24 November 2010

Treeking 1 Jam Untuk Sampai Segara Anakan

Pulau Sempu

Segara Anakan adalah tempat favorit bagi para pengunjung Pulau Sempu. Untuk mencapainya tentu tidak mudah. Dari Teluk Semut kami harus trekking di tengah hutan selama kurang lebih 1 jam. Durasi waktu ini sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Jika cuaca sedang baik dan tidak turun hujan, 1 jam jalan kaki adalah waktu yang ideal. Tapi jika sebelumnya turun hujan untuk sampai di Segara Anakan membutuhkan waktu lebih lama, bisa 1,5-2,5 jam. Hal ini bisa terjadi karena jalan setapak di tengah hutan tersebut menjadi becek, licin, dan berlumpur. Jika kaki sudah masuk ke kubangan lumpur akan terasa lengket di kaki dan sangat menyulitkan untuk berjalan. Apalagi jalan di tengah hutan ini lumayan naik turun sehingga cukup menguras tenaga. Beruntung saat kami kesana jalannya sudah agak kering, tidak terlalu becek meskipun sedikit licin.

Sebaiknya saat menuju Segara Anakan adalah sebelum matahari terbenam. Akan sangat beresiko jika berada di tengah hutan saat matahari sudah tidak terlihat di langit. Yang jelas akan sangat merepotkan karena butuh lampu penerangan tambahan. Jalan yang tidak terlihat dengan jelas membuat resiko nyasar sangat tinggi terlebih lagi jika kondisi jalan dalam keadaan becek. Saat becek jalan menjadi tidak terlihat, dalam kondisi terang saja masih mungkin untuk nyasar apalagi kalau sudah malam. Jelas peluangnya lebih gede!! Jangan coba-coba ambil resiko lah..

Tadinya kami sempat bingung ini wisata laut atau wisata gunung karena jalannya lumayan naik dan turun seperti sedang berada di bukit. Apalagi punggung dibebani oleh ransel yang cukup berat. Beberapa kali kami harus berhenti untuk beristirahat. Selama perjalanan suasananya cukup tenang, hanya terdengar kicau burung serta suara nyamang yang menemani perjalanan kami. Nah di tengah hutan ini mata juga perlu sedikit waspada. Masih banyak binatang liar yang menghuni tempat ini. Binatang yang hidup bebas di pulau ini antara lain kera coklat, kera hitam, bajing terbang, biawak, rusa, babi hutan, macan tutul, dan aneka jenis burung. Mata saya hanya melihat kera coklat saja dan saya tidak berharap bertemu macan tutul disini.

Pulau Sempu

Perjalanan selama 1 jam di tengah hutan yang licin, kepleset kesana-kesini, melewati jembatan kayu, dan tenaga yang lumayan terkuras akhirnya membuahkan hasil. Dari atas bukit saya sudah melihat samar-samar Segara Anakan yang indah dan airnya sangat bersih. Tidak sia-sia rasanya perjuangan yang kami alami. Kami sudah sampai di pulau eksotis ini. Apa yang bisa dilakukan di Segara Anakan? Ditunggu ya... :D


32 komentar:

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    Saya tunggu pic2 segara anakananya lho mas...
    Wah, untung gak ketemu macan tutul ya..
    hehehehe

    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  2. ---Salam hormat Common Cyber %--%---
    Saya baru tahu sreius mas, untuk nyampe segara anakan harus jalan kaki sedemikian usahanya..

    Dulu, saya kira paling cuma jalan 1km..15 menitan,,ternyata...

    BalasHapus
  3. berapa orang tuh yg hiking, hehe

    BalasHapus
  4. ditunggu foto-fotonya...
    pasti kereeeen banget dan bikin pingin kesana huhu >.<

    BalasHapus
  5. @bumi al fattah: segera saya posting nanti.. hehehe..

    @common cyber: saya kira juga begitu.. karena nggak ngerti malah saya cuma pake sandal jepit.. jan nggak enak blass.. kalo tau jalannya seperti itu kan enak pake sandal gunung.. :D

    @tunsa: cuma berlima kok mas

    @inge: ayo segera bikin plan buat ke sempu :p

    BalasHapus
  6. Senangnya bisa jalan-jalan terus nih.. Jadi pingin :)

    BalasHapus
  7. kayaknya asik banget ya om...
    salam kenal om..

    BalasHapus
  8. @lilis: nggak terus-terusan kok, cuma kalo pas libur atau pas ada waktu luang :)

    @info.com: salam kenal juga

    @akbarz: salam kenal juga om :D

    BalasHapus
  9. bagi para pecinta alam, tentunya pergi ke segara anakan ini, sesuatu yang sungguh menantang ya Tri.
    Perlu ketahan fisik dan stamina yg prima utk mencapainya kayaknya :)
    salam

    BalasHapus
  10. asik juga pemandangannya,sambil olah raga sambil menikmati keindahan alam... hobi yang menyenangkan he.he

    terimakasih

    BalasHapus
  11. ngeri kalau ada macan tutul segala mas,, berarti kalau camping disana bener-bener harus berwaspada dengan ancaman alam juga ya mas.

    BalasHapus
  12. @masbro: kalo pengen bisa langsung dicoba.. hehe

    @bunda: tentu menantang dan menyenangkan bun.. :)

    @sukadi: memang asyik pak.. walaupun capek tapi selama di perjalanan tidak akan merasakannya, begitu sampe rumah langsung pijet.. hehe

    @sisi lain dwi: kalo di tempat campingnya (segara anakan) itu tempat terbuka, bukan di dalem hutan jadi nggak perlu khawatir. mungkin cuma monyet-monyet aja yang seliweran. kita harus hati-hati sama monyet ini biar barang nggak ilang..

    BalasHapus
  13. kunjungan mlm
    blum smpat bca nh

    BalasHapus
  14. Tempatnya bagus, kayaknya masih belum banyak tersentuh manusia..

    BalasHapus
  15. wehh...kagak jadi ke bali ya mas? hhee

    BalasHapus
  16. wew.. seru ya...sayang udah pulang, kalau belum tar ketemu macan tutul saya nitip kiss buat macannya ya.. hahah.. becanda...

    BalasHapus
  17. pasti banyak pengalaman berharga nih :)

    BalasHapus
  18. @acid: muncak bareng yuk!! hehe

    genksukasuka: terimakasih atas kunjungannya

    @fb: sudah sih mas.. sekarang malah udah mulai banyak yang tau tempat ini..

    @ari: udah pulang mas ari..

    @uli mayang: hahahahha... kalo macannya cewek sih nggak apa-apa.. :D

    @aulia87: tentu saja mbak.. :)

    BalasHapus
  19. pasti banyak pengalaman berharga nih :)

    BalasHapus
  20. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    Saya tunggu pic2 segara anakananya lho mas...
    Wah, untung gak ketemu macan tutul ya..
    hehehehe

    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    BalasHapus
  21. asik juga pemandangannya,sambil olah raga sambil menikmati keindahan alam... hobi yang menyenangkan he.he

    terimakasih

    BalasHapus
  22. Senangnya bisa jalan-jalan terus nih.. Jadi pingin :)

    BalasHapus
  23. Meutia Halida Khairani08 Juni, 2011 09:41

    gile aja kalo sampe ketemu macan tutul.. babi hutan jg buas kan.. ih, semoga selalu berada dalam lindungan Allah aminnn

    BalasHapus
  24. amiin... mereka sebenernya nggak akan berani mendekat kok kalau ada yang lewat.. mereka biasanya akan menyerang kalau sudah terpojok.. yang mudah ditemui cuma kera aja..

    BalasHapus
  25. mmm... ngeliat foto elo pake ransel jd inget zaman2nya gw suka keluyuran di hutan n gunung

    BalasHapus
  26. sekarang udah nggak lagi bang? udah tobat ya? hehe

    BalasHapus
  27. mas...salam kenal.. september ini saya berencana mo ke sempu. Yg bikin rada nekat...di rombongan nih...ada anak kecilnya (5 thn). Gimana  nih mas? dg renc pergi di bln sept apakah di sana masih berlumpur bgt apa ga.....mengingat bln2 terakhir ini kan udah jarang banget hujan... Trus krn ada anak kecilnya....apakah disarankan untuk nyewa local people/polisi hutan sbg guide dg pertimbangan kasihan bapaknya kl mesti harus gendong2 anak :P   Makasih byk y mas...

    BalasHapus
  28. september cuacanya bagus sih sepertinya, nggak pernah ujan. sebaiknya sih bayar guide polisi hutan aja mbak sebagai petunjuk jalan..

    BalasHapus