21 September 2011

Libur Panjang Ke Medan, Bandung, Dan Mudik Ke Lampung

map

Wah libur semester yang dinanti-nantikan akhirnya datang juga. Liburan semester ini sekaligus digabung dengan libur lebaran jadi waktunya lumayan lama. Kalau dihitung-hitung saya mendapatkan total liburan dua bulan lebih semenjak akhir Juni hingga awal September. Untuk mengisi liburan tentu saja sudah ada agenda yang saya siapkan. Untuk liburan kali ini saya memilih pergi ke Medan kemudian dilanjutkan ke Bandung. Setelah itu saya langsung pulang kampung ke Lampung untuk merayakan hari lebaran bersama keluarga.

Kenapa saya memilih Medan dan Bandung? Yang pasti alasan utamanya adalah masalah tiket. Yup, tiket dari Surabaya ke Medan dan dari Medan ke Bandung beberapa bulan yang lalu saat ada AirAsia Travel Fair di Tunjungan Plaza Surabaya cukup murah, hanya 250.000 untuk masing-masing sektor. Tentu saja saya tidak melewatkan promo ini karena untuk rute Surabaya-Medan dan Medan-Bandung harga tersebut sudah sangat murah. Apalagi penerbangan AirAsia tersebut adalah penerbangan langsung tanpa transit, tentu akan lebih menghemat waktu.

Selain karena harga tiket, pesona wisata Tanah Batak dan Pasundan tentu sangat menggoda saya. Mulai dari pesona alamnya yang sangat indah, kebudayaannya, belum lagi keramahan penduduknya, membuat saya sudah terbayang-bayang beberapa hari sebelum keberangkatan. Di Sumatera Utara ada Air Terjun Sipiso-Piso, Danau Toba, Pulau Samosir, dan beberapa tempat menarik di Kota Medan. Sedangkan pesona wisata Bandung sudah tidak perlu diragukan lagi, wisata Bandung Utara dan Bandung Selatan begitu menggoda saya untuk datang kesana.

Ada lagi hal yang cukup menarik. Untuk perjalanan saya dari Bandung ke Lampung sebelumnya saya mempunyai dua alternatif. Pilihan yang pertama, saya akan lewat jalur darat dari Bandung sampai Pelabuhan Merak kemudian menyeberang ke Lampung dengan kapal ferry. Opsi kedua, saya lewat jalur darat dari Bandung sampai Bandara Soekarno-Hatta baru lanjut naik pesawat sampai Lampung. Namun tidak disangka, saya malah bisa “men-charter” pesawat Merpati Nusantara berjenis MA-60. Tapi melihat rute di atas kok kayaknya ribet banget ya? Dari Jawa (Timur) ke Sumatera (Utara), balik ke Jawa (Barat), dan berakhir di Sumatera (Lampung) lagi via Jakarta.. -_-"

Karena trip saya ini bertepatan dengan bulan ramadhan dan saya ingin tetap menjalankan puasa meskipun sedang traveling, tentu saja itinerary saya buat agak longgar. Cukup satu sampai dua tempat wisata setiap harinya untuk menghemat tenaga. Bagi saya traveling tidak hanya sekedar sampai di tempat wisata dan foto-foto. Tapi akan banyak hal-hal menarik dan pengalaman-pengalaman yang tek terlupakan selama dalam perjalanan sampai ke suatu objek wisata. Bagaimana kelanjutan cerita saya di Tanah Batak dan Pasundan? Tunggu yahh! :D


10 komentar:

  1. asyiknya travelling tuch bisa ngeliat suasana baru lain dari kehidupan kita sehari-hari.

    BalasHapus
  2. mas Tri,.. kapan-kapan bikin giveaway donk,trus hadiahnya diajak jalan-jalan kemanaaa gitu. habisnya denger ceritanya melulu ,.. jadi pengen juga kannn >,<

    BalasHapus
  3. sebel deh AA meniadakan rute Jakarta - Medan. Kemaren sempet kepikiran buat ke Bandung dulu biar dapat harga murah, tapi koq mikir2 akhirnya kayak buang buang waktu walaupun bisa hemat sekian rupiah sih. trus pulangnya kayaknya bisa bikin cape ati deh karena setelah dari Medan, sampai Bandung masih kudu ke Jakarta lagi. jadi ujung2nya mahal di waktu dan tenaga. haihhh....ya udahlah, naik Citilink aza....beda tipis tapi hemat dan cepat hohoho

    BalasHapus
  4. sejak AirAsia menutup Jakarta-Medan saya malah bersyukur mas karena dibukan Surabaya-Medan.. hihihi.. yah kalo dibandingin sama Citilink yang mas pake kemaren cuma beda 100.000-150.000, lewat bandung ya abis juga buat ongkos travel.. :D

    BalasHapus
  5. oke,. ditunggu yahh... *ngarep* hhehehee

    BalasHapus
  6. dan...abis waktu. daripada lama-lama di cipularang, mendingan dua jam dipake buat ruas Siantar - Parapat hehehe

    BalasHapus
  7. Meutia Halida Khairani27 September, 2011 13:03

    rada ribet sih rutenya.. maunya kan kalo lagi di sumatra, ya sumatra aja.. jawa ya jawa aja. hehehe. ah tapi karena pake pesawat sih, ngga kerasa kok..

    BalasHapus
  8. pengennya sih dari medan ke aceh atau padang gitu mut.. cumaaa, pasti cost-nya bakal lebih gede deh daripada ke bandung.. :D

    BalasHapus