3 Juni 2011

Foto-Foto Koleksi Museum Dirgantara Mandala (Part 2)

Museum Dirgantara Mandala

Koleksi pesawat di Museum Dirgantara Mandala nggak cuma di dalam museum saja. Di luar gedung museum juga terdapat beberapa koleksi pesawat yang tidak kalah menarik diantaranya adalah PBY-5A (Catalina), UF-1 Albatros, Tupolev TU-16 B/KS, A-4 Skyhawk, dan OV-10 Bronco.

PBY-5A merupakan pesawat multi fungsi yaitu sebagai pembom, patroli, penolong, dan sebagai pesawat penumpang buatan Douglas (Amerika Serikat). Kalau UF-1 Albatros merupakan pesawat yang unik karena pesawat ini berjenis amphibi yang dulunya memperkuat Skadron 5 yang berkedudukan di Abdul Rachman Saleh.

Tupolev TU-16 B/KS ini adalah pesawat paling besar yang ada di Museum Dirgantara Mandala. Pesawat buatan pabrik Tupolev Uni Soviet ini memiliki panjang pesawat 36.5 meter, panjang sayap 33.5 meter, tinggi 10.8 meter, dan memiliki kecepatan jelajah maksimum 945 km/jam. Pesawat yang sangat modern di jamannya (tahun '60-an). Pesawat bongsor ini masuk museum pada tahun 1992.

Sebenarnya yang menarik saya datang ke museum ini adalah pesawat OV-10 Bronco yang baru sekitar satu tahun masuk museum. Pesawat baling-baling bermesin ganda buatan North American Rockwell ini digunakan sebagai pesawat serang ringan dan pesawat angkut ringan. Bronco masih aktif digunakan TNI-AU sampai dengan tahun 2007 dan bermarkas di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang. Saat ini Bronco masih berada di halaman museum dan masih ditutup dengan kain. Nggak tau kenapa diberi kain seperti ini, padahal pesawat lainnya tidak.

Tidak kalah gagah, di sebelah OV-10 Bronco terparkir sebuah A-4 Skyhawk. TNI-AU pernah mengoperasikan sebanyak 37 pesawat A-4 Skyhawk. Konon A-4 Skyhawk yang dioperasikan TNI-AU adalah bekas pesawat milik angkatan udara Israel. Loh gimana ceritanya? Kan Indonesia nggak punya hubungan diplomatik dengan Israel? Katanya sih pembeliannya lewat Turkey. Cerita lebih jelasnya saya kurang tau, mungkin ada yang bisa menambahkan?

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Semua pesawat yang berada di luar museum kondisinya sama dengan yang ada di dalam museum. Semuanya terawat dengan baik. Namun pesawat yang berada di luar dan sudah memiliki pelindung dari panas maupun hujan (atap) malah banyak kotoran burungnya. Seperti yang terdapat pada PBY-5A, UF-1 Albatros, dan Tupolev TU-16 B/KS. Harus rajin-rajin dibersihin nih biar kotoran burungnya nggak numpuk.

Gimana? Seru juga kan belajar sejarah di museum. Walaupun sebenernya saya nggak begitu paham juga tentang benda-benda tersebut dan sejarahnya, tapi paling nggak ada sedikit pengetahuan yang bertambah walaupun cuma sedikit. Next, saya Insya Allah kembali lagi ke Museum Dirgantara Mandala nanti kalau pesawat Hawk MK-53 sudah dipensiunkan oleh TNI-AU. Menurut info dari petugas sih tahun depan Hawk MK-53 dipensiunkan..

Monggo yang mau belajar sejarah, datang aja ke Museum Dirgantara Mandala.


8 komentar:

  1. fotonya keren2 euy...
    terakhir kali ke Museum Dirgantara Mandala pas study tour waktu SMP, terus disuruh bikin ulasan. Pas kuliah di Jogja malah lupa kalau di Jogja ada museum ini hehehe

    BalasHapus
  2. memang mbak kita malah sering melupakan atau tidak perduli dengan sesuatu yang berada di dekat kita.. hehe

    BalasHapus
  3. Rumputilalang06 Juni, 2011 10:08

    foto-fotonya mantap sob
    wah...malah belum pernah ke sini

    BalasHapus
  4. kalo di jogja harus kesini mas.. sabtu-minggu biasanya rame anak-anak study tour. kalo mau dapet foto bagus mending datang aja di hari lain, tapi kala nggak salah hari senin libur alias tutup.

    BalasHapus
  5. foto" bagus,,,
    sejarah.na juja bkin tambah wawasan

    BalasHapus
  6. bagus nih foto,, mumpung ada tugas aku kmaren dh agak lama habis dari museum ini suruh buat narasi tentang Sejarah Museum Dirgantara .. bisa minta tolong gmana tips yg bagus? hehe :D

    BalasHapus
  7. eh.. kak. itu kan banyak ya foto-foto pesawatnya..
    aku boleh minta tolong ngga? buat nggasii nama nama pesawatnya itu

    BalasHapus
  8. tolong bantuannya ya ka.. lagii butuh banget ini
    :-)

    BalasHapus