18 Juli 2011

Komplek Candi Arjuna Yang Mempesona

Komplek Candi Arjuna

Ditemani dinginnya udara sore hari di Dieng dari penginapan saya menuju Komplek Candi Arjuna. Lokasinya nggak jauh dari penginapan saya, jalan kaki pun cuma sebentar. Tapi kali ini saya lebih memilih naik motor saja. Sore itu Komplek Candi Arjuna cukup ramai. Keramaian ini berasal dari para wisatawan maupun penduduk lokal. Banyak sekali anak-anak muda yang nongkrong di Komplek Candi Arjuna. Kenapa? Mulai tanggal 1-3 Juli di Dieng terdapat acara yaitu Dieng Culture Festival 2011. Karena acara ini pula yang membawa saya sampai di Dieng. Saya ingin sekali melihat serangkaian festival budaya tersebut terutama acara pemotongan rambut gimbal anak Dieng. Memang sebagian besar acara dilakukan di Komplek Candi Arjuna, jadi nggak heran kalau Candi Arjuna cukup ramai. Eitt.. Tunggu dulu, saya nggak mau bahas Dieng Culture Festival lebih lanjut karena saya ingin membahas tentang Candi Arjuna terlebih dahulu. Hehehe..

Komplek Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna merupakan komplek candi yang terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Kompleknya cukup luas dan tertata dengan sangat baik. Candi Arjuna ini juga biasa disebut dengan Candi Dieng. Kalau ada yang menyebut Candi Dieng berarti yang dimaksud adalah Candi Arjuna. Padahal kenyataannya masih banyak komplek candi yang lain di Dataran Tinggi Dieng seperti Komplek Candi Bima, Gatotkaca, dan Dwarawati.

Pada Komplek Candi Arjuna ini terdapat dua kelompok candi yang bersebelahan. Kelompok pertama adalah candi yang berada di sebelah timur. Candi-candi itu antara lain Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Kelompok kedua adalah candi yang berada di sebelah barat. Dalam kelompok ini terdapat dua candi yang saling berhadapan yaitu Candi Semar dan Candi Arjuna. Baik Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra maupun Candi Arjuna semuanya menghadap ke arah Candi Semar. Masing-masing candi ini memilik ciri khas tersendiri. Pada dinding candi terdapat relung-relung. Sementara pada bagian depan terlihat kala-makara. Atap candi juga penuh hiasan yang sangat menarik.

Komplek Candi Arjuna

Mendengar nama-nama candi di Dieng seperti Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra mengingatkan saya pada tokoh-tokoh wayang pada cerita Mahabarata. Selain itu juga masih ada tokoh-tokoh wayang tersebut yang dijadikan nama candi di Dataran Tinggi Dieng misalnya Candi Setyaki, Dwarawati, Petruk, Antareja, Nala Gareng, Nakula, dan Sadewa. Sebaian besar dari candi ini sudah tidak berbentuk lagi karena hanya tersisa pondasinya saja. Namun masih ada beberapa candi yang layak untuk dikunjungi dan tentu saja sayang kalau saya lewatkan.

Sebelum saya melanjutkan menjelajah candi lain, adakah di antara teman-teman yang bisa menebak fungsi dari kain putih yang melingkari Candi Arjuna dan Candi Semar? :D


13 komentar:

  1. ooh banyak candinya ya :O kirain DTD tuh perkebunan :O

    BalasHapus
  2. rie ramadhaanie19 Juli, 2011 06:26

    baru sadar waktu baca postingan ini, patung semar yang aku lihat di gunung arjuna juga dibungkus kain putih. kenapa ya??? O.o

    BalasHapus
  3. weee... jadi mampir ke Dieng bertepatan dengan Dieng Culture Festival? >.<

    jadi pingin...

    BalasHapus
  4. perkebunan juga luas tir, sebagian besar masyarakat dieng kerja sebagai petani kentang..

    BalasHapus
  5. sebenernya nggak ada hubungannya sama patung semar di gunung arjuna rie.. hehe.. ini kain putih sebagai pembatas acara puncak dieng culture festival..

    BalasHapus
  6. hu'uh bang.. kalo pengen berarti nunggu tahun depan :D

    BalasHapus
  7. Rumputilalang20 Juli, 2011 14:36

    mantap mas, dapat langit biru cerah

    BalasHapus
  8. benerr.. langit sedang sangat bersahabat..

    BalasHapus
  9. Meutia Halida Khairani25 Juli, 2011 07:15

    pembatas acara puncak acara dieng culture festival ^__^ (nyontek dibawah) hahaha.. Pertanyaan, setiap jalan2, kamu bawa netbook ya? jadi langsung posting gini...

    BalasHapus
  10. Chadrapardosi26 Juli, 2011 16:44

    it wasnt complete if u were not visiting Sumatera Utara.. It also one of the beauty of our country...
    But over all, i like this post ..

    BalasHapus
  11. 100... nyontek tapi.. haha.. nggak langsung posting kok mut.. ini udah dari beberapa minggu yang lalu jalannya.. netbook biasanya dibawa, tapi cuma buat backup foto..

    BalasHapus
  12. hehehe.. kebetulan saya awal bulan depan ke sumatera utara.. tunggu saja ya!!

    BalasHapus
  13. Meutia Halida Khairani03 Agustus, 2011 12:16

    kali aja update pake bb

    BalasHapus