16 Juli 2011

Dari Candi Ke Candi: Komplek Candi Gatotkaca

Komplek Candi Gatotkaca

Rute lokasi wisata di Dieng hanya seperti sebuah lingkaran yang memutar. Kalau yang pertama Anda jelajahi adalah Telaga Warna dan Telaga Pengilon, nantinya secara berurutan Anda akan menemui Dieng Plateau Theater, Candi Bima, Kawah Sikidang, Candi Gatotkaca, Museum Kailasa, Komplek Candi Arjuna, dan Candi Dwarawati dengan jarak yang cukup berdekatan. Kalau Anda start dari Komplek Candi Arjuna berarti ya tinggal dibalik saja rutenya. Bener-bener surga bagi wisatawan.

Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan Candi Bima sudah saya jelajahi. Sekarang saya pergi ke arah Candi Gatotkaca yang berjarak hanya 1 km dari Candi Bima. Sama dengan Candi Bima, lokasi Candi Gatotkaca persis di pinggir jalan. Tempat parkirnya lumayan luas dan tertata dengan sangat rapi. Kenapa? Karena selain tempat parkir untuk pengunjung Candi Gatotkaca, Anda juga bisa parkir disini kalau Anda ingin ke Komplek Candi Arjuna. Sedangkan Museum Kailasa tepat berdiri tepat di depan Candi Gatotkaca.

Candi Gatotkaca berukuran cukup mungil dengan panjang dan lebar masing-masing 4.5 x 4.5 meter. Candi ini berada di lereng bukit Panggonan yang lokasinya lebih tinggi dibandingkan Candi Arjuna, namun lebih rendah dari Candi Bima. Pada dinding candi terdapat Makara yang berupa wajah raksasa yang menyeringai. Pada tubuh candi terdapat ruangan yang sempit. Sedangkan pada bagian luar sebelah candi terdapat beberapa bagian batu yang berserakan. Mungkin itu adalah bagian dari candi perwara yang ada disini.

Dari sini Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang indah di seberang sana. Perbukitan yang menghijau sepanjang mata memandang. Kalau Anda jeli, Anda juga bisa melihat Telaga Balekambang yang terletak di sebelah timur Candi Gatotkaca.


2 komentar:

  1. Meutia Halida Khairani24 Juli, 2011 21:36

    gatot kaca keren gitu, tp candinya secuil huehehehe. kirain candi gatot kaca tuh ada kuburannya si gatot kaca, huehehe

    BalasHapus
  2. ini cuma penamaan dari masyarakat aja kok.. nama aslinya kalo nggak salah bukan itu..

    BalasHapus