11 Oktober 2010

Pantai Nguyahan, Sebuah Keindahan Yang Tersembunyi

Pantai Nguyahan, Sebuah Keindahan Yang Tersembunyi

Bagi Anda yang doyan berbasah-basahan di pantai, ingin bermain pasir, dan bergulungan dengan ombak, Pantai Ngobaran mungkin tidak begitu menarik karena sebagian besar terdiri dari batuan karang dan bukit kapur. Anda tidak perlu jauh-jauh mencari pantai untuk bermain air karena di dekat Pantai Ngobaran ada pantai yang indah, dia adalah Pantai Nguyahan. Sekarang kita lihat yuk seperti apa Pantai Nguyahan itu.

Untuk ke Pantai Nguyahan dari Pantai Ngobaran, Anda tidak perlu membawa kendaraan Anda. Cukup parkirkan kendaraan Anda di tempat penitipan yang ada di Pantai Ngobaran dan kita jalan kaki saja untuk kesana. Pantai Nguyahan hanya berjarak kurang lebih hanya 200 meter dari Pantai Ngobaran. Jalan untuk kesana masih jelek, berupa batuan kapur yang bergeronjal. Sepertinya juga tidak banyak orang yang mengira bahwa jalan jelek ini adalah ke pantai lain. Apalagi di kanan dan kiri hanyalah semak-semak dan pohon pisang. Di Pantai Nguyahan juga tidak terdapat tempat parkir kendaraan, karena itu dari awal saya menyarankan untuk tetap memarkirkan kendaraan Anda di Pantai Ngobaran.

Saat saya datang, Pantai Nguyahan memang benar-benar sepi. Hanya ada beberapa pengunjung saja yang terlihat di pinggir pantai, itupun masih bisa dihitung dengan jari. Pantai Nguyahan adalah pantai yang kecil dengan panjang bibir pantai kurang lebih 100 meter yang diapit oleh dua buah bukit di kanan dan kirinya. Pemandangan di Pantai Nguayahan luar biasa indah. Pantainya masih sangat alami dan bersih dengan butiran pasir yang besar-besar berwarna kuning. Biru air lautnya juga terlihat sangat jernih. Jelas pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan dan belum dikelola untuk menjadi tempat tujuan wisata seperti halnya Pantai Baron, Kukup, ataupun Krakal. Tapi justru inilah yang saya suka, karena serasa private beach. Hehehe..

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat rumah-rumah penduduk yang masih terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Hanya ada beberapa rumah saja yang ada disana. Di rumah-rumah itu sekaligus sang penghuni menggunakannya sebagai warung. Makanan yang dijual di warung-warung ini juga hanya seadanya, cuma mie rebus atau goreng, softdrink, dan es kelapa muda. Anda dapat makan atau minum sambil menikmati pemandangan indah ke arah pantai.

Pantai Nguyahan, Sebuah Keindahan Yang Tersembunyi

Saya pergi ke salah satu warung dan memesan es kelapa muda untuk menghilangkan rasa dahaga saya di siang hari yang panas itu. Sambil menikmati segarnya es kelapa muda, saya ngobrol-ngobrol dengan mbak pemilik warung. Awalnya saya mengira pantai ini masih merupakan bagian dari Pantai Ngobaran karena jaraknya yang sangat dekat. Tapi saya salah, saya baru tau kalau ini adalah Pantai Nguyahan dari mbak pemilik warung. Menurut mbak tadi, pantai ini tidak pernah ramai. Boro-boro mau ramai di hari biasa, lha wong di hari Minggu atau libur lebaran seperti ini saja sepi.

Yang jelas pantai ini sepi karena belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, tidak ada yang mempromosikan tempat ini sebagai tempat tujuan wisata, dan akses menuju ke lokasi yang agak ribet. Pantai Nguyahan masih kalah tenar jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul seperti Baron atau Kukup. Tapi saya malah berharap keadaan ini masih akan terus berlangsung. Biarlah pantai ini sepi agar kecantikannya tidak ternoda dan tetap menjadi pantai yang indah alami. Duuuh, pasti habis saya posting ini bakal banyak yang kesana nih (Narsis Mode=ON). Xixixixii..



35 komentar:

  1. pantainya benar-benar indah ya mas....

    BalasHapus
  2. keren banget pantainya mas Wi

    BalasHapus
  3. Kalau melihat photonya cukup menarik ... mungkin kapan kapa saya coba maen ke pantai ngunyah ini...

    BalasHapus
  4. Cantik ya Mas :) Masih perawan, masih asri. Tergolong Pantai Selatan juga tho?

    BalasHapus
  5. salam sobat
    wao indah dan bersih sekali ,pantai Nguyahan ini.
    saya pingin kesana kalau mudik lagi.

    BalasHapus
  6. @sudinotakim: bener banget mas.. terimakasih atas kunjungannya..

    @stephanee: terimakasih atas kunjungannya..

    @chugygogog: kalo dateng ke gunungkidul mesti dicoba mas.. salam..

    @lomar dasika: tentu saja masih pantai selatan, DIY kan nggak punya pantai utara. hehehe..

    @nura: wah sayang sekali ya kemaren waktu mudik cuma ke pantai kukup dan baron saja. kebetulan dua pantai itu juga yang cukup terkenal di gunungkidul dan sudah banyak diketahui turis..

    BalasHapus
  7. hehe...kayaknya mas tri udah liburan lagi nih...
    salam

    BalasHapus
  8. masih kelanjutan dari libur lebaran kemaren mas ari, postingannya masih banyak yang ngantri.. hehe

    BalasHapus
  9. Salam

    Pantai yach, saya pribadi klo mengingat saat2 berada dipantai selalu meninggalkan kesan indah. Hawa angin dan viewnya itu...

    Berkunjung dan silaturahmi kawan
    Salam kawan

    BalasHapus
  10. masih bersih banget ya pantai nguyahan ini

    BalasHapus
  11. @D3nBa9as: terimakasih atas kunjungan baliknya..

    @angel: iya memang masih sangat alami dan bersih..

    BalasHapus
  12. seandainya pemerintah setempat tanggap akan hal pariwisata lokal tentunya akan lebih baik lagi dan ramai dari yang sekarang. perlu untuk dipromosikan karena salah satu dari aset pemerintah setempat untuk mendapatkan tambahan pemerintah setempat. pantai yang sangat indah, bersih dan nyaman....sayang untuk dilupakan....
    trims atas infonya, sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  13. Pantai yang biru dan indah yaa.. sayang belum dikelola dengan baik.. thanks udah main ke blog saya :)

    BalasHapus
  14. sekarang mah pantai nguyahan asik, masih alami. tapi kalo ampe udah terkenal nanti, pasti tangan2 usil akan menjahilinya..:(

    BalasHapus
  15. Jadi Pengin wisata ke bali nich...Btw lam knl sob,sekalian follow blog ini.Jika berkenan silah kan follow balik..Salam blogger sob

    BalasHapus
  16. Panorama yg luar biasa. Pantainya indah bnget. Thanks buat sharingnya, salam sobat :)

    BalasHapus
  17. @harto: memang sayang sih mas kalo dibiarkan saja tanpa dimanfaatkan dengan baik oleh pemda, padahal potensi untuk itu cukup besar..

    @clara croft: sama-sama mbak, terimakasih atas kunjungan baliknya..

    @chikarei: terimakasihh..

    @tukang colong: memang bener sih sekarang masih bagus, nggak tau nanti kalo udah banyak yang tau pantai ini..

    @ingafety: terimakasih..

    @wong sikampuh: tapi ini di jogja mas, bukan di bali.. hehehe

    @gaelby: sama-sama, terimakasih sudah berkunjung..

    BalasHapus
  18. nggak ono mas, aku wae nyasar-nyasar jee.. hahaha

    BalasHapus
  19. akses ke pantai nya gmna mas?

    BalasHapus
  20. jalannya udah cukup bagus tapi sayangnya minim sekali petunjuk jalannya

    BalasHapus
  21. Panorama yg luar biasa. Pantainya indah bnget. Thanks buat sharingnya, salam sobat :)

    BalasHapus
  22. akses ke pantai nya gmna mas?

    BalasHapus
  23. masih bersih banget ya pantai nguyahan ini

    BalasHapus
  24. pantainya benar-benar indah ya mas....

    BalasHapus
  25. bagusss bangettt.. Seneng banget liat pantainya sepi dan ada anak2 kecil (kayaknya penduduk asli ya?) main di pinggir pantai. Bahagia banget masa kecil mereka :')

    BalasHapus
  26. betul mbak, kebanyakan dari sedikit orang itu memang penduduk lokal.. istilahnya yang orang jauh bisa dihitung dengan jari..

    BalasHapus
  27. kemarin kesini bro..
    bagus tempatnya cuma jalannya masih jalan batu ya

    BalasHapus
  28. iya bagus kok.. dan aku sekarang lupa jalan kesananya =))

    BalasHapus
  29. ini kan yang sebelahnya Ngobaran tu kan???

    BalasHapus
  30. bener" massi sepi .

    BalasHapus