3 Januari 2011

Akhir Perjalanan Ke Pulau Sempu

Pulau Sempu

Seperti saat berangkat, perjalanan pulang menyeberangi laut antara Pulau Sempu dan Pantai Sendang Biru cukup singkat, hanya 15 menit. Tidak seperti saat berangkat, Pantai Sendang Biru saat kami pulang ini sangat sepi. Hanya ada beberapa pengunjung saja yang datang. Mungkin karena libur telah usai sehingga pantai ini kembali menjadi pantai yang sepi.

Sampai di Pantai Sendang Biru ini kami beristirahat terlebih dahalu di Kantor BKSDA. Disana kami kembali bertemu dengan sepasang suami istri yang telah berbaik hati memberikan air minumnya kepada kami tadi. Kami ngobrol-ngobrol terlebih dahulu dengan mereka. Dari situ kami tau bahwa mereka juga penggila travelling dan memiliki pengelaman yang sudah sangat banyak.

Istirahat di Kantor BKSDA selama 1 jam kami rasa sudah cukup. Kami segera mencari angkutan ke Turen. Ada satu angkot yang lagi ngetem, dan itupun ngetemnya lama banget. Meskipun angkot sudah penuh tapi tetap saja sopir menjejali angkot dengan penumpang. Akhirnya kami berangkat juga menuju Turen. Dari Turen kami naik bus ke Arjosari.

Di Arjosari kami mencari masjid terlebih dahulu untuk mandi dan shalat. Mandi dengan air laut di Pulau Sempu tadi membuat badan lengket semua. Selesai mandi dan shalat kami menuju ke Stasiun Malang Lama karena katanya sore itu masih ada kereta menuju Surabaya yang berangkat dari sana. Sampai di stasiun ternyata loket pembelian tiket belum dibuka. Sambil menunggu kami membeli makan terlebih dahulu di warung yang ada di dekat stasiun.

Malam itu kereta mengalami keterlambatan satu jam. Saat kereta tiba, dan kami naik sudah tidak ada tempat duduk yang tersisa. Dengan terpaksa kami menggelar matras yang kami bawa untuk alas duduk. Teman-teman saya ini terlihat sangat kelelahan dan akhirnya tertidur satu per satu. Saya juga ikut tertidur dengan pulas. Tidak terasa kami akan tiba di Surabaya. Sampai di Stasiun Gubeng saya turun, sedangkan keempat temat saya lanjut ke Stasiun Kota. Katanya sih masih mau ke Jembatan Suramadu. Saya harus berpisah dengan mereka dan tidak bisa ikut karena esok hari saya sudah masuk kuliah seperti biasa.

Oh ya, berikut ini adalah biaya yang saya keluarkan untuk menuju ke Pulau Sempu dari Surabaya:
  • Kereta Api Penataran Surabaya-Malang Rp 4.500 x2 (pp)=Rp 9.000
  • Angkot dari Stasiun-Terminal Gadang Rp 2.500 x2 (pp)=Rp 5.000
  • Bus Terminal Gadang-Pasar Turen Rp 5.000 x2 (pp)=Rp 10.000
  • Angkot Pasar Turen-Sendang Biru Rp 10.000 x2 (pp)=Rp 20.000
  • Karcis masuk Sendang Biru Rp 4.000
  • Ijin ke balai konservasi (sukarela) tapi kita kasih Rp 15.000 (dibagi 5 orang)=Rp 3.000
  • Sewa kapal Sendang Biru-Pulau Sempu pp Rp 100.000 (dibagi 5 orang)=Rp 20.000
Total habis Rp 71.000 belum termasuk uang makan selama dalam perjalanan dan bahan makanan selama di Pulau Sempu.

Note:
  • Buat yang mau kesana sebaiknya membawa persediaan air minum yang cukup karena disana nggak ada sumber air bersih. Kami berlima hanya membawa 6 botol air mineral isi 1,5L itu sangat kurang dan hasilnya untuk perjalanan pulang kami benar-benar kehausan karena air minum sudah habis.
  • Jangan mengaku pecinta alam kalo buang sampah sembarang disana, saya lihat udah mulai banyak juga botol-botol bekas minuman berserakan. Jadi kalo ada sampah mendingan dikumpulin di plastik lalu dibawa keluar pulau dan dibuang di tempat-tempat sampah yang ada di Sendang Biru.

Thanks buat Adha dan teman-teman yang udah ngajakin ke tempat luar biasa ini. Sampai jumpa di perjalanan berikutnya.


22 komentar:

  1. ongkos perjalanannya bisa dikatakan cukup murah ya... :) pernah pengen nyoba kesana pake sepeda motor, karena pernah ke balaikambang bersepeda motor... ntar ah dicoba :)

    BalasHapus
  2. ya memang murah mbak.. nggak tau deh kalo naik motor jatuhnya lebih murah atau lebih mahal daripada naik angkutan umum.. kalo naik motor dari surabaya sih sepertinya jauh banget dan capeknya itu loh nggak nahann.. :D

    BalasHapus
  3. Yup betul murah banget, kayanya lumayan capek perjalannya ya he..he.. tapi mungkin tertebus dengan keindahan alamnya. jadi pengen kesana tapi ngeri ndak kuat jalannya he..he..

    BalasHapus
  4. hallo mbak nita, apakabar? hehehe..

    bukan lumayan capek sih mbak, tapi memang capek. dicoba dulu aja mbak kesana, kalo udah ketemu segara anakan pasti ilang kok capeknya.. ;D

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr.wb.
    Salam sillaturrohmi,,,
    N salam kenal,,,sekalian izin follow..!!!

    BalasHapus
  6. wah saya ketinggalan beberapa episode ke Sempu nih mas, maaf baru bisa berkunjung.
    Btw ternyata biaya kesana tidak begitu mahal ya mas,, nanti kalau ada kesempatan ke Jatim saya puengin main ke Pulau Sempu juga..

    BalasHapus
  7. betull.. malah menurut saya cenderung sangat murah.. tapi kalo kesana sendiri atau cuma berdua biayanya bakal lebih mahal karena nggak ada yang bisa diajak sharing sewa kapal.. hehee

    BalasHapus
  8. mas dri st mlang smpe sendang biru brp jam??
    trus nggu angkot maju brp jam??

    BalasHapus
  9. total perjalanan dari stasiun malang sampai sendang biru kalo nggak salah 4-5 jam udah termasuk nungguin angkot yang lama itu :D

    BalasHapus
  10. aku rncna blan feb awal mau ksna..
    mau join mas... ptnjuk dri tluk semut ke sgra anakan bnyk ga??coz blm prnh ada yg ksana..
    mles nyewa guidenya..

    BalasHapus
  11. sebenernya nggak ada petunjuk jalannya sih, cuma ada jalan setapak doang dan kalo turun hujan ilang deh itu jalannya.. hehehe..

    BalasHapus
  12. mas mas,,klo smpe mlang mlem trus mau carter angktan smpe sndang biru bsa ga??? brp kira2 biayanya??
    mksh mas

    BalasHapus
  13. mas sy rncn mw travel akhir bulan ini ksana... dgn cuaca buruk yg melanda belakangan ini aman ga...?? trus penginapan dsana bs diinfokan dmn dan brp hrgnya...??makasih...

    BalasHapus
  14. @anonim: sebenernya sih bisa, tapi untuk biaya saya kurang tau..

    @anonim: maksudnya penginapan di pulau sempu atau sendang biru? saya rasa nggak ada penginapan disana.. kalo di malang pasti banyak lah,.

    BalasHapus
  15. @anonim: sebenernya sih bisa, tapi untuk biaya saya kurang tau..

    @anonim: maksudnya penginapan di pulau sempu atau sendang biru? saya rasa nggak ada penginapan disana.. kalo di malang pasti banyak lah,.

    BalasHapus
  16. Meutia Halida Khairani08 Juni, 2011 11:46

    subhanallah.. akhir nya selesai melihat bumi Allah yg indah ya.. murah bgt lagi.. daripada ikutan tour (kalo ada)..

    beres jg saya baca.. insya Allah bisa pergi ke pulau sempu... :D
    postingnya menarik sekalii

    BalasHapus
  17. menikmati keindahan sang pencipta ini nggak harus mahal.. dengan sedikit pengorbanan kita bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa dan juga pengalaman yang luar biasa pula..

    BalasHapus
  18. lagi pengen banget kesana... tp rencananya kami cuma berdua (cewek smua), jadi klo harus camping di Pulau Sempu, agak mengerikan... hihihih.... kira2 ada gk ya penginapan disana? untuk safety reason dan kenyamanan aja sih... thanks b4

    BalasHapus
  19. untuk penginapan sudah dipastikan nggak ada.. di sendang biru juga sepertinya nggak ada tuh..

    BalasHapus
  20. mas broooow,sXn tanya dunk : nomor HP prahu yang bisa di hubungi brapa ya???

    BalasHapus
  21. llapsemas broooow,sXn tanya dunk : nomor HP prahu yang bisa di hubungi brapa ya???rencana ane mo ke sempu jumat tgl 9 des 11 ne gan..huhuhu

    BalasHapus
  22. nggak perlu mas.. nanti disana udah banyak banget perahu berjejer yang bisa nganterin.. nah nanti baru deh minta nomer hp yang punya perahu buat hubungin pas jemputnya..

    BalasHapus