15 Desember 2011

Beberapa Jam Di Ibukota

jakarta-cililitan

Sampai Jakarta menjelang maghrib memang agak enakan. Paling nggak matahari udah mulai condong ke barat jadi nggak terlalu panas. Sebenarnya perjalanan saya masih cukup panjang. Saya nggak bisa santai-santai dulu. Selepas mendarat di Halim Perdanakusuma saya berjalan ke arah jalan raya yang jaraknya cukup dekat. Saya menunggu angkot di depan gereja untuk ke Cililitan. Begini enaknya kalau bandara di tengah kota, angkutan umum pun banyak. Nggak melulu taksi aja yang ada. Angkutan kota yang lewat depan bandara Halim Perdanakusuma ini namanya Trans Halim. Angkotnya warna biru dengan tujuan mentok sampai PGC Cililitan. Angkot ini akan sangat membantu jika Anda ingin menghemat ongkos. Dari Halim sampai PGC cililitan hanya ditarik ongkos 2.500 karena memang jaraknya nggak terlalu jauh. Nah jika sudah sampai Cililitan Anda bisa melanjutkan naik Bus Trans Jakarta sesuai dengan tujuan Anda. Mudah bukan?

Saya sampai di PGC Cililitan tepat saat adzan maghrib berkumandang. Wah waktunya berbuka puasa dong. Kebetulan snack dari Merpati tadi masih saya simpan. Lumayan bisa buat membatalkan puasa meskipun hanya sepotong roti dan segelas air mineral. Sebelum lanjut lagi ada baiknya saya makan dulu karena memang sudah lapar. Sepotong roti rasanya belum cukup untuk mengisi perut. Saya makan di warung yang banyak berjejer sebelum persimpangan PGC dari arah Halim itu. Seporsi nasi soto sudah cukup mengenyangkan perut saya malam itu. Menjelang malam seperti ini jalanan Jakarta ya seperti biasa, padat merayap kalau nggak mau dibilang macet. Melihat kondisi Jakarta yang seperti ini saya nggak pernah punya keinginan untuk tinggal disana. Di Surabaya yang belum separah Jakarta aja kadang malas keluar saat peak hours. Hehe..

jakarta-cililitan

Sebelum melanjutkan perjalanan saya ke PGC dulu. Bukan buat belanja, tapi ke ATM ngambil duit. Duit saya udah bener-bener kering di dompet. Liburan di Bandung selama beberapa hari ternyata memang cukup menguras kantong. Bagi yang belum tahu PGC, ini adalah salah satu pusat grosir yang ada di Jakarta. Dari namanya aja udah ketahuan, Pusat Grosir Cililitan. Yang dijual juga pasti nggak jauh-jauh dari pakaian, sepatu, sandal, tas, dan lain sebagainya. Kalau Anda mau belanja untuk dijual kembali mungkin bisa mempertimbangkan belanja disini selain di Tanah Abang. Uang sudah diambil, sekarang waktunya melanjutkan perjalanan yang masih panjang. Mau kemana?


4 komentar:

  1. wah sampai Jkt jg to Mas. Saya malah baru sekali k PGC, itu aja ngga sengaja hehehe

    BalasHapus
  2. nggak sengaja karena nyasar ya mbak ria? hohohoho

    BalasHapus
  3. Meutia Halida Khairani16 Desember, 2011 08:14

    ouh ini perjalanan pas bulan puasa jg toh.. kirain.. sebenarnya saya jg males tinggal di Jakarta. untung kosan dan kantor bisa jalan kaki jadi ga usah liat macet2 gini. apalagi saya tinggal di kawasan SCBD. kawasan terdahsyat macetnya.

    eh, saya belom pernah ke PGC. jauh sih. ke Halim pernah sekali doang. sekarang2 sih selalu bandara soeta.

    BalasHapus
  4. iya mut.. nanti deh kalau mau ke jakarta saya kabarin. kali aja bisa ketemu.. yah wajar dong kalo SCBD tempatnya macet, lha emang salah satu pusat bisnisnya disana..

    BalasHapus