6 Juni 2011

Kota Batu: Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

Selecta Resort & Hotel, ya inilah pelabuhan pertama saya di Kota Batu. Bukan pilihan saya datang kesini, tapi ini maunya Nyonya. Dia biasa jual hotel dan pake wisata disini tapi malah belum pernah datang sendiri. Hehe.. Selecta adalah sebuah resort di Kota Batu yang di dalamnya terdapat taman wisata untuk keluarga dan juga terdapat ada hotelnya. Tiket masuk resortnya 15.200 per orang sedangkan untuk kendaraan roda dua 2.000. Total kemaren masuk untuk dua orang plus motor adalah 32.400. Untuk rate hotelnya saya kurang tau, kata Nyonya sekitar 300.000 per malam dan mendapatkan gratis masuk resort.

Ada apa aja sih di Selecta? Selecta ini memang lebih cocok untuk wisata keluarga. Di Selecta terdapat berbagai permainan yang cenderung cocok untuk anak-anak. Disini terdapat waterpark untuk anak, kolam renang dewasa, taman bunga, goa singa, flying fox, dan ada juga pasar wisata Selecta. Selain itu pengunjung bisa juga berkuda jika ingin mencoba manaiki kuda.

Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

Suasana tempat ini sangat sejuk karena berada di antara tiga gunung yaitu Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro. Suhunya berkisar antara 15-25'C. Bagi yang pengunjung yang udah bangkotan kayak saya ini lebih banyak duduk-duduk bersantai dan foto-foto. Banyak spot-spot yang menarik untuk berfoto. Salah satu yang terbaik menurut saya adalah di taman bunga. Cuma ada beberapa jenis bunga saja di taman itu, taman bunganya juga tidak terlalu luas. Tapi bagusnya semua bunga itu sedang mekar. Bagus banget!! Saya nggak tau jenis-jenis bunganya karena saya bukan pemerhati bunga. Sempat tergiur juga buat renang karena disitu ada kolam renangnya, sayang nggak bawa ganti baju dan celana renang. Jadi cuma keliling-keliling aja. :D

Ketika saya sampai Selecta masih pagi sekitar jam 08.30 jadi masih sepi, tapi menjelang siang Selecta sudah penuh dengan manusia. Walaupun ramai tapi nggak terlihat sesak, mungkin karena tempatnya yang luas. Pengunjung yang datang ke Selecta pun tidak sebatas wisatawan lokal saja, tapi saya melihat rombongan wisatawan luar negeri yang saya yakini berasal dari Malaysia. Wajah boleh sama tapi logat tentu sangat berbeda.

Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

Dari sisi lain di Selecta kita bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang mengelilingi kota batu. Di bawah juga terlihat sawah-sawah serta aliran sungai yang sangat cantik. Rupanya aliran sungai itu berasal dari sebuah air terjun yang terletak tidak jauh dari Selecta. Coban Talun orang biasa menyebut air terjun tersebut. Saya penasaran juga pengen kesana. Sambil menikmati cemilan, saya ambil BB buat ngecek lokasi Coban Talun pada google maps. Maklum BB-nya belum pake GPS. Jaraknya hanya 3,5 km dari Selecta.

Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta

Karena hari sudah semakin siang, dan pengunjung sudah semakin ramai saja, jadi mending kita geser dikit ke Coban Talun. Sudah siap untuk kesana? Rutenya berat loh!!


7 komentar:

  1. hihihihi.....padahal di postingan sebelumnya pake dirahasiakan perginya sama siapa, ternyata ketahuan juga perginya sama siapa :p

    Yaaa...Selecta bagus yah, tempatnya adem dan tertata dengan rapih. Buat foto-foto emang bagus sich hehe. Sayang, menurut bapak supir angkot yang saya wawancarai *duh, bahasanya* Selecta udah nggak sedingin dulu. Padahal Selecta kan lokasinya lebih tinggi daripada Kota Batu, namun dinginnya Selecta sudah menurun jauh sekali dibandingkan, katakanlah sekitar 20 tahun lalu. Hehehe...jadi penasaran. Teman saya aja tangannya kebas gara-gara turun dari Selecta ke Batu. Gimana 20 tahun yang lalu ya?

    BalasHapus
  2. memang iya selecta lebih tinggi daripada batu, tapi nggak tinggi-tinggi amat sih karena jarak dari batu ke selecta itu nggak jauh.. yang jauh lebih naik itu kalo ke cangar.

    waktu saya datang di pagi hari sekitar jam 08.30 itu udaranya masih dingin mas, dinginnya juga karena angin yang kenceng. malah sampe bikin hidung saya sakit.. nah setelah agak siang baru kerasa kalo selecta udah nggak dingin, tapi juga nggak sepanas surabaya ;p

    BalasHapus
  3. haihhhh =.= beda atuh Kang. Surabaya mah Puanaaase poool :))

    oiya, Cangar! waktu itu saya nggak sampai ke Cangar soalnya untuk menuju sumber air panasnya harus jalan 1 KM ke atas yach? kayaknya seru tuh berendem air panas diantara rerimbunan pepohonan :D ndak cobain ke Cangar, Mas? Kayaknya waktu saya lewat rute Terminal - Selecta (oranye yach?) ada angkot ke arah Cangar deh. :D

    BalasHapus
  4. mungkin lain kali aja ke cangar-nya.. sehari nggak cukup buat menjelajah banyak tempat.. paling maksimal cuma 1-2 tempat aja, kalo emang bener-bener menikmati.. :D

    untuk angkot kemaren saya nggak perhatikan.. orange atau hijau yah.. lupa.. xixixiixi :p

    BalasHapus
  5. htm selecta da yg tau ga brapa...

    BalasHapus
  6. sebenernya udah saya tulis di atas loh kalo teliti bacanya, di atas sendiri malah... harga tiketnya 15.200 per orang..

    BalasHapus
  7. selecta sama jatimpark jauhan mana kalo dari arah malang

    BalasHapus