8 Juni 2011

Kota Batu: Beli Oleh-Oleh Apel Malang

Beli Oleh-Oleh Apel Malang

Kalau berbicara tentang Batu/Malang maka akan identik dengan buah apel. Memang Kota Batu adalah tempat budidaya buah apel yang selanjutnya dikenal dengan sebutan Apel Batu atau Apel Malang. Bahkan ada agrowisata yang pengunjungnya bisa memetik buah apel langsung dari pohonnya. Kalau di rumah kita biasanya di depan rumah ditanami pohon jambu, rambutan, atau mangga, kalo di Batu halaman rumah ditanami pohon apel. Enak yah.. Jadi ke Batu nggak beli apel rasanya ada yang janggal. Di berbagai sudut Kota Batu banyak kios-kios yang menjual apel.

Saya sempat mampir untuk beli apel saat perjalanan pulang dari Coban Talun ke arah Kota Batu di pinggir jalan yang tidak jauh dari Selecta. Ada dua jenis Apel Malang yang diperjual-belikan disini. Yang pertama namanya adalah Apel Manalagi dan jenis kedua adalah Apel Ana. Apel Manalagi berwarna hijau, bertekstur agak keras, dan rasanya manis. Rasa Apel Manalagi menurut saya kok cenderung mirip rasa jambu ya? Kalau Apel Ana warnanya agak kemerah-merahan, lebih empuk daripada Apel Manalagi, tapi rasanya asam. Keduanya sama-sama berukuran kecil, tidak sebesar apel-apel impor.

Kalau mau tau rasa apel yang pengen dibeli bisa nyobain dulu, gratis!! Ibu-ibu penjualnya dengan senang hati akan memberi sampel apel untuk kita cicipi. Asal jangan nyicip sampe kenyang aja. Haha.. Untuk harga sih relatif murah, antara 7.000-15.000 per kilo tergantung dari ukuran apel. Saya beli Apel Manalagi dan Apel Ana masing-masing satu kilogram. Itu aja udah cukup memberatkan tas punggung saya. Tapi setelah dirasa-rasa kok saya lebih suka yang Apel Ana karena rasa asamnya itu seger!! Hehe.. Apel yang saya beli ini bukan oleh-oleh sebenernya, tapi buat dimakan sendiri. Lha nggak ada yang mau dikasih oleh-oleh. Hahai.. :p


18 komentar:

  1. Meutia Halida Khairani08 Juni, 2011 12:15

    huuu, terkenal bgt deh kalo Malang adalah kota apel.. belum pernah kesana T_T

    BalasHapus
  2. malang masih di pulau jawa mbak, ngga jauh lah ya kalo dari jakarta.. yuk kesini, banyak tempat-tempat menarik di malang dan sekitarnya.. saya sendiri belum sempat menjelajah semua tempat di jawa timur..

    BalasHapus
  3. wuaaah siang2 gini jd pgn mnm jus apel ki.. kok yo beline cm 2kg to mas, haruse tmn2 kaya aku yo dibeli'ke *ngarep ha..ha..

    BalasHapus
  4. kalo tak beliin berat di ongkos kirim mbak.. haha

    BalasHapus
  5.  Pak Tri, kok susah bgt deh ninggalin komen disini... apa keberatan theme nya kah? atau kompie dan modem ku yg dodol.. heheh...

    gambar taman wisata Selecta kmrn gile keren banget! sayangnya jauh bgt deh dari jakarta... coba cuma sejauh Bandung gtu.. ehehe..

    ah kota Batu memang kota yg indah... ingin sekali kesana ^_^

    BalasHapus
  6. kayaknya bukan masalah theme-nya deh tapi karena aku pake kolom komentar disqus, bukan kolom komentar bawaan blogger.. dia maunya halaman terloading dengan sempurna baru bisa ngisi komentar.. :)

    dari jakarta naik pesawat aja mbak ke malang.. udah deket sama kota batu. xixixii..

    BalasHapus
  7. enak banget siih bisa sempet beli apel malang.. hehehe.. iya sih, secara terkenal banget.. pas lewat arjsari dulu itu juga nemu banyak yang jualan. iklimnya dingin siih cocok buat apel.. yup, paling banyak ditemuin di wilayah batu-nya.

    doh, gak bisa komen di atas ya saya... T_T

    BalasHapus
  8. tinggal dipilih urutannya aja kang.. tuh pilihan untuk urutan komen ada di atas, tepat di bawah kolom komentar..

    BalasHapus
  9. saya mau koq Mas dikasih oleh-olehnya...hahahaha

    wah, waktu saya ke Malang dan Batu, saya nggak pernah beli Apel. Saya belinya apel yg sudah diolah dan dijadikan keripik.alasannya, berat! hahaha. padahal menggoda banged deh ngeliat kios kios penjualan apel tersebar di pinggir jalan berderet2. DI arah jalan menuju Selecta, bahkan rumah-rumahnya dihiasi pohon apel dengan buah buah bulat berwarna hijau pucat yang bergelayutan. Hihihi....

    entah kenapa, disebut Apel Malang ya Mas? padahal aslinya apel itu berasal dari Batu kan? Apa karena masuk Kabupaten Malang gt yah?

    Mas Tri, saya perhatikan, foto-foto mas Tri sudah ga dikasih watermark lagi ya?

    BalasHapus
  10. Baru tau saya ada apel manalagi, biasanya mangga manalagi ya.. hehe
    Saya pengin juga beli oleh-olehnya tapi belum pernah ke Malang je mas, 

    BalasHapus
  11. iya saya juga baru tau.. itupun karena dikasih tau sama penjualnya.. tadinya cuma tau namanya apel malang, terjadi dibagi lagi beberapa jenis

    BalasHapus
  12. berat diongkos.. wkwkwkwkkwk..

    ya sayang nggak beli, apalagi alasannya berat.. beli sekilo dimakkan di jalan kan nggak berat mas. haha.. keripik nangka sama keripik apelnya malah nggak beli.. nggak begitu tertarik, enak yang masih seger.. :D

    sepertinya karena batu masuk kabupaten malang, sedangkan malang sendiri lebih terkenal daripada batu. kalo di malang kota sepertinya malah nggak ada pohon apel. :D

    iya mas, udah nggak tak pasang watermark. lagian sekarang foto-foto di blog ini udah nggak bisa di save as kok.. :D

    BalasHapus
  13. Ke kota malah 3minggu sekali, tiap kesitu pasti mampir buat beli apel, 10rb kemarin beli 1kg'nya :D
    mantep apelnya.. hihihii

    BalasHapus
  14. kalo kesana nitip broo.. hahaha..

    kemaren beli 2 kg ternyata kurang. :D

    BalasHapus
  15. Daru_churnianto22 Juni, 2011 21:19

    Salam kenal dari rumah resep masakan Indonesia, ditunggu kunjungan baliknya :).

    BalasHapus
  16. gak beli keripik apelnya juga? enak lho...

    BalasHapus
  17. ada juga keripik nangka, tapi nggak tertarik buat beli.. masih lebih menarik buah segarnya aja.. :D

    BalasHapus
  18. Pasar Induk Kramat Jati13 Juni, 2012 19:18

    Beli  Apel  Manalagi
    dari malang Warna Kuning, Satu kg 12 biji, segera hub +62. 8211 312 2561


    www.PASARINDUKKRAMATJATI.COM,  www.PASARINDUK-KRAMATJATI.BLOGSPOT.
    COM

    BalasHapus