1 Desember 2011

Kawah Putih: Objek Wisata Cantik Di Bandung Selatan (Ciwidey)

kawah putih

Berbicara mengenai Ciwidey rasanya tak bisa lepas dari Kawah Putih. Bahkan menurut saya dan mungkin sebagian orang yang mengatakan bahwa Ciwidey cukup identik dengan Kawah Putih. Padahal objek wisata di Ciwidey nggak cuma Kawah Putih saja. Masih ada objek yang lain seperti Rancaupas, Rancabali, Cimanggu, Situ Patenggang, dan lain sebagainya. Namun sepertinya pesona Kawah Putih yang paling memikat wisatawan dibanding beberapa objek wisata lain yang ada di Ciwidey.

Dengan namanya yang cukup terkenal tentu membuat siapapun tertarik untuk mengunjungi Kawah Putih, termasuk saya. Setelah menempuh perjalanan selama dua jam dari Bandung ke Ciwidey akhirnya saya sampai juga di pintu gerbang Kawah Putih. Tiket masuk ke Kawah Putih ini lumayan mahal yaitu 13.000 saat weekday dan 15.000 untuk weekend. Itu hanya untuk orang saja loh. Kalau Anda bawa kendaraan bakal lebih mahal lagi terutama untuk kendaraan roda empat yang tiketnya sampai 150.000 per mobil. Gila nggak tuh? Harga segitu belum termasuk orang di dalamnya. Saya juga nggak habis pikir kenapa tarif untuk masuk mobil bisa semahal itu. Untuk kendaraan roda dua sih masih tergolong murah hanya 5.000/motor. Sekarang bisa Anda pikir-pikir lagi kan kalau kesana dengan mobil sendiri. Bisa dikira-kira berapa pengeluaran yang dihabiskan untuk satu objek ini saja.

kawah putih

Nah dari pintu masuk sampai ke kawah ini masih cukup jauh, berjarak kurang lebih 5-6 km. Mau jalan kaki? Ya monggo! Gempor pastinya karena jalannya lumayan menanjak. Alternatif angkutan untuk naik ke kawah bagi yang tidak membawa kendaraan ada tiga. Pertama adalah naik mobil van yang sudah disediakan dengan membayar 10.000 kalau saya nggak salah. Ini juga baru akan berangkat kalau mobil terisi penuh. Biasanya yang naik adalah rombongan wisatawan yang menggunakan bus karena bus tidak bisa masuk sampai parkiran atas dekat kawah. Kedua, menyewa motor dengan harga 50.000-80.000 (tergantung nego) yang bisa dipakai sampai sore hari atau sampai Anda pulang dari Kawah Putih. Alternatif yang ketiga adalah menggunakan jasa ojek. Saya kali ini lebih memilih jasa ojek karena kalau naik mobil van akan menunggu tak menentu. Saya membayar ojek 25.000 dari pintu masuk ke kawah PP. Itupun nawarnya udah ngotot sampai urat leher keluar semua. Gimana nggak, dengan jarak yang 6 km itu masa’ minta ongkos 45.000 PP. Padahal umumnya dengan jarak yang sama 20.000 PP juga udah bagus. *traveler pelit*

Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang berada pada ketinggian 2.225 meter di atas permukaan laut. Dengan berada pada ketinggian tersebut tentu udara disini sangat sejuk dan angin berhembus cukup kencang. Konon dulunya kawah ini merupakan bekas letusan dari Gunung Patuha yang dianggap orang Ciwidey sebagai gunung tertua. Mendekati lokasi kawah, bau belereng tercium cukup menyengat. Bagi Anda yang tidak cukup kuat dengan bau belerang tersebut Anda bisa membeli masker dengan harga 5.000. Cukup murah kan? Tapi kalau nggak mau beli juga bukan masalah kok.

kawah putih

kawah putih

Saya sampai di lokasi Kawah Putih saat siang hari. Begitu melihat pemandangan disana saya langsung takjub. Wow!! Pemandangannya benar-benar sangat indah. Terdapat danau-danau dengan air yang putih kehijauan. Tanah-tanah di sekeliling kawah juga pastinya berwarna putih. Pepohonan yang berada di dekat kawah terlihat cukup gersang bahkan hanya berupa batang saja, tetapi yang jauh dari kawah terlihat sangat hijau. Begitu kontras.. Terlebih lagi langit yang sangat bersih berwarna biru menghias di atas kawah. Dan dengan melihat pemandangan ini saya langsung bisa menyimpulkan kalau Kawah Putih merupakan tempat yang paling indah, paling bagus, dan paling wah yang saya kunjungi di antara objek-objek wisata lain selama saya di Bandung. Mungkin lebay sih, tapi itulah pendapat saya. Pokoknya tempat ini bagus banget buat ajang foto-foto. Nggak salah sih kalau disana saya banyak melihat rombongan ABG yang bernarsis ria. Nggak cuma ABG ding, tapi rata-rata pengunjung begitu.. :D

Meskipun Anda bisa sampai di daratan yang berada di tengah-tengah kawah, tapi sebaiknya jangan lama-lama berada disana. Pengunjung hanya disarankan berada di dekat kawah selama 15 menit saja. Lebih dari itu pernafasan bisa terganggu. Saya yang cukup menikmati pemandangan ini mengabaikan anjuran tersebut. Saya berada di dekat kawah cukup lama. Efeknya kepala mulai pusing dan mulai batuk-batuk. Wah efek menghirup udara belerang terlalu lama nih. Daripada kenapa-kenapa mending segera minggir agak jauh dari kawah untuk menghirup udara segar. Ya walaupun cantik tapi Anda nggak bisa berlama-lama dengannya.

kawah putih

kawah putih

kawah putih

Selain kawah yang cantik disini saya juga menemukan hal lain yang menarik. Ada seorang bapak-bapak yang bermain kecapi dengan merdunya di bawah pepohonan yang rimbun. Apalagi yang dimainkan adalah lagu-lagu Sunda. Hmm.. Nice!! Saya cukup menikmati petikan irama kecapi sembari melihat indahnya pemandangan kawah dari jauh. Oh ya, kalau saya nggak salah ingat disini juga ada goa. Cuma goanya nggak boleh dimasukin karena khawatir akan runtuh. Melihat kondisinya juga sepertinya agak riskan untuk masuk kesana.

Kawah Putih memang cantik dan sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi. Tetapi masih ada hal lain yang saya soroti. Dengan harga tiket yang selangit terutama bagi pengguna kendaraan roda empat, namun kondisi jalan ke kawah cukup sempit dan sudah cukup banyak lubang. Terkadang motor pun harus berbagi jalan dengan mobil cukup mepet. Selain itu juga fasilitas seperti toilet dan mushola yang cukup memprihatinkan. Sangat tidak representatif mengingat tiket masuknya yang mahal dan pengunjungnya juga nggak pernah sepi. Pertanyaannya, duitnya lari kemana ya? *tanya pada rumput yang bergoyang*


46 komentar:

  1. Meutia Halida Khairani01 Desember, 2011 12:30

    kalo saya blg sih, itu tuh malakin orang, bukan harga tiket. gile aja 150rb udah kayak mau ke dufan. untung saya pake motor..
    tapi beneran sih, indah banget banget deh kawah putih. subhanallah..

    BalasHapus
  2. bisa dibilang gitu sih mut.. soalnya juga nggak setiap orang yang bawa mobil kesana secara finansial bagus.. walaupun kebanyakan mungkin emang iya, yang bawa mobil kesana bisa dibilang orang berkecukupan. tapi 150.000 per mobil tetep kemahalan lah.. padahal cuma buat parkir doang paling.. nah contohnya gimana coba kalau ada seorang keluarga sopir angkot yang pengen liburan kesana? tentu sangat memberatkan dengan harga tiket segitu..

    BalasHapus
  3. wah baru tahu nie mas,
    aq dulu pnah ke papandayan, bagusan ini pak.

    tapi sama ujeknya = preman = mahal banget,
    berhubung kami terbiasa jalan, ya dari bawah mpe atas jalan kaki, lumayan juga sih

    BalasHapus
  4. papandayan? lain kali pengen kesana juga :|

    BalasHapus
  5. keren banget, kontras fotonya dapet. langitnya juga pas bagus. pagi hari yah ini?. nggak bakalan heran kalo sering dijadikan lokasi syuting film sampai tempat foto prewedding.

    walaupun gitu, saya blom pernah kesana. tapi ini masuk waiting list sih.

    semoga dalam waktu dekat.

    betewe, kan ada gua yang nggak boleh dimasuki ya?. dulu bekas terowongan kereta untuk menambang sesuatu katanya.. sempat tahu?

    BalasHapus
  6. bukan pagi, tapi pas tengah hari sekitar jam 12.. -___-

    masalah goa, saya cuma sekedar tau aja lokasinya tapi juga nggak berani masuk karena dikasih palang-palang kayu dan bambu.. masalah sejarahnya gimana, saya kurang tau.. :)

    BalasHapus
  7. dulu Kawah Putih tuh nggak begitu mas. entah semenjak kapan, tapi emang baru-baru ini saja sih, harga untuk mobil jadi nggak karu2an begitu. trus, entah karena naik daun dan sering dipakai untuk shooting hal-hal yang berbau komersil, mulai dari iklan sampai pre-wedding shoot, makanya tempat ini jadi agak matre sekarang dibanding dulu. semuanya ada tarifnya dan yang menyedihkan, tarifnya itu agak nyekek, model kalau kita ke Bromo tapi terdampar di Bayuangga deh. sebel dan gondok pastinya.

    ada satu tips yang selalu berguna sih kalau mau ke kawah putih ini. tips tersebut yakni : selalu bawalah orang Sunda dalam rombongan anda, kalau bisa yang nyinyir dan galak. hahaha. tujuannya apa? tujuannya buat menawar tiket harga masuknya dan menggertak si penjaga tiket agar bisa memberikan diskon yang sebesar-besarnya. hahaha. tapi tetep, harga tiket mobil 150.000 sih memang nggak masuk akal. bukan Mas Tri yang pelit koq, tapi memang harga segitu ya nggak masuk akal. mau dibolak balik dan diamati dari kacamata manapun, teuteup nggak masuk akal. huft!

    yang jelas, tempat ini nggak berubah dari tahun ke tahun. Yang berubah cuma areal parkirnya saja. Pertama kali saya datang ke tempat ini (2006 atau 2007 ya...?) areal parkirnya kosong, penjual makanan nggak banyak, nggak banyak tempel2an iklan sana sini, dan ya itu, harga tiket masuk bisa ditawar dan murah (yang jelas nggak sampai 150.000 deh). kali kedua saya kesini dan yang terparah yang ketiga : tiket masuk jadi mahal, ditawar ogah-ogahan, parkiran penuh (efek domino dari semakin terkenalnya kawah putih), dan tentu saja, areal parkir penuh dengan beragam aneka jenis jualan. mulai dari straberry dan marsmallow celup saus coklat, blueberry dan strawberry, hingga ketan bakar, blackberry (blackberry beneran yah Mas..hihihi), blueberry, strawberry super (wiihh liat strawberrynya montok montok, pengen borong...cuma maharani puspitadewi), pepino, hingga berbagai macam makanan berat. Soal parkir memang jadi persoalan tersendiri. yang jelas, persiapkan effort lebih untuk mencari lokasi parkir kalau kebetulan mencapai tempat ini dengan menggunakan boil.

    saya sih penasaran sama orang yang ngasih tarif Rp. 150.000 buat satu boil itu. orangnya siapa yach? orangnya yang mana yach? pulangnya lewat jalan mana yach? *siap siap bawa karung dan gada buat mukulin* hihihihi

    BalasHapus
  8.  iyo e, tapi bagusan ini kok, :p

    BalasHapus
  9. loh guanya bukannya ditutup pake kayu gitu ya, diem didepannya aja bau belerangnya nyengat banget dah.
    Sunda yang bener, gg pake -h- :P
    fotonya bagus ih, fotoku di kawah putih jadi putih semua, kayak efek dataran salju gitu deh ==a
    mungkin tiket mobil mahal untuk perawatan jalan :)
    aku kan naik mobil bak gitu ya sama  temen2ku. Aku duduk paling pinggir, eh taunya atap portable itu mobil bak runtuh, temenku yang didepanku pantatnya sebelah udah keluar dari mobil mana situasi lagi nanjak, heboh tuh, aku tahan pantat temenku pake kakiku sambil pegangin atapnya, menegangkan tapi seru :D #jadi curcol hhahhahha

    BalasHapus
  10. iya sih mas, katanya memang tempat ini jadi komersil sekali.. pernah denger juga kalau mau pemotretan dengan model yang sudah menggunakan gaun tertentu pasti bakal disamperin sama petugas perhutani yang minta uang yang besarnya juga nggak ada dalam aturan.. tapi kalau hanya sekedar pakai baju biasa, mau pake kamera segede bagong 10 biji juga nggak apa2 alias gratis.. mungkin kalau menggunakan gaun seperti pre-wedding cukup mencolok kali ya..

    hmmm.. bisa dicoba nih mas tipsnya.. berarti lain kali bawa orang sunda nyinyir dan galak yah? mari kita panggil Tiara Putri.. ehh.. *kabur sebelum dilempar sendal*

    BalasHapus
  11. kemaren masih kebuka tir.. apa mungkin ada yang mindahin kayunya yak? untuk perawatan jalan? masih bapuk aja gitu loh..

    diprotes nih gara2 typo, udah diedit :p

    BalasHapus
  12. nurhasty natalina sari02 Desember, 2011 13:10

    Ini postingan yg saya tunggu2 dari jalan-jalan ke Bandung, hehehe..
    Kawah putih cantik bgt, pgn kesana tp blm kesampean.

    Btw tiket masuk utk mobil mahal banget, termahal di Indonesia kayaknya. Biasanya tempat2 yg sering dikunjungi org Jakarta pasti harganya gak masuk akal, kalo di Jogja biasanya rumah makan yg sering dikunjungi org Jkt harganya selangit.

    BalasHapus
  13. kayaknya sih gitu mbak.. untuk masuk mobil aja kayaknya nggak ada yang ngalahin.. sama dengan tiket masuk dufan atau trans studio saat weekdays.. :D

    BalasHapus
  14. pantesan nih kuping panas gitu :O ada yang manggil ternyata :D
    iiih daku kan gg nyinyir dan galak ya, aku ini mojang sunda yang cantik nan lemah lembut #hoeeeek #muntah berjamaah :P

    BalasHapus
  15. Suhartini_st59729 Januari, 2012 14:51

     masih lama lgi bulan mei
    udah ga sbar pngen cpet k'sanaaaa

    BalasHapus
  16. semoga nanti perjalanannya menyenangkan mbak :D

    BalasHapus
  17. Saya juga mengalami hal yang sama, pas pertama dipalak eh diinformasiin tiket mobil 150 ribu syok juga. Sempet juga diprotes tapi tetep alasan klasik ini dari pihak manajen kata petugasnya. Bener kata mas....dengan harga selangit apa yang timbalbaliknya bagi pengunjung...la wong parkir diatas masih dipalak lagi! hehe...manajemen kawahputih bisa segera berbenah supaya kawasan wisata ini seindah tempatnya, bukan sebau belerangnya! Blog ini sangat membantu dan informatif sekali...Trims mas Wijanarko.

    BalasHapus
  18.  banyak yang kecewa juga ternyata karena tiketnya mahall... hihii..

    makasih juga mbak ara ;)

    BalasHapus
  19. iim siti halimah20 April, 2012 09:19

    mahal amat seh mas parkirnya....kira2 kalo kita sewa van nya buat rombongan msh bisa ditawar ga ya......

    BalasHapus
  20. berapa no tlp kantor masuk kawah putih
     

    BalasHapus
  21. sepertinya nggak bisa.. tapi ya dicoba aja sih mbak

    BalasHapus
  22. kalau komunitas sepeda dari luarkota apa bisa langsung tanpa nyewa jasa mobil van?

    BalasHapus
  23. Nice artikel, mestinya di komplain tuh napa harga masuk pakai roda 4 Rp.150.000-
    Kan itu tanah milik Tuhan bukan milik pengelola hehehe

    BalasHapus
  24.  Bisa mas, mau jalan kaki juga bisa :)

    BalasHapus
  25. Monggo yang mau komplain.. Saya sih masuknya nggak pake roda 4.. hihii

    BalasHapus
  26. klo naek kreta dr jakarta, rutenya kemana y???
    dr stasiun bandung kmn?? naek apa?? trun dmn???


    hehehehehehehe gy nyoba ngebolang,,,

    BalasHapus
  27. dari stasiun bandung naik angkot ke terminal leuwi panjang. dari terminal naik bus putra setia ke terminal ciwidey. dari ciwidey lanjut naik angkot kuning jurusan patenggang dan turun di kawah putih

    BalasHapus
  28. echiie_achii
    keren bngt....!
    skrg harga 1motor 2orang brapa y?

    BalasHapus
  29. bila ingin kekawah putih lebih baik naik mobil van aja sebab kalo bawa mobil sendiri medannya sangat berbahaya kalo mobil nya tidak sehat sebab tanjakannya sangat tinggi dan berkelok kelok sudah banyak yang abis plat kompling,radiarto panas dan jembol remnya,soalnya dipintu loket tidak diimpormasikan pilihan , yg harusnya petugas loket mengimpormasikan kepengumjung

    BalasHapus
  30. Topankelana7628 Juli, 2012 08:54

    mas bro sory neh ganggu,qlo pke bus tarif masuknya brapa ya?
    sms nomr 085781389224
    tolong ya mas broo

    BalasHapus
  31. Setau saya bus nggak bisa masuk.. penumpang diangkut dengan van yg disediakan :)

    BalasHapus
  32. Bener juga sih apalagi tiket van jg murah

    BalasHapus
  33. sering ke bandung tapi gak kesampaian berkunjung kemari :(

    BalasHapus
  34. klo saya bawa mobil, tp saya ga mau masuk pake mobil saya, pegennya naik van aja, itu bisa apa ngga ya...

    BalasHapus
  35. kang saya mau tanya kalau masuk kawah putih rombongan satu bis berapah yah kang.

    BalasHapus
  36. kalo dari stasiun bandung hrs kemana dan naik apa ya....

    BalasHapus
  37. tanggal 1 january 2013 saya dan rombongan akan pergi ke kawah putih harga tiket untuk awal bulan+awal tahun harga tiket tetep g iia ???

    BalasHapus
  38. wah kurang tau juga sih ya, tapi kalo untuk masa liburan kemungkinan bakal naik walaupun nggak banyak

    BalasHapus
  39. Sy baru pulang dari bandung dan pergi ke kawah putih. Setuju..harga untuk msk saja sudah 150,000...lagi mahu bayar taxi dari hotel 320,000 (sudah nego)..

    BalasHapus
  40. Admin info@kawahputih.co.id12 Februari, 2013 19:07

    untuk informasi harga resmi dan penjelasan mengenai harga tiket masuk kendaraan pribadi, silahkan kirim comment dan complaint anda melalui email info@kawahputih.co.id

    BalasHapus
  41. Klu ngeteng rute nya dri jakarta betapa lama ya ? Mohon di balas

    BalasHapus
  42. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai berbagai daerah di indonesia . Inilah cara yang baik untuk mempromosikan daerah - daerah yang ada di negara ini.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai explore indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus