18 Oktober 2011

Patung Dewi Kwan Im Terbesar Asia Tenggara Ada Di Siantar

Patung Dewi Kwan Im Terbesar

Hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit bagi becak motor BSA mengantarkan saya dari Terminal Parluasan ke komplek Vihara Avalokitesvara. Yak sampailah saya dimana patung Dewi Kwan Im berada. Patung Dewi Kwan Im yang berada di Pematang Siantar ini adalah salah satu daya tarik wisata di kota terbesar kedua Sumatera Utara setelah Medan ini. Kenapa? Jelas sih karena konon patung ini merupakan patung Dewi Kwan Im terbesar di Asia Tenggara dengan tinggi mencapai 22.8 meter.

Memang vihara ini bukanlah sebuah tempat wisata, melainkan tempat ibadah bagi para umat Tionghoa. Meskipun demikian, pemeluk agama lain tetap bisa melihat dan menikmati kemegahan patung ini. Sayangnya komplek vihara ini belum sepenuhnya jadi. Sekarang ini pembangunannya masih terus berlangsung. Otomatis di sekitarnya masih banyak sekali material-material yang berserakan.

Patung Dewi Kwan Im di Pematang Siantar ini terletak di lantai atas pada sebuah bangunan berlantai dua. Anda bisa melihat patung lebih dekat jika naik ke lantai atas ini. Sebelum masuk ke tangga Anda akan disambut oleh dua patung yang terletak di dua sisi tangga. Lampion-lampion menghiasi bagian depan bangunan dengan indah. Sementara itu pada dinding terdapat sebuah foto yang merupakan desain bangunan vihara ini yang akan menjadi cukup megah nantinya.

Patung Dewi Kwan Im Terbesar

Kalau saya perhatikan, patung Dewi Kwan Im terlihat menunduk, sayu, seperti akan menangis. Atau mungkin ini hanya perasaan saya saja ya. Di bagian atas bangunan ini yang paling menonjol hanya patung dewi saja. Di depan patung dewi terdapat dua buah lonceng besar di sisi kanan dan kiri. Walaupun belum jadi tapi bangunan ini cukup mengagumkan. Apalagi nanti kalau sudah benar-benar jadi 100 persen, pasti akan indah sekali. Kalau sudah puas melihat patung Dewi Kwan Im, Anda bisa juga melihat patung-patung para shio menurut kepercayaan Tionghoa. Ada tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi yang berjejer rapi tidak jauh dari bangunan patung Dewi Kwan Im. Semuanya terlihat menarik. Kalau sudah di Pematang Siantar agak rugi juga kalau nggak mampir ke Komplek Vihara Avalokitesvara dengan patung Dewi Kwan Im-nya.. 


7 komentar:

  1. wuaaaa jd pengen mlaku2 ke sumatra dah, secara byk tmpt u/ bs ft2 yach *narsis.com ha..ha..

    BalasHapus
  2. wah :O besar banget ya
    gg ah gg sedih, emang mukanya begitu ceritanya kan bijaksana :D

    BalasHapus
  3. iya mbak, jalan-jalan ke sumatera kalo si baby udah gede tuh.. hohoho.. :D

    BalasHapus
  4. kompleks bangunan utamanya sempat terbakar katanya Mas, beberapa tahun lalu. jadi ini masih renov ya katanya? hehehe...pada saat kunjungan, banyak banget anak muda Siantar yang datang dan berfoto narsis di tempat ini. Jujur, tempatnya emang bagus sih buat foto foto hehehehe

    BalasHapus
  5. nggak cuma foto, tapi juga pacaran.. hihiihihi :p

    BalasHapus
  6.  tempat nya keren

    BalasHapus