21 Februari 2011

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Cukup berat rasanya meninggalkan tower Ngurah Rai yang luar biasa pemandangannya itu. Walau bagaimanapun kami harus turun untuk bergantian dengan group yang lain. Group saya turun menuju ke kantor BMG (Badan Metoeorologi dan Geofisika) terlebih dahulu. Di sana kami disambut oleh petugas yang sudah siap menerangkan tugas-tugas dari BMG. Namanya juga BMG, pasti berurusan tentang cuaca yang akan terjadi hari itu untuk diberitahukan kepada masing-masing maskapai sehingga rencana perjalanan pesawat dapat dijalankan dengan baik.

Setelah ke ruang BMG kami kemudian menuju ke ruang Base Ops. Untuk bagian Base Ops ini adalah yang menerima flight plan dari sebuah perjalanan pesawat terbang. Sebelum terbang, maskapai harus melaporkan nomor penerbangan, jenis pesawat, airport tujuan, dan data-data lain yang akan diinput ke dalam komputer sehingga data-data tersebut dapat terkoneksi kepada ATC. Ribet pokoknya, ane juga nggak begitu ngerti. Hehehe..

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Selesai dari Base Ops kami menunggu teman-teman yang lain untuk berkumpul lagi di bawah. Setelah semua peserta lengkap, kami kemudia berfoto bersama di apron Bandara Ngurah Rai. Kebetulan waktu itu di apron terdapat pesawat Boeing 777-200 milik Singapore Airlines yang akan mengantarkan penumpang berangkat ke Singapore. Beberapa pesawat lain juga terlihat, hanya saja lokasinya cukup jauh.

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Sesi foto-foto di apron hanya sebentar saja karena kami kemudian diajak berkeliling apron Bandara Ngurah Rai. Hanya saja kelilingnya menggunakan bus yang dari tadi kami naiki. Beberapa pesawat yang saya lihat sempat saya abadikan dengan menggunakan kamera PDA seperti Airbus A330-300 milik Malaysia Airlines, Airbus A320 Strategic Airlines yang berasal dari Australia, serta Boeing 737-900ER milik Lion Air. Sebenernya ada beberapa pesawat Airbus A330 Garuda Indonesia serta Boeing 747-400 milik Transaero asal Rusia, sayang pesawat-pesawat tersebut tidak berhasil diabadikan karena cukup susah mengambil foto dari dalam bus yang goyang-goyang melulu. Apalagi cuma pakai kamera PDA saya yang goyang dikit pasti hasil fotonya ngeblur.

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Berkeliling dengan menggunakan bus tentu saja sangat singkat. Kemudian bus kembali membawa kami ke pangkalan Lanud Ngurah Rai tempat di awal kami datang karena acara memang sudah usai. Turun dari bus saya sempat melihat beberapa pesawat yang unik-unik. Denpasar memang surganya pesawat aneh-aneh. Cukup banyak bizjet alias pesawat-pesawat jet pribadi yang datang ke Denpasar. Ada yang dari Philippine, Australia, bahkan tidak sedikit pula yang memiliki registrasi N (November) alias dari Amerika. Mungkin karena Bali merupakan tempat wisata yang menakjubkan sehingga banyak juragan-juragan dari luar sana yang berlibur ke Bali dengan pesawat pribadi mereka.

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)

Saat turun dari bus itu yang sempat saya abadikan adalah pesawat BAe 146-200 yang dioperasikan oleh Aviastar Mandiri yang bekerja sama dengan Transnusa untuk rute ke Nusa Tenggara. Sedangkan di sebelahnya terdapat bizjet dengan tiga mesin. Saya nggak tau jenisnya apa, yang jelas pesawat itu memiliki registrasi Amerika.

Sampai lagi kami di pangkalan udara Ngurah Rai. Sebelum berpisah dengan bapak-bapak petugas Lanud Ngurah Rai yang sudah berbaik hati menyambut kami dan mengantarkan kami berkeliling, tentu saja kami berfoto bersama terlebih dahulu. Setelah itu kami berpamitan karena masih ada acara selanjutnya yaitu makan siang. Hehehe.. Udah laper ini perut karena pagi tadi belum sarapan. Sungguh senangnya hari ini...

Kunjungan Ke Lanud Ngurah Rai (Part 2)


2 komentar:

  1. wah ada foto-foto SQ airlines kirain ada yang mau ke luar negeri.. ternyata hanya kunjungan yah..

    katanya akan ada bandara yang baru di bali yak?

    BalasHapus
  2. iya mas hanya kunjungan saja..

    hmm.. bandara baru? ini masih simpang siur juga sih.. tapi yang pasti Bandara Ngurah Rai yang sekarang bakal direnovasi besar-besaran menjadi lebih modern..

    BalasHapus