30 Maret 2011

Motorcycle Tour de Tawangmangu (Part 2): Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata Tawangmangu? Bagi sebagian besar orang tentu akan terpikirkan oleh adanya air terjun yang cukup terkenal yaitu Air Terjun Grojogan Sewu. Memang Air Terjun Grojogan Sewu ini merupakan destinasi utama tujuan wisata di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung terutama saat libur akhir pekan maupun libur nasional. Apalagi dengan tiket yang cukup murah hanya 6.000 rupiah pengunjung sudah dapat menikmati alam pegunungan yang sejuk serta air terjun yang indah.

Air Terjun Grojogan Sewu yang sudah cukup tersohor ini menjadi tujuan pertama kami saat baru tiba di Tawangmangu. Meskipun sudah berkali-kali datang ke Air Terjun Grojogan Sewu, saya tidak pernah merasa bosan karena tempat ini memang menarik. Kalau dihitung ini adalah keempat kalinya saya datang kesini. Sedangan bagi nyonya ini adalah kedua kalinya. Dia yang ngebet buat ngajakin ke Tawangmangu meskipun lokasinya cukup jauh dari Surabaya.

Kali ini adalah long weekend karena bertepatan dengan libur Hari Raya Nyepi. Tentu saja pengunjung lebih banyak dari hari biasanya. Tidak tau kenapa kali ini saya cukup bersemangat meskipun baru saja melakukan perjalanan yang cukup jauh selama 5 jam. Tidak terasa lelah sama sekali saat menuruni anak tangga dari loket masuk menuju air terjun. Sayangnya sepanjang perjalanan menuruni anak tangga ini saya tidak melihat adanya monyet yang berkeliaran. Tumben, biasanya banyak sekali.

Air Terjun Grojogan Sewu

Sesampainya di bawah, tepatnya di lokasi air terjun pengunjung sudah ramai sekali. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung. Ada yang basah-basahan bermain air, ada yang berfoto-foto narsis, ada pula yang hanya sekedar duduk di tikar sewaan sambil menikmati makanan. Anda lapar? Banyak yang jual makanan yang didominasi oleh sate ayam dan kelinci. Pengunjung yang datang nggak cuma wisatawan domestik aja loh, ada juga wisatawan mancanegara meskipun nggak banyak jumlahnya. Mungkin Pemkab Karanganyar harus menggenjot lagi promosi wisata Air Terjun Grojogan Sewu agar lebih banyak turis asing yang datang.

Selain memandangi indahnya air terjun Anda juga dapat mengisi kegiatan di dalam area Air Terjun Grojogan Sewu dengan bermain flying fox, arung jeram mini, serta berenang di kolam renang yang ada tidak jauh dari air terjun. Saya sih pengen banget buat renang, tapi setelah memegang airnya yang sangat dingin niat tersebut saya batalkan. Daripada kedinginan terus masuk angin. Hahaha..

Air Terjun Grojogan Sewu

Kami cukup lama berada di kawasan Air Terjun Grojogan Sewu karena kami memang ingin bersantai sejenak untuk melepaskan penat dan kesumpekan Kota Surabaya. Berlibur di daerah pegunungan yang sejuk dengan pemandangan indah seperti ini memang cukup efektif bagi saya untuk menghilangkan stres. Setelah dirasa cukup berada melihat indahnya Air Terjun Grojogan Sewu kami beranjak naik untuk keluar dari kawasan air terjun. Nah dari Air Terjun Grojogan Sewu enaknya kemana lagi ya?


2 komentar:

  1. monyetnya mungkin g mau di foto sm mas tri...hehhe...pisss ahh :D

    BalasHapus
  2. iya mbak, pada kabur majikannya dateng.. xixixixi

    BalasHapus