4 April 2011

Motorcycle Tour de Tawangmangu (Part 7): Hari Raya Nyepi Di Candi Cetho

Hari Raya Nyepi Di Candi Cetho

Setelah menempuh perjalanan yang cukup berat tapi sangat mengesankan dengan pemandangan yang sangat cantik akhirnya kami sampai juga di Candi Cetho. Hari ini bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi. Banyak umat Hindu yang akan beribadah di Candi Cetho. Harga tiket masuknya masih sama kok 2.500 rupiah. Sebagai pengunjung tentu saja saya harus membayar tiket masuk, tidak seperti orang-orang yang akan beribadah tersebut.

Cuaca hari ini benar-benar cerah. Saat berada di pintu gerbang Candi Cetho pemandangan yang indah terhampar sepanjang mata melihat. Mulai dari kebun-kebun sayur milik warga, kebun teh, sampai jalan yang tadi kami lewati yang terlihat berkelok jauh di bawah sana seperti sebuah sungai. Karena begitu cerahnya, Waduh Gajah Mungkur yang terletak di Wonogiri juga terlihat jelas. Berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut juga cukup membantu untuk mendapatkan pemandangan yang cantik ini.

Hari Raya Nyepi Di Candi Cetho

Meskipun sangat cerah, namun angin berhembus cukup kencang. Hal ini membuat badan saya cukup kedinginan. Berjemur di panasnya matahari belum cukup untuk menghangatkan badan. Tidak hanya saya, hampir semua orang yang datang merasa kedinginan. Saking dinginnya, hidung jadi memerah dan mulai meler. Halah.. Menurut penduduk setempat memang kalau cuaca cerah begini angin menjadi cukup kencang dan udara sangat dingin. Ini berlaku saat pagi hari, kalo siang beda cerita lah..

Perlahan namun pasti umat Hindu yang akan beribadah mulai berkumpul. Kemudian mereka mulai duduk berjajar di depan candi. Karena candi sedang dipakai untuk beribadah tentu saja tidak sopan jika kami sekarang masuk kesana. Paling tidak kami akan masuk setelah upacara keagamaan selesai. Kami dan beberapa pengunjung lain hanya mengamati saja dari jauh.

Hari Raya Nyepi Di Candi Cetho

Sembari menunggu kami pergi ke warung yang ada di samping candi untuk mengisi perut. Saat udara dingin seperti ini paling enak makan dan minum yang hangat. Pop mie dan teh panas menjadi pilihan kami. Walaupun baru aja direbus tapi airnya nggak kerasa panas sama sekali, cuma anget doang. Dan ternyata satu cup pop mie masih kurang, jadi nambah satu lagi. Hehe..

Hari Raya Nyepi Di Candi Cetho


0 komentar:

Posting Komentar