28 Maret 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Saat berkunjung ke sekaten sangat sayang kalo tidak masuk ke keraton sekalian. Saat perayaan sekaten keraton dibuka sampai malam untuk umum. Terlebih lagi ada banyak koleksi-koleksi serta atraksi yang tidak bisa dilihat kalo kita berkunjung pada hari biasa. Tiket masuk cuma 3.000 rupiah saja. Kalo bawa kamera ataupun ingin memotret nambah 1.000 rupiah, nanti kita akan diberi tanda sehingga dengan bebas mengambil gambar.

Begitu masuk keraton saya sudah disambut oleh koleksi-koleksi kereta yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta. Ada Kereta Kyai Mondro Juwolo yang dibuat sekitar tahun 1810-1820. Ada juga Kereta Kyai Garudayaksa yang dipesan oleh Sri Sultan HB VI di Denhaag-Belanda pada tahun 1867-1869. Dan masih banyak lagi koleksi-koleksi kereta yang lain. Semuanya menarik, semuanya terlihat kuno dan antik. Dan yang paling penting adalah semuanya terawat dengan sangat baik.

Kemudian ada patung-patung prajurit dan putri-putri, saya nggak tau namanya. Tapi yang paling menarik perhatian saya adalah terdapat stand yang menunjukkan pembuatan gamelan, kerajinan perak, keris, serta kain tenun. Pengunjung bisa menyaksikan langsung pembuatan kerajinan-kerajinan tersebut selama perayaan sekaten. Di bagian lain terdapat koleksi keris-keris yang sangat lengkap. Di bagian akhir yang membuat saya kagum adalah adanya mobil kuno Ford buatan tahun 1964 dan mobil Cadillac yang pernah digunakan oleh Sri Sultan HB IX. Yang tidak kalah menarik di keraton adalah para pemain gamelan yang semuanya wanita. Bener-bener luar biasa. Berikut foto-fotonya, selamat menikmati...

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Kunjungan Ke Keraton Yogyakarta Saat Sekaten 2011

Maaf nggak semua foto koleksi keraton saya tampilkan, biar hemat bandwidth. Hehe.. Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke Keraton Yogyakarta?


2 komentar:

  1. weh, baru tau aku nek kraton buka pas pasar malem. Perasaan waktu itu sepi deh..
    wah kudu nunggu taun depan nih buat liat..

    BalasHapus
  2. iya win, pas sekaten keraton pasti buka. dan koleksinya dikeluarin semua.. silahkan mencoba tahun depan :D

    BalasHapus