28 November 2011

Alternatif Penginapan Murah Di Bandung, International Catellya Guest House

international catellya guest house

Dulu pernah saya singgung pada postingan sebelumnya bahwa cukup sulit mencari penginapan yang murah di Bandung terutama dengan harga di bawah atau setara dengan 100.000. Dan memang betul itu adanya. Mungkin sebuah keberuntungan ketika saya mendapatkan penginapan dengan harga rata-rata 100.000 per malam yang memiliki fasilitas yang bisa dibilang melebihi harganya di Dago Guest House. Kali ini saya sudah check out dari penginapan tersebut dan saya kembali harus hunting penginapan lagi. Well, sore itu saya mendapatkan penginapan bisa dibilang di tengah kota. Nama penginapannya adalah International Catellya Guest House.

Setelah dari Lembang, saya kembali ke Kota Bandung. Saya turun dari angkot tepat di depan Istana Plaza (IP). Tidak jauh dari Istana Plaza (di depannya) terdapat sebuah jalan yaitu Jalan Dr. Rum. Disanalah lokasi International Catellya Guest House berada. Dari luar penginapan yang satu ini tampak cukup sederhana dengan bangunan didominasi warna putih di bagian bawah dan hitam di bagian atas. Bendera merah putih menghiasi bagian depan bangunan karena sebentar lagi akan memperingati Dirgahayu RI. Pada bagian depan tepatnya di tepi jalan terdapat plang warna coklat dengan ukuran cukup besar bertuliskan “International Catellya Guest House”. Hal ini cukup mempermudah Anda jika ingin mencari lokasi penginapan ini.

international catellya guest house

Tanpa ba bi bu, langsung masuk aja ke ruang resepsionis. Rupanya disini juga terdapat beberapa pilihan kamar. Yang paling murah adalah kamar tipe Standard E dengan harga 90.000. Sayangnya kamar tipe tersebut sudah full semua. Maklum sih, menjelang akhir pekan memang lumayan sulit mencari penginapan di Bandung. Alhasil saya harus mengambil pilihan tipe kamar di atasnya yaitu Standard D dengan harga 120.000. Masih cukup lumayan lah harganya, nggak terlalu mencekik dompet.

Kalau diperhatikan, bagian dalam International Catellya Guest House ini mirip seperti sebuah rumah dengan tiga lantai. Di bagian bawah selain terdapat beberapa kamar, juga terdapat ruang makan dan dapur. Sementara itu kamar saya berada di lantai tiga. Terlihat beberapa ruangan di penginapan ini sedang mengalami renovasi. Hasilnya di beberapa tempat terlihat berantakan dan kotor. Nggak pakai lama saya kemudian masuk ke kamar saya. Impresi pertama kamarnya kecil dan sangat biasa. Tempat tidur juga kecil hanya bisa tempati oleh satu orang saja serta agak dekil. Untungnya sprei dan selimut masih bagus dan bersih. Fasilitas yang disediakan ada kamar mandi dalam dengan shower, televisi berukuran 14 inch, kipas angin, serta sarapan yang berupa roti bakar dan teh manis. Sudah itu saja fasilitasnya. Jika dibandingkan dengan Dago Guest House yang saya tempati sebelumnya mungkin bisa dibilang bagaikan bumi dan langit. Selisihnya cukup jauh dengan harga yang setara, malah ini lebih mahal dibanding Dago Guest House. Salah satu yang menjadi nilai plus disini adalah disediakan toiletries. Walaupun nggak terlalu membantu juga sih karena sudah bawa sendiri. -__-

international catellya guest house

international catellya guest house

international catellya guest house

Memang dari segi fasilitas, International Catellya Guest House ini sangat basic. Meskipun menyandang nama “International”. Tapi paling nggak bisa menjadi alternatif bagi teman-teman yang mencari penginapan murah di Bandung terutama Bandung kota. Rate yang diberikan saya rasa masih masuk lah untuk kantong para backpacker. Oh ya, saat akhir pekan penginapan ini akan menambahkan biaya sebesar 10.000 dari pricelist yang ada. Kebetulan saya menginap dua malam disana. Pada malam yang pertama kena harga 120.000 dan pada malam kedua karena weekend kena harga 130.000. Selain di Jalan Dr. Rum No. 12 kalau saya nggak salah lihat, International Catellya Guest House juga ada di Jalan Setiabudi. Untuk mengetahui ketersediaan kamar dan harga silahkan telepon saja dulu sebelum datang. Ini dia nomor teleponnya (022) 4235306, 4231098. Semoga membantu….


11 komentar:

  1. mungkin karena ada toiletries dan room amenities makanya hotel ini bisa menyandang nama International. Plus, pada saat cehck out ada bill-nya segala. hehehe.

    kalau dilihat dari bangunan dan modelnya, memang agak jadul yah Mas. kayaknya Dago Guest House itu tetap yang jadi primadona deh. hehehehe

    BalasHapus
  2. +1juta... Dago Guest House rasaya yang paling pas dalam hal harga dan fasilitas..

    BalasHapus
  3. kapan yaa aku ke Bandung -_-"

    BalasHapus
  4. nurhasty natalina sari29 November, 2011 07:58

    Tempat tidurnya kayaknya dekil gitu ya, hehe...ada harga ada barang ya Mas.

    BalasHapus
  5. international backpacker hotel mungkin lebih layak kali ya.. tapi untuk ukuran guest house emang lumayan murah koq. bersih, dan ada TVnya.. 

    BalasHapus
  6. ho'o mbak, dekit.. nggak tau gimana tuh bisa dekil gitu.. -___-

    BalasHapus
  7. murah si phe, cuma tempat tidur aja yang agak dekil.. tapi kalo udah pernah dapet yang sebagus Dago Guest House dengan harga yang lebih murah jadi kerasa jomplang banget..

    BalasHapus
  8. BUMINANIENIE ...... a place you can call HOMEPenginapan dengan konsep Minimalist, Cozy, Clean & Homy Berlokasi
    di jalan wira angun angun yang merupakan area pemukiman elit.
    Buminanienie memiliki 6 kamar pilihan : VIP, Deluxe, Standard.
    GuestHouse ini menghadirkan kenyamanan dan fasilitas yang lengkap untuk
    memenuhi pebisnis maupun keluarga yang ingin berlibur.Lokasi berdekatan dengan :- Factory Outlet Centre di jl.riau dan jl.dago - Riau Junction- 30 menit dari bandara- 10 menit dari keluar pintu tol Pasteur - Gedung sate- Bandung Indah Plaza < BIP >- Bank- Rumah sakit- Universitas ITBWeekday : Standard A – Rp. 250.000,- (US$ 26) 1 double bedStandard B – Rp. 300.000,- (US$ 31) 1 queen bedDeluxe – Rp. 350.000,- (US$ 36) 1 king bed Kid – Rp. 300.000,- (US$ 31) 1 double bedVIP – Rp. 750.000,- (US$ 76) 1 king bed + living roomSmall Family – Rp. 650.000,- (US$ 66) 1 king bed n 1 double bed + living roomMedium Family – Rp. 850.000,- (US$ 86) 2 King Bed and 1 double bed (Kids Room) + living roomFull House – Rp. 2.300.000,- (US$ 231) 1 vip + 3 standard, 1 deluxe,1 Kiddy room, with double bedExtra bed – Rp. 50.000,- (US$ 5.50)Facilities :* Welcomed drink, sarapan* Ruang keluarga* Ruang makan & peralatan makan* Kulkas* Dapur, kitchen set, dispenser* Kamar mandi, air panas, shower, handuk.* AC, TV cable* 24 hour on call doctor* Keamanan 24 jam* Taxi service* Pelayanan yang ramah 24 jam dari Buminanienie* Water Heater* Private Bathroom* Meeting Room* Hot Spot ( internet )Maps : http://maps.google.com/maps?f=q&source=s_q&hl=en&geocode=&q=wira+angun+angun+bandung&sll=37.0625,-95.677068&sspn=41.496446,93.076172&ie=UTF8&hq=&hnear=Jalan+Wira+Angun-angun,+Tamansari,+Bandung,+West+Java,+Indonesia&ll=-6.904422,107.615483&spn=0.012739,0.022724&z=16For Information & Reservation :Buminanienie Family Guest HouseJl. Wira Angun-angun No.15Bandung, West JavaIndonesia Tel: 022-4204210Email: bnn_reservation@yahoo.comYM : indyaffan@yahoo.comwww.guesthousebandung.com

    BalasHapus
  9. Minggu lalu saya menginap tidak jauh dari Catellya, tepatnya di jalan westhoff no 18. Per malam 100 rb. Kamar mandi luar tapi ada hot waternya. Kompor sama dispenser disediakan. Setelah nginap tiga malam saya baru tahu kalo tempat ini kos-kosan bulanan yang bisa disewa harian

    BalasHapus
  10. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi yang ingin menginap di kota bandung namun tidak terlalu jauh dari bandara.. :D

    BalasHapus