanya masih perawan. hehe

    BalasHapus
  18. bener banget mas lomar, pembatasnya adalah bukit-bukit dan tebing batuan kapur yang memang banyak terdapat di gunungkidul. untuk jalannya sih lumayan bagus meskipun kecil, cuma sepi bangettt dan nggak banyak petunjuk-petunjuk jalan. jadi kemungkinan untuk nyasar itu besarr banget.. hehehe

    BalasHapus
  19. wah mantep ni pemandanganya... btw emang pantainya masih sepi ya??

    BalasHapus
  20. wah 6 tahun yang lalu berarti udah cukup lama juga ya mbak widi.. mudah-mudahan bisa segera kesana lagi.. ;)

    BalasHapus