26 September 2011

Danau Toba Dilihat Dari Tongging.. Wonderful!!

Danau Toba

Puas melihat Air Terjun Sipiso-Piso? Jangan terburu-buru pergi dulu. Masih ada pemandangan yang sangat mengagumkan dilihat dari sini, apalagi kalau bukan Danau Toba. Memang benar, keindahan Danau Toba dapat dinikmati dari beberapa tempat karena Danau Toba adalah danau yang sangat luas. Memiliki panjang hingga 100 km dan lebar 30 km menjadikan Danau Toba sebagai danau terluas di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Danau Toba juga terjadi karena letusan vulkanik dari sebuah gunung berapi super. Nggak heran dong kalau Danau Toba dikelilingi bukit-bukit maupun pegunungan. Daan.. Di bukit-bukit inilah yang menjadi tempat yang bagus untuk melihat Danau Toba.

Tempat yang paling umum dan paling mudah dicapai untuk menikmati Danau Toba tentu saja adalah Parapat. Tempat lain yang tak kalah menarik adalah Nainggolan, Ajibata, Tele, maupun tempat-tempat di Pulau Samosir seperti Tomok, Tuk-Tuk, Ambarita, Simanindo, dan Pangururan. Namun saat ini saya sudah berada di Tongging (Kecamatan Merek), salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba. Apalagi tempatnya berada di atas bukit membuat Anda bisa memandang sangat luas. Tidak perlu pergi kemana-mana, lokasinya masih menyatu dengan lokasi Air Terjun Sipiso-Piso. Sekali Anda datang ke Air Terjun Sipiso-Piso, Anda akan mendapatkan dua pemandangan yang mengagumkan sekaligus. Pertama Air Terjun Sipiso-Piso yang berada di sebelah barat dan kedua Danau Toba yang berada di sebelah timur.

Kenapa saya bilang kalau Tongging merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Danau Toba? Yah cukup banyak hasil foto Danau Toba yang terpasang di kalender di dapat dari sini. Dan itu terbukti kok.. Cantiknya nggak cuma di foto saja. Aslinya malah lebih bagus. Menurut saya, waktu terbaik untuk menikmati dan mengambil foto Danau Toba dari Tongging (Sipiso-Piso) ini adalah pada siang atau sore hari. Karena pada pagi hari matahari baru terbit dan tepat berada di hadapan kita. Biasanya hasil fotonya jadi kurang bagus karena lensa berhadapan langsung dengan matahari. Sebaliknya, untuk mengambil foto Air Terjun Sipiso-Piso paling bagus kalau pagi hari karena matahari masih berada di belakang kita. Kesimpulannya, tongkrongin aja tempat ini dari pagi sampai sore. Nggak bakalan bosen deh... Masih kurang puas dengan pemandangan dari sini? Monggo turun ke Desa Tongging! :D

Danau Toba


13 komentar:

  1. lagi wisata ke sum-ut ya sob.. mampir Palembang, ada sungai musi yang cantik.. hahahahahaha :D

    BalasHapus
  2. palembang? nanti deh sob, ada edisinya tersendiri kalo ada libur.. :D

    BalasHapus
  3. Ya, setuju banget! Tongging itu salah satu spot untuk melihat Danau Toba dari sisi terbaiknya :D

    *posenya sambil nongging donk* :p

    BalasHapus
  4. selain tongging menurut saya tele juga wahh... sayangnya nggak berhenti di tele :(

    BalasHapus
  5. sempat ke Tele? atau nggak sama sekali? Kalau buat saya sich, Tongging menang jauh dari Tele. Danau Tobanya cuma seiprit di Tele

    BalasHapus
  6. Tele cuma lewat doang, sepertinya sih cukup bagus juga tuh kalo sempet naik ke menara Tele..

    BalasHapus
  7. Meutia Halida Khairani28 September, 2011 20:57

    saya pernah ke sini.. karena waktu TK, udah nggak ingat gimana bagusnya. tapi ini indaaah banget triii >__<
    subhanallah

    BalasHapus
  8. besok kalo mudik ke aceh sempetin mampir kesini mut.. ;)

    BalasHapus
  9. kalo boleh nambah, mas tri. Ada view spot yg lbh mantap, kira2 100mtr sblm pos retribusi sipiso-piso, ada sebuah tanjakan menuju bukit. Jlnya nanjak terus, naek spd motor pake gigi 1 ato 2, kira2 30mnt baru di puncaknya. Sampe di atas terpampang indahnya danau toba, sulit dikiaskan dgn kata. Nama tempatnya Panatapan, konon dulunya seorang raja sering berdiam seorang diri di bukit tu. Ohya, Panatapan tu lbh tinggi dari resort simalem lagi... kabut awan aja sejajar ama badan kita.. blh dicoba tu, mas

    BalasHapus
  10. wah kalau ini saya nggak tau pak. tapi terimakasih atas infonya.. tongging memang membuat saya terpesona, kalau ada kesempatan pasti saya akan balik kesana lagi..

    BalasHapus
  11. whoaa... keren keren.. sayang fotonya kurang banyak dan nggak bisa di-zoom ;)

    BalasHapus
  12. maklum mas, cuma pakai kamera jaman perang :))

    BalasHapus
  13. mantab ini kampung kita bro..& sist....silahkan datang kembali anda di jamin betah he....he....klik http://girsang-sipartogi.blogspot.com

    BalasHapus