2 Maret 2011

Kecewa Dengan Bus Damri Bandara Juanda

Kecewa Dengan Bus Damri Bandara Juanda

Begitu turun dari pesawat Mandala tadi saya keluar terminal kedatangan lalu membeli tiket Bus Damri Bandara di loket yang ada di depan pintu kedatangan. Tiket bus dipatok sama rata baik jauh maupun dekat yaitu 15.000. Tentu saya memilih naik Bus Damri karena harganya yang tergolong murah untuk sampai di Kota Surabaya.

Bagi yang belum tau, Bandara Juanda ini letaknya cukup jauh dari Kota Surabaya. Lebih tepatnya berada di wilayah Sidoarjo. Selain lokasi yang cukup jauh dan terisolir tersebut, transportasi dari dan ke bandara juga cukup minim. Kalau dari kota untuk ke bandara, public transportation yang memungkinkan hanyalah taksi. Anda bisa dengan bebas memilih taksi yang Anda suka. Atau kalau perlu naik ojek juga bisa.

Nah kalau dari bandara ke kota, pilihannya hanya taksi bandara dan Bus Damri Bandara. Taksi bandara ini yang memonopoli angkutan dari Bandara Juanda. Taksi Blue Bird, Orange Taxi, atau yang lainnya tidak diperbolehkan mengangkut penumpang keluar bandara. Parahnya, taksi bandara ini tidak menggunakan argometer. Tarif sudah ditentukan sesuai dengan daerah tujuan Anda. Harganya tentu saja mahal. Kalau biasanya saya dari kost ke bandara naik taksi seperti Blue Bird atau Orange cuma kena 50.000 bahkan kadang kurang dari itu, tapi kalau dari bandara ke kost naik taksi bandara kena tarif 82.000.

Dengan alasan tarif taksi bandara itulah saya lebih memilih naik Damri. Rute Damri Bandara adalah dari Bandara Juanda ke Terminal Bungurasih lanjut ke Jl. Ahmad Yani, Raya Darmo, Tunjungan Plaza, lalu yang terakhir sampai Perak dengan tarif flat 15.000.

Tidak begitu lama menunggu, setelah saya naik dan diikuti oleh penumpang-penumpang lain, bus langsung penuh dan berangkat menuju Terminal Bungurasih. Tidak sampai setengah jam bus sudah sampai di Bungurasih. Cukup banyak penumpang yang turun, hanya tersisa 4 orang saja yang akan ke kota. Bus tak kunjung berangkat lagi dan sopir bilang kalau bus ini tidak ke kota, penurunan penumpang terakhir di Bungurasih. Weleh, kamp*t... Beli tiket sampe kota diturunin di pinggiran kota. Mana dari Bungurasih ke kota masih jauh lagi. Dengan dongkol saya turun lalu nyari bus kota untuk ke kota. Paling nggak kalo itu Damri sampe kota saya hanya perlu naik angkot sekali lagi.

Ya kayak gini deh kalo segalanya di monopoli. Mentang-mentang nggak ada saingan jadi pelayanan seenaknya. Gimana masyarakat mau pakai transportasi publik kalo transportasi publik dari pemerintah aja busuk kayak gini. Sekarang sih nggak usah terlalu banyak berharap deh dengan angkutan umum yang aman dan nyaman. Kalo punya duit tinggal beli kendaraan pribadi, terserah mau mobil atau motor. Biar aja jalanan dipenuhi sama kendaraan pribadi karena pemerintah juga nggak pernah serius menangani masalah transportasi.

Bandara Juanda ini bandara yang besar. Bahkan mungkin terbesar kedua setelah Soekarno-Hatta. Sayangnya transportasinya ribet banget, kalah jauh dengan Bandara Adi Sucipto-Jogja yang jauh lebih kecil. Di Adi Sucipto, mau pakai taksi ada, Trans Jogja ada, kereta Prambanan Ekspres ada, Damri ke Magelang-Kebumen-Purworejo juga ada dengan tarif murah, bus-bus ke arah Solo-Surabaya juga ada 24 jam tinggal berjalan ke arah jalan raya. Mudah-mudahan sih pemerintah segera membenahi transportasi Bandara Juanda ini, walau mungkin ini hanya harapan semu saja. :p


58 komentar:

  1. Repot memang y..mas' mau naik yang enak tapi ongkosnya mahal', Kalau naik damri pelayanannya minim..' uda nti biasanya "ngeetem" pnumpannya jg lama.. trus klau gitu naik apa yg murah & nyaman.

    BalasHapus
  2. hmmm... sebenernya gini loh mbak/mas, biarkan perusahaan lain masuk. berikan konsumen pilihan. paling nggak dengan begitu ada saingan lah.. otomatis harga akan turun.. misalnya taksi blue bird masuk, lalu taksi bandara tetep menggunakan tarif tembak, saya jamin orang nggak akan ada yang mau naik taksi bandara. pasti akan jauh lebih memilih blue bird yang udah jelas bagus pelayanannya.. intinya sih buang jauh-jauh itu monopoli angkutan bandara. selama masih dimonopoli, udah harga mahal, pelayanan juga buruk dan konsumen nggak ada pilihan lain..

    BalasHapus
  3. Semoga dibaca sama pihak yang bersangkutan ya pak. Salam kenal.

    BalasHapus
  4. semoga mbak, walaupun nggak yakin.. :D

    BalasHapus
  5. loh loh loh... setau saya trayek bis bandara emang antar bandara-bungurasih. nggak pernah ada tuh yang ampe ke ahmad yani, tunjungan, bahkan ke perak.
    klo pun ada kok nggak pernah lihat ya bis bandara melenggang di jalanan kota surabaya.
    apa emang saya yang kurang tahu... tapi emang saya nggak pernah dengar tuh trayek ke kota.
    ini linknya dari damri http://damri.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=167&Itemid=1

    BalasHapus
  6. ada mas, coba aja ke konter damri di bandara.. dia rutenya sampe kota kok. saya pernah kok naik dan turun di kebun binatang surabaya.. :)

    kalo saya juga masih sering liat bus damri ini lewat di raya darmo (taman bungkul). nah yang saya sesalkan, pelayanannya ini loh nggak konsisten. kadang sampe kota, kadang cuma sampe bungur.

    BalasHapus
  7. ternyata kejadiannya seperti itu ya

    BalasHapus
  8. Semoga dibaca sama pihak yang bersangkutan ya pak. Salam kenal.

    BalasHapus
  9. Sama om, kemarin baru aja pake Damri Juanda, Supir yg ambil tiketnya gak bner, tuh kan harusnya ada 2 sobekan, 1 buat penumpang, 1 buat orang Damrinya, tapi dy ambil smua, terus ane minta ehh malah dikasih karcis yg bekas itu . . hupft. Temen sebelah ane jg gtu, gk ramah jg ngasihnya, ya ane sih tau mgkn karena mereka capek, tpi QT LEBIH CAPEK, habis perjalanan jauh jg. .

    BalasHapus
  10. perasaan rute bus bandara itu hanya dari bandara juanda ke bungurasih saja.
    tidak tahu kalau sekarang sudah ada trayek ke kota, tapi terakhir kemarin tgl 7 agustus sepertinya masih sama tuh...
    mungkin pihak damri bisa meluruskan masalah ini biar kesannya tidak berat sebelah.

    BalasHapus
  11. sebelumnya ada sampai kota mas.. lewat ahmad yani-tunjungan-perak.. saya sering dulu naik damri bandara sampai terminal joyoboyo.. tapi abis lebaran kemaren tanya ke petugasnya sudah nggak sampai kota lagi

    BalasHapus
  12. mas, tanya dong, rencna mau ke surabaya dari jkt nih..tujuan di surabaya: hotel inna simpang di Jl. Pemuda. nah, dari bandara naik apaan ya mas? terima kasih

    BalasHapus
  13. Hotel  Inna Simpang itu ada di Jalan Gubernur Suryo.. Sampai Juanda naik Bus Damri Bandara ini saja sampai di Terminal Bungurasih. Harga tiketnya 15.000. Turun di terminal nanti jalan ke arah tempat bus-bus kota ngetem.. Nah naik Bus Damri AC (4.000) yang lewat Darmo-Tunjungan Plaza. Mas turun aja di Tunjungan Plaza kemudian nyebrang dan jalan kaki ke Hotel Inna Simpang.. Udah nggak jauh kok..

    BalasHapus
  14. http://www.juanda-airport.com/index.php?pilih=hal&id=45
    "Transportasi Umum:
    Bus (Damri 18 Unit, Jalur bandara-terminal bungurasih pukul 06:00 - 22:00, jalur bandara-Perak 06:00-12:00)"

    BalasHapus
  15. kalau dari bandara mau ke jl. ahmad yani (convention hall/tempat pameran) bagaimana caranya ? kalau diturunkan di terminal naik apa ke ahmad yani ? terima kasih

    BalasHapus
  16. seperti yang sudah diberi tahu mbas nugroho arthur di bawah, bus yang lewat ahmad yani hanya dari jam 06.00-12.00.. jadi kalau lebih dari itu ya turun di terminal bungurasih kemudian naik bus kota tujuan joyoboyo, darmo, atau diponegoro terserah.. semuanya yang saya sebutin itu lewat ahmad yani..

    BalasHapus
  17. mas, kalau mau ke simpang darmo (hr muhammad) enaknya turun dimana?? bus nya bisa langsung menurunkan penumpang di jalan atau ada halte khususnya?? saya dari bali, biasanya sih naik taxi, tapi tambah lama tambah mahal aja. terimakasih..

    BalasHapus
  18. Enak turun di depan terminal joyoboyo aja (terminal angkot). Bisa kok minta berhenti walaupun nggak di halte. Dari joyoboyo lanjut naik angkot warna krem-coklat cukup sekali aja sampe HR Muhammad..


    Sent from my BlackBerry®
    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    BalasHapus
  19. mas,kl dr bandara juanda mw k jogja naek pa ya mas?n brapa ongkosny? sy kan dr medan naek air asia k surabaya biar hemat. mksh.veny.

    BalasHapus
  20. dari bandara naik bus damri ini sampai terminal bungurasih.. nanti setelah turun terminal baru cari tempat bus-bus antar kota antar provinsi.. bus ekonomi AC ada bus sumber kencono sama mira, tarifnya sekitar 30rb perjalanan kurang lebih 7-8 jam kalo siang hari. selain bus ekonomi AC ada juga bus patas EKA, harganya sekitar 63.000 dapet makan sekali di ngawi (gratis).. info bus eka bisa dilihat disini http://www.wijanarko.net/2010/09/dengan-terpaksa-pulang-ke-surabaya-naik.html

    bus-bus dari surabaya ke jogja ada 24 jam kok, jadi nggak perlu takut ketinggalan bus..

    selain itu bisa naik kereta.. kereta ekonomi dari surabaya ada kereta pasundan (05.45), logawa (09.20), sri tanjung (13.20) naik dari stasiun wonokromo tarifnya 23rb-an. yang bisnis atau eksekutif ada sancaka pagi (07.00) atau sancaka sore (15.00). tarif yang bisnis mulai dari 55.000, eksekutif mulai 80.000.. naik dari stasiun gubeng..

    BalasHapus
  21. mas tri, kalau dari bandara surabaya ke jalan basuki rahmat bagusnya naik taksi atau damri? Setelah di sana, saya ingin melanjutkan perjalanan ke gresik bagusnya naik apa? saya bawa koper 2 buah untuk keperluan dinas kantor.

    BalasHapus
  22. KALAU DARI BUNGURASIH KE BANDARA . NAIK APA YA MAS............................. ADA BUS LANGSUNG BANDARA GAK MAS ?

    BalasHapus
  23. bisa naik bus ini pak.. *caps lock lagi mati ya pak?*

    BalasHapus
  24. Bungurasih ke Bandara Juanda ya naik taxi mas, inilah yang merepotkan naik pesawat di Surabaya. Masak orang disuruh naik taxi atau mobil pribadi. Pemda Surabaya  memang gak inovatif dalam hal pelayanan angkutan publik ini

    BalasHapus
  25. ada bus damri juga bukan dari bandara ke kota, tapi dari bandara ke pinggiran kota :|

    BalasHapus
  26. Lebih Minim Transport di Bandara Raden Intan II (CKG) kak.

    BalasHapus
  27. ya wajar dong.. TKG kan airport kecil.. lha kalo SUB itu yang terbesar kedua setelah CGK, masa' transportasinya susaah..

    BalasHapus
  28. mas dari bungur ke bandara naek damri bisa langsung turun di depan bandara ato jalannya masih jauh?

    BalasHapus
  29. turun pas di depan terminal keberangkatan mbak tiza

    BalasHapus
  30. BIS NYA LANGSUNG BERHENTI D JUANDA MBAK, DI DALAMNYA JADI GA JALAN JAUH2 UDAH NYAMPEK

    BalasHapus
  31. mau tanya kalai dari bandara juanda, naik damri, terminal bungurasih tujuan terakhir atau masih bisa lanjut lg smpai TP atau ahmad yani ? makasih

    BalasHapus
  32. kalau sampai juanda sebelum jam 12 siang masih bisa naik damri yang sampai ahmad yani dan TP. tapi kalau lebih dari itu cuma sampai bungurasih, lanjut naik bus kota mbak..

    BalasHapus
  33. mau tanya, kalo dari bandara ke tunjungan paza dengan menggunakan taxi spt blue bird kira kira sekitar berapa ya argonya?

    BalasHapus
  34. Baca post ini, sy jadi teringat sewaktu mudik lebaran ke Sby. Sy juga sempat dongkol ktk gak ada pilihan public transportation dr bandara menuju rumah. Padahal jarak rumah sy dg bandara hanya 15 menit, tarif yg dipatok 95rb, sy langsung urungkan niat sy, bagaimana tdk, d jakrta sj dr bandara menuju tmpat tinggal jauhnya 1 jam , dg argo, hanya sekitar 100rb exclude tol .
    Setuju dg post anda, lbh baik minta dijemput kerabat atau saudara, oia terlebih lagi calo2 yg nawarin taksi gelap itu nyecerin sy spt sy punya hutang,, tapi y namanya org cari uang,
    Sy sungguh kecewa, bandara dg kelas international kok masih ada monopoli public transp. Namun ya menurut rekan yg bekerja d juanda, hal itu dikarenakan hanya taksi bandara lah yg mau membayar pajak,, semoga ke depan bandar juanda lebih "open minded" dalam artian bs menyediakan better public tarnsfer transp ,

    BalasHapus
  35. Parah amat itu Pemda Surabaya

    BalasHapus
  36. Parah amat itu Pemda Surabaya

    BalasHapus
  37. yang lebih parah adalah pihak TNI-AL yang memonopoli taksi di juanda :)

    BalasHapus
  38. lho saya trip dps-sby tiap 2 bulan selama 10 thn dan saya sangat tidak mendukung adanya taxi lain di bandara, justru sebagai perempuan yg travelling saya sangat suka degan taxi bandara yg terjamin securitynya.... ga kayak di jkt yg sembarang taxi bisa masuk n ambil penumpang dgn akibat banyak ga beres... malah saya ini plg suka sistem begitu, krn jauh lebih aman.... wong sudah disistem begitu aja saya masih gerah dgn calo2 taxi liar di Juanda apalagi kalau ga disistem begitu.... liat2 masyarakatnya lah.... kl kriminalitas sudah turun atau rendah dan masyarakatnya melek keamanan spt Singapore, Denpasar atau Jogja... public transport silakan ada di Juanda... wong kriminalitad tinggi banyak copet, tukang culik TKW, tukang pelecehan masih banyak sliweran di Sby kok mau ada public transport murah di Juanda... bisa jadi Bungurasih kedua dong??? Ngeri sekali....

    BalasHapus
  39. sy mau terbang dr jkt ke juanda lanjut ke mojokerto, kalo naik taksi blue bird, kira kira argonya berapa Ɣαα, kalo naik bis dr bungurasih. Cari bisnya ribet nggak , soalnya bawaan saya banyak...minta sarannya terimakasih

    BalasHapus
  40. seenggaknya penumpang diberi opsi mbak, bukan monopoli seperti sekarang.. kalau ada opsi taksi argo dan taksi super mahal a la bandara juanda sekarang kan calon penumpang bisa milih mana yang cocok untuk mereka. monopoli dalam dunia bisnis juga tidak diperbolehkan lhoo..

    BalasHapus
  41. klo mo ke house of sampoerna dari bandara juanda enaknya naik damri yang jurusan mana ya mas? kemarin dikasi tau disuru yg jurusan perak, tapi gak tau turun dimana.. kebetulan jumat besok mo k sby bareng temen2..

    BalasHapus
  42. saran saya naik damri jurusan bungurasih, kemudian lanjut naik bus kota jurusan JMP (jembatan merah plaza). dari JMP ke house of sampoerna bisa naik becak atau jalan kaki.. udah deket sih, tinggal 300 meteran masuk ke gang..

    BalasHapus
  43. sebenernya bukan pemda sih yang parah.. tapi...

    BalasHapus
  44. sekitar 90rb kalau lancar.. kalau macet mungkin bisa sekitar 120rb..

    BalasHapus
  45. Ada saran gak Kalo dari bandara Juanda mau ke Hotel Pasah Asi di daerah Kali Bokor dg asumsi transportasi awal adalah Bus Damri bandara Juanda? Terima kasih sebelumnya ya :)

    BalasHapus
  46. Mau tanya nih..
    Brp kira2 tarif taksi dari bandara adi sucipto ke kebumen?
    Thx..

    BalasHapus
  47. kalau ke Jl Jagir Wonokromo naik bis apa ya,,
    minta info nya gan,,
    makasih,,

    BalasHapus
  48. jagir? agak complicated.. pertama naik bus damri bandara sampai terminal bungurasih.. kemudian naik bus kota tujuan terminal bratang turun di lampu merah panjang jiwo. lanjut naik angkot ke arah jagir..


    bisa juga dari bungurasih naik bus kota jurusan gubeng/THR dan turun di lampu merah stasiun wonokromo.. lanjut naik angkot atau jalan kaki ke jagir sesuai tujuan..

    BalasHapus
  49. rencana bln dpn mo ke malang via sby (juanda) tiba di juanda jam 10 mlm, kira2 msh ada gak transportasi ke malang jam segitu?

    BalasHapus
  50. Damri ke Bungurasih sepertinya masih ada.. Bus dari Bungurasih ke Malang sih saya nggak begitu paham, mungkin juga masih ada. Kalau mau aman, biasanya ada travel dari bandara ke Malang. Harga sekitar 70-90rb

    BalasHapus
  51. naik bus damri ke bandara juanda bisa tidak Mas?, kalau bisa naiknya dari mana saja?

    BalasHapus
  52. Klo dari bandara ke gramedia expo jl basuki rahmat gimana mas? Makasih ya...

    BalasHapus
  53. naik damri ke terminal bungurasih, pindah damri tujuan darmo-tunjungan-perak.. nanti turun depan gramedia expo

    BalasHapus
  54. jika tengah malam tiba di Bandara Juanda akan langsung ke Probolinggo - Situbondo, bagaimana caranya diluar travel ......

    BalasHapus
  55. maaf mau tanya ...
    kalo mau ke sekolah penerbangan dan keselamatan surabaya dari bungurasih naiknya len apa ya? terima kasih....

    BalasHapus