23 November 2010

Penyeberangan Antara Sendang Biru-Pulau Sempu

Pulau Sempu

Jika sudah sampai di Pantai Sendang Biru, ini adalah langkah terakhir untuk sampai di Pulau Sempu. Dari Pantai Sendang Biru inilah kami menyeberang ke Pulau Sempu. Di Sendang Biru ada banyak sekali kapal-kapal yang bisa disewa untuk mengantarkan kita sampai ke Pulau Sempu. Jika Anda datang kesini membawa kendaraan sendiri, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di tempat parkir yang ada di pantai sebelum menyeberang.

Pulau Sempu adalah pulau yang merupakan cagar alam, nggak sembarang orang bisa masuk ataupun camping disana kecuali untuk tujuan penelitian. Pemilik kapal juga nggak akan mau untuk mengantarkan kita ke Pulau Sempu jika kita belum mendapatkan ijin tertulis dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat. Tapi nggak usah khawatir, dengan uang tebusan sebesar 15.000-20.000 surat ijin itu bisa keluar dari BKSDA yang ada di Pantai Sendang Biru. Nah ada sedikit ketidakjelasan tentang biaya perijinan ini. Ada yang mengatakan biayanya 15.000-20.000 per orang. Tapi saat kami meminta ijin bapaknya cuma bilang seikhlasnya saja, jadilah kami kasih 15.000 untuk 5 orang. Maklum lah karena ini jalan-jalan versi kere-kere hore. Hehehe..

Nah tarif kapal untuk mengantarkan kami ke Pulau Sempu ini harganya 100.000 per kapal untuk pulang-pergi. Satu kapal berkapasitas maksimal 15-20 orang tergantung dari besar kapal. Nantinya pemilik kapal akan memberikan nomer handphone agar kita bisa menghubunginya saat kita sudah selesai menjelajah Pulau Sempu dan akan kembali ke Sendang Biru.

Pulau Sempu

Biasanya para pengunjung yang datang ke Pulau Sempu melakukan one day trip alias kunjungan dalam waktu satu hari dan pulang pada hari itu juga. Ini terlepas dari tidak adanya fasilitas di Pulau Sempu karena Pulau Sempu memang pulau yang tidak berpenghuni. Bagi yang doyan camping tentunya nggak akan melewatkan malam di Pulau Sempu, menginap dengan mendirikan tenda selama semalam rasanya sudah cukup memberikan kepuasan.

Rencananya kami akan menginap selama dua malam di Pulau Sempu. Hanya saja BKSDA hanya memberikan ijin kepada kami semalam saja untuk camping disana. Tak apalah daripada tidak sama sekali. Ini berarti keesokan harinya kami harus menelpon pemilik kapal untuk menjemput kami di pulau. Ntah apakah ada sinyal atau tidak di Pulau Sempu ini.

Pulau Sempu

Jarak Sendang Biru dengan Pulau Sempu ini sebenarnya sangat dekat. Dengan kapal kayu yang kami sewa hanya ditempuh dalam waktu 15 menit saja. Karena saat itu Sendang Biru sedang dipadati oleh wisatawan lokal jadi cukup banyak juga kapal yang berseliweran di perairan ini. Rata-rata kapal yang disewa oleh pengunjung tersebut hanya berkeliling saja dan tidak mampir ke Pulau Sempu. Alasannya seperti yang sudah saya sebutkan di atas, butuh ijin dari BKSDA untuk bersandar di Pulau Sempu.

Air laut yang tadi sangat jernih, saat mendekati Pulau Sempu berubah menjadi agak coklat kehijauan. Itu karena di tepi Pulau Sempu banyak terdapat hutan bakau yang menjadikan airnya lebih keruh dibandingkan dengan air yang ada di Pantai Sendang Biru. Kapal masuk ke Pulau Sempu melalui Teluk Semut. Kami sempat berpapasan dengan beberapa orang yang baru saja keluar dari Pulau Sempu. Tempat inilah yang menjadi start untuk mengawali perjalanan di Pulau Sempu. Disini juga terdapat seorang polisi hutan yang mengecek perijinan yang kami ambil di BKSDA tadi.

Pulau Sempu

Sebenernya apa sih yang menarik dari Pulau Sempu? Jawabannya adalah Segara Anakan yang berada di dalam pulau sana. Seperti apakah Segara Anakan? Tunggu saja update-nya.. Hehehe..


16 komentar:

  1. pulau sempu emang keren... >.< jadi pengen kesana lagi >.<

    BalasHapus
  2. Sob.. Pulau Sempu itu ada dimana ya?.. Bagus..

    BalasHapus
  3. Salam Hormat Dari Common Cyber &--%

    @ mas FB: Pulau sempu itu di sekitar darah malang, Jatim mas. Terletak di sebelah selatan Pulau jawa.

    betul gak pak Wijanarko?

    BalasHapus
  4. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------
    Pulau sempu memang ajib dah.
    Nah, segar anakana itu yg saya tunggu...

    Birunya pingir segaranya itu lho..indah bgt..serasa di lombok (padahal mah cum alihat lewat pic, tapi sudah berasa mewah gitu0
    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  5. @inge: mbak inge pernah kesana? sama siapa mbak? :D

    @fb: masih masuk di kabupaten malang, jawa timur mas. ada di malang selatan..

    @common cyber: bener banget mas

    @bumi al fattah: sipp ditunggu saja episode selanjutnya.. :D

    BalasHapus
  6. saya orang Surabaya tapi belum pernah ke Sempu.
    payahhhhhh

    BalasHapus
  7. nggak apa-apa mas.. lha wong orang malang aja nggak sedikit yang belum tau pulau sempu.. hehehe

    BalasHapus
  8. serba hijau, indah banget. Berarti kalau camping disana harus bawa semua perbekalan sendiri ya mas, tidak ada fasilitas/makanan di sana maksudnya.

    BalasHapus
  9. tentu saja harus bawa sendiri mas dwi.. mulai dari tenda, alat masak, bahan makanan, air, korek api, sleeping bag untuk tidur agar tidak dingin, dan lain sebagainya.. namanya juga cagar alam, nggak ada manusia yang tinggal menetap disini. ini adalah pulau dengan penuh hutan dan hewan-hewan liar tapi dengan sejuta keindahan.. :D

    BalasHapus
  10. Mengingatkan perjalananku bersama anak tercinta. Memang indah tempat itu.

    Sukses selalu

    Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

    BalasHapus
  11. Tyooo, ora ngajak-ngajak kowe....

    BalasHapus
  12. @R. Indra Kusuma Sejati: wahh pasti cukup seru juga ya jika kesana dengan keluarga.. :)

    @edy permono: lha hayuk om, kapan kita jalan bareng.. hehehe

    BalasHapus
  13. saya orang Surabaya tapi belum pernah ke Sempu.
    payahhhhhh

    BalasHapus
  14. Meutia Halida Khairani08 Juni, 2011 09:37

    hmm sampe ijin menginap jg diurus sama BKSDA ya.. murah lah kalo 100rb bisa dibagi 20 org.. lanjutt

    BalasHapus
  15. iya karena sebenernya pulau sempu itu adalah tempat konservasi, bukan tempat wisata.. itu enaknya pergi rame-rame.. semakin banyak yang ikut semakin kecil biayanya karena bisa sharing cost..

    BalasHapus
  16. ngeri gannnn.... hajar blehhhhh...

    BalasHapus