23 Mei 2011

Senja Di Pantai Parangtritis

Senja Di Pantai Parangtritis

Semua pasti sudah tahu kalau Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Jogja. Kalau ada yang bertanya tentang pantai di Jogja dengan cepat akan menjawab Parangtritis. Menurut saya pantai yang berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Jogja ini bukanlah yang terbaik, tapi jaraknya yang cukup dekat dengan kota membuatnya tak pernah sepi pengunjung baik dari dalam ataupun luar Kota Jogja. Terlebih lagi pada sore hari, pengunjung akan cukup ramai.

Jangan samakan Pantai Parangtritis dengan pantai-pantai di Gunung Kidul yang kebanyakan berpasir putih. Pasir di Parangtritis berwarna hitam lembut, kalau kering dan tertiup angin akan menyerupai debu-debu halus. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Parangtritis adalah basah-basahan dengan air laut, bersantai di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak, serta bisa naik bendi untuk berjalan-jalan menelusuri sepanjang pantai. Bendi adalah sejenis andong/delman yang berukuran kecil dan banyak dijumpai di Pantai Parangtritis.

Senja Di Pantai Parangtritis

Wajib diingat dan dilaksanakan, kalau bermain air di pantai ini jangan sampai ke tengah meskipun air sudah surut. Tidak jauh dari tepi pantai terdapat palung yang sangat dalam. Jika Anda coba-coba mendekati palung, Anda akan terseret arus air laut yang sangat kuat. Sudah banyak korban hilang karena tenggelam di pantai ini karena tidak berhati-hati. Jadi jangan sampai ada korban lagi di kemudian hari.

Salah satu daya tarik pantai ini adalah keindahan sunset saat senja mulai tiba. Saat sore hari banyak anak-anak muda yang menghabiskan waktu untuk sekedar berkumpul, bersenda gurau, foto-foto, ataupun duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati keindahan sunset. Memang mengasyikkan pergi ke pantai ini pada sore hari, selain tidak panas kita juga akan mendapatkan pemandangan sunset yang indah.

Senja Di Pantai Parangtritis

Keberadaan Pantai Parangtritis juga tidak lepas dari mitos-mitos terutama yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul. Sudah bukan hal yang aneh lagi kalau di tepi pantai terdapat orang yang sedang semedi dan berdoa disertai beberapa sesajen di depannya. Ada larangan juga ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis yaitu pengunjung dilarang mengenakan pakaian hijau muda. Menurut penduduk setempat, warna tersebut bisa mendatangkan petaka jika digunakan di Pantai Parangtrtitis. Ini kan hanya mitos, boleh percaya boleh nggak. Hehe..

Senja Di Pantai Parangtritis


14 komentar:

  1. wah gambarnya bagus-bagus. hweee belum pernah ke Parangtritis, serem juga ya ada palung deket-deket pantai hii.

    BalasHapus
  2. cepet bener mbak.. hehe.. yang jelas pantai-pantai di semarang masih kalah jauh deh kalo dibandingin pantai-pantai di jogja.. yuk mampir kalo ke jogja lagi :D

    BalasHapus
  3. terakhir ke Parangtritis setahun lalu, nggak sempet liat senjanya karena keburu ngejar bis malem. ehehehe.. tapi parangtritis ya GGA (Gitu2 aja), secara saya asli Jogja.. ada banyak pantai yang jauh lebih bagus (setidaknya menurut saya).

    BalasHapus
  4. ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    => ENGLISH TUTORS <=

    Qualifications:

    1. Competent, experienced, or fresh graduate
    2. Proficient in English both spoken & written
    3. Friendly, Communicative, & Creative

    Placement :
    => Batam - Pekanbaru -Balikpapan - Banjarmasin - Palembang - Medan - Makassar

    Send your application and resume to : easyspeak.recruitment@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

    BalasHapus
  5. subhanallah indahhh.. kapan ya saya sampai kesana.. insya Allah bulan depan

    BalasHapus
  6. ya emang GGA sih.. tapi lumayan juga waktu sunset.. :D

    BalasHapus
  7. Gerald Gunawwan25 Mei, 2011 15:00

     berhati-hatilah,karena di sepanjang pantai selatan di Jawa tidak boleh mengenakan pakaian
    hijau,khususnya karena ada Nyi Roro Kidul (Ratu Laut Selatan),karena sudah banyak orang yang hilang di sepanjang pantai laut selatan di Jawa.

    BalasHapus
  8. Mas Tri.... ni foto kpn d ambil???
    bagus bgt y...
    :)
    Kmrin km jg s4 k parangtritis, tp pagi....
    sy sk dgn pasirny yg sgt lembut....
    pas km k sana , km d kira turis dr thailand.....
    krn bahasany yg beda....
    :D

    BalasHapus
  9. yah percaya nggak percaya sih.. tapi menurut saya itu hanya sebuah mitos.. banyak yang hilang tenggelam itu menurut saya yang logis lebih karena adanya palung yang sangat dalam yang berada tidak jauh dari pantai sehingga yang renang agak ke tengah bisa tersedot derasnya air ke dalam palung tersebut..

    BalasHapus
  10. kalo pagi sih kurang begitu menarik.. mungkin lain kali kalo kesini pas sore mbak.. hehe

    BalasHapus
  11. diahwardanich15 Juni, 2011 00:22

    ah view nya keren-keren
    #ngiler pengen kesana ...
    salam kenal :)

    BalasHapus
  12. salam kenal juga mbak diah..


    silahkan dateng ke jogja kalo mau ke pantai parangtritis

    BalasHapus
  13. subhanallah, indah sekali senja merah merona itu :)

    BalasHapus
  14. Lho klo pinggir laut di pakai acara pernikahan trus gimana "standing party"caranya dan apa syarat nya,kena biaya nggak yah??"biar irit mksd nya,kan nggak sewa gedung hahahaha...."trus masa klo ama orang bule nyi roro kidul tetap marah???kan mereka nggak tahu apa2.mohon info nya ya tlg!!nggak tahu nich sementara istry pengen nya nikah an di tepi pantai...1 hari tok kok hahahaha...klo ada yg berkenan mohon comment di FB saya"java_jazz79@yahoo.com" yah syarat2 bikin acara pernikahan di pinggir pantai parang tritis.kan lmyn biar temen2 istri di australia tau keindahan pulau jawa dan bukan hanya KUTA BALI aja.percaya atau tidak BALI BUKAN LAH DI INDONESIA LETAK NYA,itu para bule yg ngomong soalnya mereka nggak tau klo bali tuh ya indonesia juga.hahahaha.....

    BalasHapus